Cara Membuat Google Drive + Link Share (Tutorial Lengkap)

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 03 April 2020, 16:00
Butuh tempat untuk menyimpan data pentingmu? Enggak perlu beli harddisk, Jaka akan kasih tahu cara membuat Google Drive!

Apakah kamu termasuk orang yang sering merasa pusing karena memori HP ataupun laptop kerap penuh?

Jika iya, kamu enggak sendirian. Banyak orang yang mengalami permasalahan serupa. Keterbatasan memori internal membuat kita tidak bisa menyimpan terlalu banyak file.

Lantas, apa solusinya? Enggak perlu beli HDD eksternal, kamu cukup menggunakan layanan Google Drive.

Maka dari itu, kali ini Jaka akan kasih kamu cara membuat Google Drive, baik di HP maupun di laptop!

Apa Itu Google Drive?

Kalau kamu belum pernah mendengarkan kata Google Drive, Jaka akan kasih penjelasan secara singkat mengenai layanan yang satu ini beserta fungsinya.

Sumber foto: Cara Membuat Google Drive(via Skyose)

Secara singkat, Google Drive adalah layanan penyimpanan online atau sering disebut sebagai layanan cloud.

Kamu bisa menyimpan data ataupun file milikmu hingga 15GB secara gratis di server milik Google. Kalau butuh kapasitas lebih, kamu bisa mendapatkannya dengan biaya tertentu.

ADVERTISEMENT

Layanan ini disebut sebagai Google One. Selain kapasitas penyimpanan yang lebih besar, banyak fitur tambahan yang akan kamu dapatkan.

Di bawah ini, Jaka kasih daftar harganya:

Kapasitas Harga
15GB Gratis
100GB Rp26.900/bulan

Rp269.000/tahun
200GB Rp43.000/bulan

Rp430.000/tahun
2TB Rp135.000/bulan

Rp1.350.000/tahun
10TB Rp1.350.000/bulan
20TB Rp2.000.000/bulan
30TB Rp3.900.000/bulan

Fungsi Google Drive

Fungsi utama dari Google Drive adalah untuk menyimpan file secara online. Dengan demikian, file yang kamu miliki tidak akan mengurangi kapasitas penyimpanan perangkatmu.

Kamu bisa menyimpan berbagai file, mulai dari foto, video, file presentasi, aplikasi, dan lain sebagainya. Untuk masalah keamanan, Google menjamin kerahasiaan filemu.

Enggak cuma itu, Google Drive masih beberapa fungsi yang jarang diketahui seperti:

Cara Membuat Google Drive

Nah, setelah mengetahui apa itu Google Drive beserta fungsinya, pasti kamu ingin segera punya Google Drive, kan?

Jangan khawatir, di bawah ini Jaka akan kasih tahu cara membuat Google Drive baik di HP maupun laptop!

Cara Membuat Google Drive di HP

Sebenarnya cara membuat Google Drive di HP sangat mudah. Kamu hanya perlu memiliki alamat email agar bisa menggunakan layanan ini secara gratis.

Kalau kamu mencari cara membuat Google Drive di iPhone, kurang lebih sama kok caranya, geng!

Langkah 1 Buat Alamat Gmail

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki alamat Gmail terlebih dahulu. Kalau kamu enggak tahu gimana cara bikin Gmail, baca artikel Jaka yang ada di bawah ini!

Cara Membuat EMail Gmail Di PC Dan HP | Gampang, Gak Pake Ribet!
Hari gini belum punya email? Yuk, simak cara daftar dan membuat Gmail di HP maupun di PC kamu. Gampang dan gratis, kok!
LIHAT ARTIKEL

Langkah 2 Download Aplikasi Gmail

Setelah kamu menyelesaikan proses pembuatan akun Gmail, pastikan kamu sudah memiliki aplikasinya di perangkat Android-mu.

Biasanya, aplikasi Gmail akan terpasang secara otomatis di HP. Tapi kalau kamu enggak nemu aplikasinya, kamu bisa download melalui tautan di bawah ini!

Gmail 2020.02.16.297705979
Apps Social & Messaging Google
DOWNLOAD

Langkah 3 Download Aplikasi Drive

Sama seperti Gmail, aplikasi Drive biasanya telah terinstall secara otomatis. Kalau enggak ada, kamu bisa download aplikasinya di bawah ini.

Google Drive for Android 2.20.101.09.40
Apps Office & Business Tools Google
DOWNLOAD

Langkah 4 Login ke Aplikasi Drive

Kalau tiga langkah sebelumnya sudah dilakukan, kamu tinggal login ke aplikasi Drive dengan memasukkan alamat Gmail dan password.

Kamu akan otomatis memiliki Drive dengan kapasitas sebesar 15GB. Untuk menambahkan file melalui HP, kamu tinggal menekan tombol (+) yang ada di sudut kanan bawah. Silakan dinikmati!

Cara Membuat Google Drive di Laptop

Gimana caranya kalau kamu mau tahu cara membuat Google Drive di laptop? Caranya sama kok, bedanya kamu perlu mengunjungi situs resminya.

Kalau kamu sudah memiliki akun Gmail, buka situs drive.google.com. Masukkan alamat Gmail dan passwordnya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi desktopnya yang bisa kamu download di bawah ini:

Google Drive 1.31.2755.2156
Apps Downloader & Plugin Google
DOWNLOAD

Setelah itu, kamu bisa mengunggah filemu dengan menekan tombol (+) yang ada di sudut kanan bawah atau tinggal drag and drop.

Cara Membuat Google Drive Sharing

Google Drive sering dimanfaatkan untuk berbagi file ke orang lain dengan mudah. Masalahnya, enggak semua orang tahu caranya.

Tapi tenang, Jaka akan kasih tahu cara-cara mudahnya agar kamu bisa berbagi link dengan orang lain menggunakan Google Drive!

Langkah 1 Masuk ke Drive

Pertama, kamu harus login ke akun Drivemu terlebih dahulu. Setelah itu, pilih file yang ingin kamu bagikan ke orang lain.

Langkah 2 - Dapatkan Link yang Dapat Dibagikan

Klik kanan file yang ingin kamu bagikan. Pilih Get shareable link. Bisa juga dengan cara menekan tombolnya yang terletak di bagian kanan atas.

Kalau dari HP, ketuk ikon tiga titik pada file yang ingin kamu bagikan lalu pilih Link Sharing Off untuk mengaktifkannya.

Itu merupakan cara membuat link Google Drive agar bisa dilihat oleh orang lain, geng. Setelah mendapatkan linknya, bagikan ke orang-orang yang membutuhkannya.

Akhir Kata

Itulah tadi cara membuat Google Drive baik di HP maupun laptop. Caranya gampang banget karena kamu hanya perlu membuat akun Gmail.

Memanfaatkan penyimpanan file di cloud sudah lumrah di zaman sekarang. Enggak cuma Google, perusahaan lain seperti Microsoft, Apple, atau Amazon pun memilikinya.

Ada tutorial lain yang ingin kamu ketahui? Enggak usah sungkan, tulis aja di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Google atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Prima Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Install Extension Google Chrome, Lengkap Dari Awal Sampai Akhir!

Kembali Keatas