Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan? Ini 7 Cara Mengatasinya!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 17 Juni 2020, 15:00
Data seluler aktif tapi tidak bisa internetan? Tenang guys! Berikut cara mengatasi koneksi internet bermasalah di smartphone Android kamu.

Data seluler aktif tapi tidak bisa internetan? Sudah coba berbagai cara tapi tetap tidak bisa?

Bukan cuma kamu saja, masalah jaringan pada perangkat smartphone ini rupanya cukup sering juga lho dialami oleh orang-orang termasuk Jaka sendiri.

Entah apa penyebabnya, data seluler tiba-tiba menjadi tidak berfungsi meskipun ikonnya muncul di jendela toolbar dan paket data telah diaktifkan.

Nah, buat kamu yang mengalami masalah ini, di artikel kali ini Jaka akan kasih beberapa solusi cara mengatasi data seluler aktif tadi tidak bisa internetan yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Penasaran?

Cara Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Koneksi internet kini memang telah menjadi barang berharga bagi kehidupan manusia, namun masalahnya adalah terkadang kita mengalami HP tidak bisa internetan padahal sudah connect ke jaringan internet, geng.

Lalu, bagaimanakah cara untuk mengatasi masalah ini? Yuk, simak beberapa solusinya berikut ini!

1. Aktifkan Mode Airplane (Cara Memperbaiki Koneksi Internet Android Paling Ampuh)

Sumber foto: The Jakarta Post (Data seluler aktif tapi tidak bisa internetan? Coba aktifkan mode airplane untuk sementara waktu).

ADVERTISEMENT

Cara pertama untuk mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan adalah dengan mengaktifkan mode Airplane untuk sementara waktu, geng.

Kamu bisa aktifkan mode pesawat di HP untuk beberapa detik, kemudian matikan kembali sehingga jaringan internet provider akan melakukan refresh dan mencari koneksi yang lebih baik.

Meskipun terdengar sepele, tapi kenyataannya cara ini cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan jaringan internet provider lho!

Oh iya, cara ini juga berlaku buat kamu yang mengalami data seluler aktif tapi tidak bisa internetan Indosat, Tri (3), Axis, atau operator lainnya ya!

2. Reboot Smartphone

Selain mengaktifkan sementara mode Airplane, kamu juga bisa mencoba reboot smartphone Android atau tablet milikmu sambil tetap mengaktifkan mode tersebut.

Setelah smartphone hidup kembali, kemudian kamu matikan mode Airplane tersebut, geng. Meskipun sederhana, tapi cara memperbaiki jaringan internet di Android satu ini sudah banyak digunakan dan terbukti berhasil lho!

Selain itu, cara ini juga biasanya sering digunakan untuk mengatasi koneksi internet lemot atau bahkan data seluler yang nggak bisa aktif sama sekali.

3. Setting Ulang APN

Sumber foto: JalanTikus (HP tidak bisa internetan padahal sudah connect? Coba deh kamu lakukan setting ulang APN di HP).

Cara memperbaiki jaringan internet di Android ataupun iOS yang berikutnya adalah dengan melakukan reset alias setting ulang APN operator yang kamu gunakan.

Biasanya, ketika pengaturan APN diubah, maka koneksi Internet juga akan mengalami perubahan entah itu lebih stabil, cepat, atau bahkan bisa hilang.

Untuk itu, kamu harus melakukan reset APN secara tepat agar jaringan internet di HP bisa aktif kembali secara normal seperti biasanya, geng.

Oh iya, kamu bisa baca artikel Jaka di bawah ini untuk mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan di 3 (Tri) dan Axis menggunakan trik setting APN:

Cara Setting APN Tri (3) Tercepat & Terstabil 2020, Internet Ngegas!
Cara setting APN Tri (3) tercepat 2021 paling ampuh dan ngebut bisa kamu temukan selengkapnya di sini. Bisa 3G dan 4G juga, lho!
LIHAT ARTIKEL
Cara Setting APN Axis Tercepat 2020, Internetan Makin Ngebut!
Pakai paketan internet Axis dan mau kecepatannya lebih ngebut? Coba cek cara setting APN Axis tercepat 2022 ini, dijamin mantul!
LIHAT ARTIKEL

4. Alihkan Jaringan Secara Manual

Sudah mencoba berbagai cara di atas tapi masih bingung kenapa data seluler tidak berfungsi? Kalau begitu, kamu bisa coba untuk mengalihkan jaringan secara manual di smartphone kamu.

Misalnya, kamu sedang menggunakan jaringan 4G LTE only, maka kamu bisa alihkan dulu ke jaringan 3G atau 2G untuk sementara waktu. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu ganti lagi deh ke jaringan 4G LTE.

Di beberapa kasus, cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi masalah data seluler aktif tapi tidak bisa internetan di berbagai operator dan merek HP.

Bahkan, tak jarang cara ini juga mampu untuk menjadi solusi dari cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul, geng.

5. Lepas Sementara Kartu SIM

Solusi berikutnya untuk mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan atau cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul, yaitu dengan melepas sementara kartu SIM yang kamu gunakan, geng.

Kamu bisa coba untuk melepasnya terlebih dulu selama beberapa saat, setelah itu kamu pasang kembali di perangkat smartphone Android atau iOS.

Biasanya, setelah melakukan trik ini maka data seluler pun sudah bisa kembali digunakan dengan normal tanpa gangguan seperti sebelumnya.

6. Cek Sisa Kuota Internet

Seringkali salah satu penyebab kenapa data seluler tidak berfungsi adalah karena kuota internet yang habis namun nggak disadari oleh pemiliknya, geng.

Ditambah lagi, pulsa kamu pun sudah habis sehingga kamu nggak bisa mengakses internet sama sekali meskipun ada ikon data seluler yang muncul di toolbar.

Oleh karena itu, kamu bisa coba cek kuota internet yang dimiliki terlebih dulu. Jika ternyata memang sudah habis, pastinya kamu harus membeli paket internet baru ya, geng!

7. Telepon Call Center Operator

Sumber foto: Freepik (Cara terakhir mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan adalah dengan menghubungi pihak call center operator).

Solusi terakhir yang bisa kamu lakukan ketika data seluler aktif tapi tidak bisa internetan adalah dengan menelpon pihak call center operator yang digunakan.

Biasanya mereka akan memberikan kamu beberapa solusi terkait masalah jaringan yang sedang dialami, geng.

Tapi, pastikan juga kalau kamu memiliki sisa pulsa yang cukup sebelum menelpon call center operator karena umumnya panggilan seperti ini akan dikenakan tarif berbayar.

Akhir Kata

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi masalah data seluler aktif tapi tidak bisa internetan yang bisa kamu lakukan saat ini, geng.

Cara-cara di atas cukup mudah bukan? Apakah kamu memiliki cara memperbaiki jaringan internet di Android atau iOS lainnya yang bisa digunakan? Jika iya, berikan saranmu melalui kolom komentar di bawah ya.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Jofinno Herian

ARTIKEL TERKAIT

Cara Membobol WiFi yang DIkunci dengan WiFiMap, Bisa di Android & iOS!

Paket Internet Indosat November 2021, Mulai Rp2 Ribuan!

Cara Setting APN Indosat Tercepat & Stabil 2022, Internetan Makin Ngebut!

10 Aplikasi Penguat Sinyal Android Terbaik 2022, Internetan Ngebut!

DNS IndiHome Tercepat & Stabil 2020 | 100% Anti Lelet!

Cara Mengatasi Internet Lemot di Handphone dan Laptop Paling Ampuh

undefined
Kembali Keatas