Punya Laptop Jadul Rusak? Yuk Daur Ulang Pakai 5 Cara Ini!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 08 February 2017, 20:00
Hal ini membuatnya numpuk digudang. Nah daripada menumpuk dan nggak jadi apa-apa, yuk daur ulang laptop jadul rusak pakai 5 cara ini!

Perkembangan teknologi laptop saat ini memang tergolong sangat cepat. Membuat kita jadi sering bergonta-ganti jenis laptop. Jaka sendiri setidaknya 2 tahun sekali akan mengganti laptop lama dengan yang baru.

Kalau seandainya laptop lama kita memiliki cacat (kerusakan), biasa akan sulit dijual kembali. Hal ini membuatnya menumpuk digudang. Nah daripada menumpuk dan nggak jadi apa-apa, yuk daur ulang laptop jadul rusak pakai 5 cara ini!

BACA JUGA

    5 Cara Daur Ulang Laptop Jadul Rusak

    Supaya barang-barang tersebut nggak jadi polusi elektronik di gudang kita, langsung aja yuk simak. Ini dia 5 cara untuk daur ulang laptop jadul yang rusak.

    1. Manfaatkan Menjadi Sebuah Hard Disk Eksternal

    Sumber foto: Gambar: Colorful

    Cara yang pertama adalah apabila hard disk internalnya masih berfungsi, kamu bisa mencabutnya dan memanfaatkannya sebagai hard disk eksternal. Untuk melakukan ini kamu cukup membeli yang namanya hard disk enclosure. Harganya sendiri relatif terjangkau, yaitu hanya Rp 100 ribuan.

    2. Manfaatkan Menjadi Sebuah Monitor

    Sumber foto: Gambar: Instructable

    Yang selanjutnya apabila bagian monitornya masih menyala, kamu bisa mencabutnya dan memanfaatkannya sebagai monitor biasa. Kamu hanya perlu membeli monitor kontroller yang cocok dengan sparepart monitor milik kamu. Monitor kontrollernya sendiri harganya bervariasi mulai dari Rp 200 ribu.

    3. Manfaatkan Menjadi Sebuah Powerbank

    Sumber foto: Gambar: Great Scoot

    Apabila kondisi baterai laptop kamu masih bagus, kamu bisa mencabutnya dan mensulapnya menjadi sebuah powerbank. Untuk tutorial bagaimana cara melakukannya pun banyak di internet. Intinya adalah kamu hanya perlu membuat diagram eletronik yang sederhana, satukan dengan baterai laptop dan selesai.

    4. Manfaatkan Sebagai Sparepart Untuk Melakukan Perbaikan Pada Laptop Lain (Kanibalan)

    Sumber foto: Gambar: Medan Rongsok

    Apabila tiga bagian diatas rusak semua, kamu masih bisa memanfaatkan sparepart-sparepart kecil lainnya untuk memperbaiki laptop lain yang rusak. Contohnya mulai dari resistor, kapasitor, keycap keyboard dan lain-lain. Intinya sesuainya dengan kerusakan laptop lainnya.

    5. Menjual Laptop Jadul Rusak Tersebut Dengan Harga Murah

    Sumber foto: Gambar: Medan Rongsok

    Nah yang terakhir jika memang sudah sama sekali tidak bisa dimanfaatkan, sebaiknya dijual dengan harga murah. Toh daripada menumpuk di gudang kamu dan jadi sampah, masih jauh lebih baik jadi uang meski sedikit. Setidaknya masih bisa untuk jajan-jajan.

    ADVERTISEMENT

    Nah itulah dia barusan artikel Jaka mengenai 5 cara untuk mendaur ulang laptop jadul yang rusak. Apakah kamu ada cara lainnya? Jika ada tinggalkan di kolom komentar ya, terimakasih.

    Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Laptop atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

    Banner: Game Spot

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    LINE for Android 10.0.2
    Apps Naver
    LINE Komputer 4.8.3.1128
    Apps Naver
    Kembali Keatas