Apa?! Intel Larang Overclock Pada Prosesor Untuk Overclock?

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 06 May 2017, 15:30
Salah satu prosesor unggulan seri Kabylake, yaitu Intel Core i7-7700K. Namun mengejutkannya, justru pihak Intel melarang memakai keunggulan prosesor tersebut. Nah loh?!

Merek prosesor ternama di dunia yaitu Intel. Perusahaan ini sudah mulai memproduksi prosesor sejak tahun 1971 dengan prosesor pertamanya yaitu Intel 4004. Hingga saat ini prosesor terakhirnya adalah Intel Core i7 Generasi ke 7 atau biasa disebut dengan kode nama Kabylake.

Salah satu prosesor unggulan seri Kabylake, yaitu Intel Core i7-7700K. Namun mengejutkannya, justru pihak Intel melarang memakai keunggulan prosesor tersebut. Nah loh?!

BACA JUGA

    Intel Larang Overclock Pada Prosesor Untuk Overclock?

    Dilansir melalui PCGamer. Prosesor Intel Core i7-7700K, memiliki keunggulan yang ditandakan melalui huruf K di belakangnya. Dimana artinya, prosesor tersebut memiliki unlocked multiplier. Mudahnya, yaitu prosesor ini memiliki potensi untuk dilakukan overclock dengan baik.

    Namun akhir-akhir ini, ada beberapa pengguna prosesor Intel Core i7-7700K yang komplain. Pengguna mengatakan bahwa tanpa alasan yang jelas, terkadang prosesor overheat hingga ke 90'C dan 100'C. Dan ternyata jawaban dari Intel justru sangat menggelitik para penggunanya.

    Jawaban Pihak Intel Terkait Kasus Overheat

    "In our internal investigation, we did not observe temperature variation outside of the expected behavior and recommended specifications. For processor specifications, please refer to the Intel Core i7-7700K Processor Product Specifications."

    Penjelasan Singkat: Dalam pengujian internal, kami tidak menemukan masalah apapun. Mohon mengacu pada spesifikasi produk Intel Core i7-7700K.

    "We do not recommend running outside the processor specifications, such as by exceeding processor frequency or voltage specifications, or removing of the integrated heat spreader (sometimes called 'de-lidding'). These actions will void the processor warranty."

    Penjelasan Singkat: Intel tidak menyarankan untuk menjalankan prosesor dengan kecepatan di atas spesifikasi (overclock), melakukan hal ini akan menghanguskan garansi.

    ADVERTISEMENT

    Waduh lalu artinya unlocked multiplier di prosesor Intel Core i7-7700K itu apa ya? Menurut Jaka Intel justru membuat penggunanya bingung nih. Bagaimana pendapat kamu?

    Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Intel atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

    Banner: Ars Technica UK

    ARTIKEL TERKAIT

    Harga RAM PC/Laptop Naik Hingga 2 Kali Lipat! Kok Bisa Ya?

    Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

    APPS TERKAIT
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    LINE for Android 10.0.2
    Apps Naver
    LINE Komputer 4.8.3.1128
    Apps Naver
    Kembali Keatas