Waspada! Ini 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Membuat Password

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 07 Pebruari 2017, 09:00
Rata-rata orang yang menyepelekan password, orang-orang inilah yang rawan menjadi target dari serangan hacker. Karena rata-rata orang tersebut akan melakukan 5 kesalahan sebagai berikut ini. Mau tahu? Yuk simak!

Password merupakan hal yang penting, namun sayangnya terkadang banyak orang menyepelekannya. Padahal password inilah yang akan menjadi tameng pertama untuk melindungi data-data penting milik kita.

Rata-rata orang yang menyepelekan password, orang-orang inilah yang rawan menjadi target dari serangan hacker. Karena rata-rata orang tersebut akan melakukan 5 kesalahan sebagai berikut ini. Mau tahu? Yuk simak!

Ini 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Membuat Password

Agar kamu bisa lebih waspada terhadap hacker yang mengincar akun password kamu. Yuk kita hindari 5 kesalahan yang biasa dilakukan seseorang dalam membuat sebuah password berikut.

BACA JUGA
  • Seminggu Rilis, Bajakan Game Resident Evil 7 Sudah Tersedia!

1. Membuat Password Yang Mudah

Sumber foto: Gambar: Hardware Zone

Kesalahan ini adalah yang pertama sering dilakukan oleh seseorang, yaitu membuat sebuah password yang mudah. Padahal jika memang kesulitan untuk menghapal sebuah password yang sulit, bisa mempergunakan password card sebagai gantinya.

Unik! Begini Cara Buat Password Aman dengan Password Card
Untuk membuat password yang sulit, apalagi di banyak situs, terkadang orang akan mengalami kesulitan. Makanya, simak cara buat password aman dengan password card ini yuk!
LIHAT ARTIKEL

2. Membuat Password Yang Berhubungan Dengan Kehidupan Pribadi

Sumber foto: Gambar: YMCA

Selanjutnya adalah membuat password yang berhubungan dengan kehidupan pribadi. Seperti contohnya tanggal lahir, nama kekasih, nama sekolah dan sejenisnya. Hal ini membuat password menjadi sangat mudah untuk ditebak.

3. Memakai Password Yang Sama Pada Banyak Akun

Sumber foto: Gambar: Small Screen Producer

Kesalah yang ketiga yaitu dengan mempergunakan sebuah password yang sama untuk banyak akun. Hal ini berbahaya, karena ketika ada satu akun terbobol maka semua akun lainnya juga akan ikut terbobol.

4. Tidak Pernah Mengganti Password Secara Berkala

Sumber foto: Gambar: Top Password

Kesalahan keempat yaitu tidak pernah melakukan pergantian password secara berkala. Hal ini akan membuat password kita rentan terhadap sebuah serangan hacker yang bernama bruteforce.

5. Tidak Mengaktifkan Fitur Dua Kali Otentikasi

Sumber foto: Gambar: PCWorld

Kesalahan terakhir yaitu tidak mengaktifkan fitur untuk dua kali otentikasi. Padahal ini sangat penting apabila ada seseorang yang telah berhasil menembus password kita. Dengan adanya otentikasi kedua, sangat memungkinkan kita untuk merebut kembali akun yang sudah dicuri.

ADVERTISEMENT

Nah itulah dia barusan kesalahan yang sering dilakukan pada saat membuat sebuah password. Dengan informasi ini, Jaka harap kamu bisa menjadi jauh lebih waspada. Semoga bermanfaat!

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Password atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Banner: The Huffington Post

ARTIKEL TERKAIT

WiFi Tidak Bisa Konek? Coba Ikuti Solusi Berikut Ini!

MSI Trident 3, PC Compact Dan Powerful Yang Siap Saingi PS4 Pro!

Bukan Sulap Bukan Sihir! Ini Cara Edit Banyak Foto Sekaligus

APPS TERKAIT
PasswordBook 2.0.0
Apps Naresh Manandhar
WiFi Map 5.2.20
Apps Farproc
Password Safe 3.36
Apps Rony Saphiro
Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
Apps Dashlane
undefined
Kembali Keatas