Mau Password ANTI HACKER? Ini 7 Langkah Mudah Membuatnya!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 09 March 2017, 18:30
Seperti halnya smartphone, password sudah menjadi hal lazim yang banyak digunakan dalam kehidupan. Karena sangat penting, yuk buat password yang kuat dan anti hacker!

Di era internet of things ini, password menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita selaku pengguna internet. Bukan sekedar kunci untuk masuk ke sosial media, tapi data-data penting yang diamankan dalam media internet semuanya sudah mengandalkan password.

Maka dari itu, membuat password yang kuat sangatlah penting agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu gak mau kan layanan milikmu di internet diacak-acak oleh hacker seperti situs PegiPegi.com?

BACA JUGA

    Cara Membuat Password yang Anti Hacker

    Diklaim banyak celah keamanan, kelompok hacker h3ll_id membobol situs afiliasi PegiPegi.com. Gak mau kejadian ini menimpa kamu? Makanya kamu harus perhatikan cara menciptakan password yang kuat dan anti hacker berikut:

    1. Kombinasi Huruf, Angka, dan Karakter Khusus

    Alih-alih hanya menggunakan karakter berupa huruf atau angka saja dalam password, coba gunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus seperti @, %, ^, &, atau *. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari serangan hacker yang menggunakan "Dictionary Attack" atau menggunakan kata-kata di kamus untuk meretas password.

    Kenapa kombinasi ini harus digunakan? Karena huruf biasa hanya memiliki 26 karakter, sementara sebuah keyboard standar memiliki 95 huruf dan simbol yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kombinasi yang sulit.

    2. Kombinasi Upper dan Lower Case

    Bagi kamu yang sudah lama mengenal komputer, pasti sudah paham dengan istilah upper case dan lower case. Upper case adalah karakter huruf besar atau huruf kapital, sementara lower case adalah karakter huruf kecil.

    Nah, hampir sama dengan password yang menggunakan karakter khusus, dengan menggunakan huruf besar dan kecil di password maka hacker akan sulit menebaknya. Syaratnya kamu tidak menggunakan kombinasi ini dalam kata yang global.

    3. Lebih Panjang, Lebih Kuat

    Agar terhindar dari hacker yang berusaha meretas password akun milikmu, buatlah password yang panjang. Semakin panjang, semakin kuatlah password kamu. Amannya, buat password minimal 8 karakter dengan kombinasi khusus. Lebih ideal jika kamu bersahabat dengan password yang menggunakan 10 hingga 16 karakter.

    ADVERTISEMENT

    4. Jangan Gunakan Kata Bahasa Inggris

    Bagi kita yang tinggal di Indonesia, pasti berpikir bahwa teman-teman dekat tidak akan menduga jika password yang kita gunakan berbahasa Inggris. Tapi tidak demikian dengan para hacker. Kebanyakan hacker berasumsi bahwa passwod yang digunakan oleh pengguna internet adalah kata-kata bahasa Inggris, maka mereka menggunakan metode "Dictionary Attack" sebagai percobaan pertama.

    Nah, jika kamu menggunakan password seperti iloveyou, daretocare, atau kata lainnya, sudah pasti password kamu mudah ditebak. Jika pun mau menggunakan kata dalam bahasa Ingris, pastikan untuk tambahkan angka dan karakter khusus.

    5. Jangan Gunakan Nama dan Tanggal Lahir

    Hacker biasanya menggunakan informasi di sosial media untuk bahan percobaan meretas password. Kombinasi nama dan tanggal lahir adalah password yang sangat tidak tepat, karena hacker bisa dengan mudah menemukan tanggal lahir kamu di sosial media. Sebaiknya gunakan hal yang kamu sukai tapi tidak terlalu nampak dan sering kamu share di Facebook atau Twitter.

    6. Jangan Biarkan Browser Mengingat Password

    Setiap website menyediakan opsi remember password untuk memudahkan kamu saat log in ulang. Ini sangat berbahaya jika ada orang yang mampu masuk ke browser yang kamu gunakan. Belum lagi ada cara bagi hacker untuk mengendus dan meretas dengan memanfaatkan cache dan cookie yang ada di browser kamu.

    7. Beda Website, Beda Password

    Menurut penelitian, kabarnya 84% pengguna internet sangat mudah lupa password. Hal inilah yang mengakibatkan 21% orang menggunakan password yang sama untuk setiap website yang berbeda. Padahal dengan menggunakan password yang sama untuk keperluan berbeda sangat beresiko untuk kehilangan semuanya jika diserang hacker.

    Maka dari itu, selalu gunakan password yang berbeda untuk setiap layanan yang berbeda. Misal di Facebok dan Instagram boleh lah sama, tapi usahakan beda untuk emailnya. Apalagi untuk akun perbankan, gunakan password yang sama sekali belum pernah digunakan di akun sosial mediamu yang lain.

    8. Gunakan Password Manager

    Ingin log in ulang dengan mudah? Coba gunakan password manager seperti Dashlane Password Manager. Dengan Dashlane kamu bisa log in ulang dengan cepat dan aman karena semua password yang kamu simpan telah dienkripsi.

    Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
    Apps Productivity Dashlane
    DOWNLOAD

    Nah, itu dia langkah-langkah yang harus kamu perhatikan dalam membuat password. Bukan hanya membuatnya, tapi juga dalam menggunakannya.

    Jadi, apa kamu yakin password kamu sudah aman? Jika belum yakin, coba deh buat password yang lebih kuat dengan langkah yang Jaka berikan di atas.

    _Baca juga artikel seputar Pssword atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

    ARTIKEL TERKAIT

    10 Aplikasi Hacking Populer Untuk Menjebol Password Windows dan Website

    Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Terhubung di HP, Mudah!

    Cara Mengetahui Username dan Password Facebook Teman Secara Diam-diam

    APPS TERKAIT
    PasswordBook 2.0.0
    Apps Naresh Manandhar
    AppLock 3.0.7
    Apps DoMobile Lab
    Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
    Apps Dashlane
    LastPass: Free Password Manager 4.1.33
    Apps LastPass
    Kembali Keatas