Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android Terbaru 2020, Gak Usah Panik!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 23 November 2020, 19:30
Pernah tidak sengaja menghapus SMS penting? Tenang saja, begini cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP Android, no root & 100% works.

Pernah nggak kamu mengalami pesan SMS yang nggak sengaja terhapus padahal penting banget?

Nah walaupun sudah jarang digunakan, SMS penting itu bisa saja berupa OTP (One Time Password) maupun data-data penting lainnya.

Makanya buat kamu yang membutuhkan cara mengembalikan SMS yang terhapus khususnya di HP Android, Jaka bakal ulas selengkapnya buat kamu nih.

Kumpulan Cara Mengembalikan Pesan SMS yang Terhapus di HP Android

Ada beberapa metode yang biasa digunakan untuk mengembalikan sms yang terhapus atau pesan di HP Android kamu. Seperti menggunakan aplikasi Wondershare Dr. Fone dan MyJad Android SMS Recovery seperti di bawah ini.

Namun sebelumnya, untuk mengikuti langkah-langkahnya siapkan terlebih dahulu perangkat PC atau laptop dan juga HP Android yang terhubung ke internet.

Dan lebih baik lagi perangkat Android kamu sudah di-root sehingga lebih mempermudah pengembalian SMS. Untuk cara root selengkapnya bisa kamu baca di sini: Cara Root HP Android Dengan & Tanpa PC Lengkap!.

Cara Melihat SMS yang Terhapus dengan Wondershare Dr.Fone

Wondershare adalah salah satu perusahaan paling terkenal yang hadir untuk memberikan layanan manajemen perangkat Android melalui PC.

ADVERTISEMENT

Tidak hanya itu saja, perusahaan ini juga telah membuat aplikasi yang mampu mengembalikan file yang hilang di Android.

Dr.Fone adalah aplikasi yang ditugaskan sebagai Android Recovery Utility, yaitu dibuat untuk mengembalikan file penting yang telah hilang di Android.

Daftar file yang bisa dikembalikan oleh aplikasi ini adalah pesan SMS, musik, gambar, dokumen, pesan history Whatsapp, percakapan, dan kontak.

  1. Download dan install Wondershare Dr.Fone di PC. Download langsung lewat situs resminya di sini. Setelah selesai download, install seperti biasa di PC.

  2. Buka Pengaturan di Android, tap pada pilihan Developer Options , dan centang pada pilihan USB Debugging.

Catatan:

Jika tidak dapat menemukan pilihan Developer options, silahkan pergi ke pilihan About Phone di pengaturan, dan tap terus pada pilihan build number sampai muncul pesan You are now a developer. Kemudian kembali lagi ke awal.

  1. Buka aplikasi Dr.Fone di PC, sambil koneksikan perangkat Android ke PC menggunakan kabel micro USB, dan tunggu hingga aplikasi Dr.Fone akan selesai untuk me-recognize Android. Tap pilihan Allow jika ada pesan pop up yang muncul di Android.

  2. Klik pilihan tombol start untuk melakukan proses scanning dari data-data yang telah terhapus sebelumnya di Android. Proses ini akan memerlukan waktu, apalagi jika data yang ada di Android sangat banyak.

  1. Klik pada tab Messaging untuk selanjutnya memilih pesan SMS yang ingin dikembalikan, caranya cukup centang check box pesan yang ingin di recovery. Sebelum melakukan proses recovery, kita bisa terlebih dahulu melakukan review pada pesan yang terhapus sebelum memutuskan untuk menekan tombol Recovery .
  1. Jika sudah yakin 100%, klik pada tombol Recovery yang selanjutnya aplikasi seharusnya akan berjalan untuk kemudian pesan-pesan SMS yang telah terhapus tersebut dapat akhirnya kita gunakan lagi.

Cara Melihat SMS yang Terhapus dengan MyJad Android SMS Recovery

Sekilas saja kalau sebenarnya aplikasi ini adalah satu aplikasi yang popular sebagai cara mengembalikan SMS yang terhapus di Android.

Seperti layaknya pada namanya, aplikasi ini memang sengaja didesain khusus untuk hanya mengembalikan pesan SMS yang telah terhapus.

Kini aplikasi ini telah dapat dipakai pada perangkat Android dan iOS loh.

  1. Download dan install aplikasi MyJad Android Recovery di PC. Download melalui website resminya disini.

  2. Buka aplikasi yang sudah di-install sambil koneksikan perangkat Android dengan PC menggunakan kabel micro USB. Aktifkan mode pilihan USB Debugging , caranya sama pada step kedua di metode yang pertama.

  3. Tunggu sampai perangkat Android mendeteksi aplikasi ini, setelah perangkat Android terdeteksi, maka secara otomatis aplikasi akan melakukan proses scan pada perangkat Android.

  1. Klik pada tab message setelah proses scan selesai.
  1. Pilih pesan yang ingin kamu recover dengan mencentang pilihan pada kotak check box yang disediakan. Pesan yang telah terhapus akan berwarna merah, sedangkan yang warna hitam berarti pesan tersebut masih berada di perangkat Android.

  2. Jika sudah yakin 100%, silahkan tekan pada tombol Recovery . Proses recovery ini akan memerlukan waktu apalagi jika pesan pada Android cukup banyak.

  1. Tap OK pada jendela pop up yang menampilkan pesan bahwa proses recovery telah selesai. Cabut perangkat Android dari PC dan sekarang akhirnya pesan SMS yang telah terhapus tersebut dapat dibaca kembali.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Terakhir, Jaka bakalan kasih tau kamu bagaimana jika SMS penting kamu terhapus tanpa perlu menggunakan aplikasi di HP Samsung. Kalau kamu pakai HP brand lain, kamu juga bisa coba cara berikut.

Cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP Samsung cukup mudah, kok. Kamu tinggal memanfaatkan fitur backup & restore yang ada di HP kamu tersebut.

Penasaran gimana caranya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya, geng!

Akhir Kata

Itulah begitulah metode dan cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP Android, mudah kan? Semoga bermanfaat ya.

Jika kamu ada pertanyaan seputar langkah-langkah di atas, jangan ragu buat bertanya pada kolom komentar di bawah.

ARTIKEL TERKAIT

7 Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Nomor HP, Masih Works di 2024?

Download 200+ Nada Dering SMS Lucu & Keren Terbaru, Gratis!

Cara Menyadap SMS Orang Lain | Tanpa Ketahuan

Kembali Keatas