Cara Memotong Lagu MP3 dengan Mudah, Bisa Buat Ringtone HP!

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 31 Mei 2020, 16:00
Pengen reff lagu favoritmu jadi ringtone HP? Gak perli bingung, kamu bisa ikuti tutorial cara memotong lagu MP3 di HP untuk dijadikan nada dering kamu.

Apakah kamu suka mendengarkan musik? Apa lagu favorit kamu? Sering kali kita punya lagu favorit dan saking sukanya kita jadi ingin menggunakannya sebagai ringtone HP.

Sayangnya durasi sebuah lagu itu panjang sekali. Sedangkan kita lebih suka mendengarkan bagian puncak alias bagian reff-nya saja.

Kamu mengalami itu juga? Pas sekali, karena kali ini Jaka akan memberi solusinya untuk kamu.

Caranya adalah memotong lagu hanya dibagian yang kita inginkan. Penasaran? Berikut adalah tips cara memotong lagu untuk dijadikan ringtone HP.

Cara Mudah Memotong Lagu di HP Android

Gak perlu ribet menggunakan komputer untuk memotong lagu favoritmu. Cara memotong lagu di HP android sangat mudah, lho. Kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Timbre.

Sebenarnya, ada banyak aplikasi untuk memotong dan mengedit lagu, namun menurut Jaka aplikasi Timbre adalah yang paling praktis dan mudah untuk kamu gunakan.

Selain memotong lagu aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk memotong video, mengonversi format audio, menggabungkan 2 file sekaligus, dan lain-lain.

ADVERTISEMENT

Aplikasi potong lagu ini punya size yang kecil dan interface yang mudah dipahami. Jadi cara menggunakannya juga sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkah cara memotong lagu MP3:

Langkah 1 - Download dan Install Aplikasi Timbre

Timbre: Cut, Join, Convert MP3 3.1.5
Apps Productivity Xeus
DOWNLOAD

Langkah 2 - Buka Aplikasi Timbre

Langkah 3 - Pilih Lagu yang Kamu Inginkan

Tahap cara memotong lagu yang ketiga adalah pilih lagu mana yang ingin kamu potong, geng. Lagu yang tersimpan di HP-mu bakal terbaca oleh aplikasi ini. Kamu tinggal tap saja di lagu pilihanmu.

Langkah 4 - Edit lagu sesuai yang Kamu Inginkan.

Langkah 5 - Simpan lagu

Setelah selesai memotong lagu, tap ikon Gunting. Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi, jika sudah sesuai langsung saja tap Save untuk menyimpan.

Langkah 5 - Selesai

Dengan begitu hasil memotong lagu di Android ini akan langsung masuk ke folder yang telah kamu tentukan tadi. File-nya berformat MP3, dengan ukuran yang pastinya lebih kecil dari file aslinya.

Selain menjadikannya sebagi ringtone kamu juga bisa menjadikannya alarm atau nada untuk notifikasi HP kamu.

Cara Meningkatkan Kualitas Audio MP3 Menggunakan Timbre

Selain digunakan untuk memotong lagu, aplikasi Timbre juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kulitas MP3 yang kamu edit, lho.

Jika kamu rasa volume dari ringtone hasil edit tadi kurang lantang, kamu bisa menaikkan volume audio-nya .

Simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 - Cara Menaikkan Volume

Cara menaikkan volume audio yang pertama, buka lagi aplikasi Timbre. Setelah itu di bagian audio pilih ikon Volume. Setelah itu pilih ringtone hasil edit kita tadi, geng.

Tools-nya masih mirip dengan cara yang pertama kok.

Langkah 2 - Atur volume

Setelah itu, kamu bisa menaikkan volume audio dengan cara menggeser toggle ke arah kanan. Kamu bisa memperbesar suara hingga 2 kali volume aslinya. Jika sudah tap ikon bergambar Speaker.

Saat muncul pop-up, tap Save untuk menyimpan hasil editing. File-nya bisa kamu buka di folder sesuai dengan yang kamu pilih tadi.

Akhir Kata

Itulah tips bagaimana cara memotong lagu untuk nada dering di android dari Jaka, geng. Sekarang kamu bisa mendengarkan lagu favorit menjadi ringtone maupun alarm yang membangunkan di pagi hari.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Lagu atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT

5 Aplikasi Download Lagu dan MP3 di Android

Cara Download Lagu dan MP3 di YouTube

Cara Memperbesar Suara MP3 Menggunakan Aplikasi Android

15 Aplikasi Android Terbaik Download Lagu MP3 dan Musik

Cara Convert File Video Menjadi MP3 di Android

undefined
Kembali Keatas