Cara Menggunakan Rufus untuk Install Windows 10, Cuma Modal Flashdisk!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 25 September 2020, 20:00
Cara menggunakan Rufus untuk install Windows 10 bermodal flashdisk merupakan solusi terampuh buat kamu yang laptop-nya gak ada DVD-ROM (Update 2020)

Windows merupakan sistem operasi PC / laptop dengan pengguna terbanyak di dunia. Salah satu alasan utamanya adalah karena tingkat kompatibilitas yang tinggi dengan program yang beredar.

Biasanya, dibutuhkan CD / DVD untuk meng-install Windows di PC kamu. Sayangnya, saat ini sudah banyak banget PC / laptop terbaru yang gak dilengkapi dengan CD-ROM.

Tapi kamu gak perlu khawatir, geng! Pasalnya, kini sudah ada cara praktis untuk kamu yang pengen install Windows tanpa perlu membeli DVD-ROM eksternal.

Hanya dengan bermodal flashdisk dan aplikasi Rufus, kamu sudah bisa menggunakan Windows terbaru, lho. Lantas, bagaimana sih cara menggunakan Rufus untuk install Windows? Yuk, simak di bawah ini!

Cara Pakai Rufus untuk Install Windows 10 (Update 2020)

Dalam artikel ini, Jaka bakal jelaskan secara detail mengenai cara menggunakan Rufus dengan mudah. Gak cuma itu, Jaka juga bakal mengulas sedikit mengenai fungsi dan kegunaan dari Rufus.

Daripada banyak basa-basi, mending langsung saja baca selengkapnya dalam artikel ini ya, geng!

Apa Itu Rufus dan Kegunaannya?

Sumber foto: Cara menggunakan Rufus untuk instalasi Windows tanpa CD

Rufus adalah aplikasi atau software yang pada umumnya digunakan untuk membuat flashdisk bootable agar dapat digunakan sebagai media install sistem operasi. Bukan hanya Windows saja, melainkan juga untuk Linux dan lain sebagainya.

ADVERTISEMENT

Rufus yang dikembangkan oleh Akeo ini sendiri merupakan freeware alias software yang dapat kamu unduh dan gunakan secara gratis. Selain itu, Rufus juga memiliki ukuran kecil, kurang dari 1MB saja, geng.

Saat ini, Rufus sudah tersedia dalam versi Rufus 3.11 dengan perubahan tampilan yang lebih user friendly dan tentunya lebih praktis digunakan untuk pemula.

Meskipun begitu, masih banyak yang penasaran cara menggunakan Rufus 3.1 yang notabene lebih jadul dibandingkan versi terbaru. Kurang lebih sama, kok, geng.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Rufus Windows 10

Nah, kini kita langsung saja masuk ke topik bahasan utama, yakni cara menggunakan Rufus untuk instalasi Windows dengan modal flashdisk saja.

Supaya lebih mudah, Jaka telah sertakan petunjuk lengkap yang disertai gambar agar kamu berhasil melakukan hal ini sendiri di rumah. Check it out!

Untuk membuat flashdisk bootable, pastikan terlebih dahulu kamu memiliki file mentahan Windows 10 yang berformat .iso. Selain itu tentu juga sediakan flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB.

Jika sudah siap semua, ikuti petunjuk Jaka di bawah ini:

Langkah 1 - Download Rufus

Rufus 3.1 3.4
Apps Developer Tools Akeo
DOWNLOAD

Langkah 2 - Install Rufus

Langkah 3 - Siapkan ISO Windows 10

Langkah 4 - Pengaturan ISO Windows 10

Langkah 5 - Pilih Format Bootable Flashdisk

Langkah 6 - Mulai Membuat Bootable Flashdisk

Langkah 7 - Tunggu Proses Bootable Flashdisk

Langkah 8 - Selesai

Cara Install Windows 10 dengan Menggunakan Flashdisk

Setelah semua proses di atas selesai, kini saatnya kamu meng-install Windows 10 di PC / Laptop kamu, geng. Untuk cara selengkapnya, kamu bisa simak dalam artikel berikut ini:

Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk!
Cara install Windows 10 dengan flashdisk beserta panduan gambarnya. Bisa dipakai di laptop ASUS, Lenovo, Dell, dan lainnya.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah begitulah cara menggunakan Rufus untuk melakukan instalasi Windows 10 dengan menggunakan flashdisk bootable. Jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi dengan CD/DVD yang lebih gampang rusak kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga artikel seputar Windows atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

Kumpulan Cara Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2021 | Lengkap Semua OS

10 Aplikasi Karaoke Gratis Terbaik untuk PC dan Laptop, Bisa di Rumah Aja!

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Sementara / Permanen

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shutdown atau Dimatikan

10 Tips dan Trik Windows 10 'Super' Mudah yang Wajib Kamu Coba!

undefined
Kembali Keatas