3 Cara Scan Dokumen ke PDF di HP, Mudah Gak Perlu Ribet Pakai Laptop!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 11 October 2020, 11:00
Begini cara scan dokumen ke PDF di HP dengan mudah. Kamu tidak perlu bingung lagi kalau mau scan dokumen PDF di HP.

Di era digital seperti sekarang, sudah tidak aneh kalau kita melihat ada yang scan dokumen untuk dijadikan format PDF. File digital ini diperlukan untuk berbagai hal, terutama pekerjaan atau kuliah.

Untuk scan dokumen, kamu membutuhkan mesin scanner dan laptop atau komputer agar file bisa berhasil kamu dapatkan dan digunakan untuk berbagai keperluan. Pasti ribet ya kan kalau harus menyiapkan semua alat itu. Atau mungkin harus bayar ke tempat fotocopy.

Untuk scan dokumen yang kamu jadikan ke PDF misalnya, kamu kini bisa melakukannya menggunakan smartphone atau HP saja loh!

Cara untuk scan dokumen ke PDF ini akan sangat mudah karena kamu bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti beberapa cara yang akan Jaka berikan di bawah ini.

Cara Scan Dokumen ke PDF di HP

Memindai suatu dokumen fisik ke dalam bentuk digital biasanya diperlukan perangkat pemindai yang biasa disebut scanner. Namun, bagaimana jika suatu saat kamu harus scan sebuah dokumen dengan cepat tapi gak menemukan alat scanner?

Gak perlu alat scanner khusus lagi, sekarang kamu bisa scan dokumen apapun menggunakan HP. Kini, scan dokumen gak harus melibatkan mesin ukuran printer yang besar itu.

Yang kamu butuhkan hanyalah smartphone dan aplikasi pemindai yang bagus. Cara ini pastinya lebih hemat dan mudah, hasilnya pun gak kalah baik dari alat scanner. Dengan aplikasi tertentu kamu bisa melakukan scan dokumen hanya dengan mengambil gambar.

ADVERTISEMENT

Gak hanya itu, geng, kamu bisa mengubah dokumen yang dipindai menjadi PDF dan membagikannya melalui aplikasi seperti Dropbox atau Google Drive.

Jaka akan bagikan beberapa cara scan dokumen ke PDF dengan mudah di HP gar kamu gak perlu repot lagi jika ingin scan berbagai dokumen, geng.

1. Google Drive

Bagi kamu pengguna Android, gak perlu repot mengunduh aplikasi scan tambahan. Google Drive bisa dimanfaatkan sebagai pemindai dokumen atau scan dokumen loh, geng.

Kamu pun dapat menyimpannya dalam format PDF di Google Drive kamu. Berikut caranya:

Langkah 1 - Buka aplikasi Google Drive

Langkah 2 - Klik Tombol Tambah (Add)

Langkah 3 - Pilih opsi "Scan"

Langkah 4 - Foto Dokumen

Langkah 5 - Klik "Done"

Dokumen yang kamu foto akan ter-scan seperti kamu memasukkannya ke dalam mesin scanner. Hasil scan yang diunggah ditambahkan ke Google Drive sebagai PDF, nantinya namanya akan diawali dengan kata Scanned , diikuti oleh tanggal dan waktu.

Kamu bisa memindahkan, mengganti nama, atau menghapus dokumen yang di-scan dengan mengklik tiga titik di sebelah nama file.

Untuk lebih mempermudah dalam scan selanjutnya, kamu bisa menambahkan pintasan Scanner Google Drive ini ke layar utama smartphone kamu. Berikut caranya:

2. Menggunakan iPhone

Saat iOS 11 rilis, pihak Apple menambahkan fitur pemindaian baru ke aplikasi bawaan, Notes. Jadi untuk menggunakan opsi ini, pertama-tama pastikan dulu kalau iPhone kamu telah diperbarui ke iOS 11, ya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk scan dokumen ke iPhone menggunakan fitur scanner di Notes:

Langkah 1 - Buka Notes

Langkah 2 - Buat catatan baru

Langkah 3 - Ketuk lingkaran dengan tanda + di dalamnya

Langkah 5 - Pilih Scan Documents

Langkah 6 - Pilih Keep Scan

Langkah 7 - Edit Foto dengan Klik Foto Tersebut

Langkah 8 - Klik Done

Langkah 9 - Pilih PDF

Langkah 10 - Klik Buat PDF

3. CamScanner Phone PDF Creator

Kalau kamu gak bisa menggunakan Google Drive untuk melakukan scan, masih banyak aplikasi gratis di Play Store atau App Store untuk scan.

Salah satu aplikasi yang cukup populer di Play Store adalah CamScanner - Phone PDF Creator. CamScanner menawarkan fitur yang kamu butuhkan untuk memindai dokumen kamu secara efisien.

CamScanner ini adalah aplikasi gratis yang tersedia di playstore yang memungkinkan kamu bisa scan dokumen ke format PDF, mengkonversi word ke PDF, menggabungkan dokumen, hingga melakukan fax dan print. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, cukup menggunakan fitur kamera yang ada di smartphone kamu.

Berikut cara melakukan scan menggunakan aplikasi CamScanner:

Langkah 1 - Download dan Install CamScanner

CamScanner -Phone PDF Creator 5.17.7.20200311
Apps Photo & Imaging IntSig Information Co.,Ltd
DOWNLOAD

Langkah 2 - Login atau langsung gunakan aplikasi CamScanner

Langkah 3 - Buka kamera untuk foto dokumen

Langkah 4 - Scan dokumen

Langkah 5 - Edit hasil scan

Langkah 6 - Ubah nama dokumen hasil scan

Langkah 7 - Selesai

Akhir Kata

Itu dia, cara scan dokumen ke PDF yang bisa kamu lakukan dengan cara dan aplikasi yang sangat mudah, geng.

Gak perlu lagi diribetin dengan mesin scanner karen kamu sudah bisa melakukannya di smartphone. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Memperbesar Ukuran PDF | Buat Penuhi Syarat Dokumen CPNS

GRATIS! Cara Simpan Dokumen Penting Tanpa Bikin Pusing di Cloud Storage LINE

Kembali Keatas