5 Cara Mengatasi PC Restart atau Mati Sendiri Saat Bermain Game

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 04 October 2017, 14:00
Kali ini Jaka akan membahas cara mengatasi PC yang restart atau mati sendiri saat bermain game. Mau tahu selengkapnya? Simak ulasan Jaka berikut ini ya!

Kamu pernah mengalami PC restart atau mati sendiri saat lagi asyik main game? Jaka juga pernah mengalami kejadian ini saat bermain game Point Blank (PB) dan game lainnya. Rasanya tidak menyenangkan ketika sedang asyik bermain game, tiba-tiba PC mendadak restart dengan layar monitor blank, tetapi PC masih hidup atau menyala.

Setelah Jaka mencari tahu dari berbagai sumber, akhirnya Jaka tahu apa yang harus dilakukan. Nah, kali ini Jaka akan membahas cara mengatasi PC yang restart atau mati sendiri saat bermain game. Mau tahu selengkapnya? Simak ulasan Jaka berikut ini ya!

BACA JUGA
  • Apa?! Intel Larang Overclock Pada Prosesor Untuk Overclock?

5 Cara Mengatasi PC Restart atau Mati Sendiri Saat Bermain Game

1. Periksa RAM

Coba kamu periksa RAM pada PC milikmu, apakah sudah berkarat atau berdebu? Jika RAM berkarat atau berdebu, bersihkan dengan pembersih seperti kuas dan penghapus untuk digosokkan pada karat RAM. Jika sudah melakukan hal tersebut, coba lihat apakah PC sudah normal untuk bermain game.

Jika masih belum normal, ganti RAM kamu atau tambah kapasitas RAM, misalnya tadinya hanya berukuran 2 GB, tambah lagi menjadi 4 GB, karena game sekarang membutuhkan RAM yang cukup besar.

2. Periksa VGA

Cara mengatasi pc restart sendiri selanjutnya adalah dengan mengecek VGA. Biasanya masalah VGA (VGA-nya bukan yang onboard) sama dengan RAM, bersihkan debu atau bersihkan karat.

Namun, perbedaannya, VGA card eksternal biasanya mengalami panas. Coba periksa fan-nya, jika tidak berfungsi dengan baik, ganti dengan fan yang baru atau jika fan tidak bermasalah, coba pakai thermal paste agar VGA menjadi agak sejuk.

3. Periksa Prosesor

Prosesor merupakan otak komputer jika overheating sangat tidak disarankan untuk dipaksakan melakukan aktivitas pada PC. Maka jika sedang bermain game, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu, lalu lanjutkan kembali.

Gunakan prosesor yang kecepatannya di atas 3.0 GHz untuk hasil yang lumayan saat bermain game.

ADVERTISEMENT

4. Periksa Power Supply (PSU)

Power supply adalah bagian terpenting pada PC untuk mengalirkan daya pada semua komponen PC. Jika kebutuhan daya pada PC 700 watt, tetapi PSU yang digunakan hanya memiliki daya 450 watt, maka bersiaplah PC mengalami restart dan mati dengan sendirinya saat sedang bermain game atau aktivitas lainnya.

Solusi mengatasi pc restart sendiri jika memakai PSU bawaan atau PSU berdaya rendah, maka ganti dengan PSU baru yang dayanya jauh lebih besar dari sebelumnya. Untuk mereknya gunakan yang terpercaya, seperti AcBel, Antec, CORSAIR, FSP, TAGAN, THERMALTAKE, dan XIGMATEX.

5. Periksa Program atau Aplikasi

Beberapa OS (Windows, Linux, Mac, dan lainnya) biasanya ada yang support dan tidak untuk menjalankan sebuah aplikasi, program, atau pun game. Jika ada masalah restart PC saat menjalankan program, maka solusinya instal ulang sistem operasi.

Terkadang ada program yang juga crash atau error, jika yang bermasalah seperti game Point Blank, maka instal ulang, update atau ambil filenya dari warnet, karena biasanya game tersebut open source, gratis untuk dipublikasikan. Berbeda dengan aplikasi lain yang harus benar-benar asli.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengatasi PC yang restart atau mati sendiri saat bermain game. Apabila cara di atas sudah kamu lakukan tapi masih juga tidak ampuh, maka cara lainnya adalah membongkar dan servis PC kita sendiri. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

Mau Jadi Astronot? Wajib Coba 20+ Software Dari NASA Ini, Gratis!

Mau Jadi Hacker Profesional? Nih 35+ eBook Tentang Hacking GRATIS!

APPS TERKAIT
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
LINE Let's Get Rich
Games LINE Corporation
LINE (Purple) 4.6.0
Apps Naver
Kembali Keatas