Cara Main RP di Telegram untuk Pemula dengan Mudah | Anti Bingung!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 03 February 2021, 13:30
Bingung gimana cara main RP di Telegram buat pemula? Nih, Jaka kasih panduan beserta istilah yang ada di RP, biar kamu gak bingung!

Apakah kamu sedang mencari cara main RP di telegram buat pemula? Tenang! Di sini Jaka akan berikan penjelasannya lengkap dengan istilahnya.

Permainan Role Play atau yang akrab dikenal dengan permainan RP sedang naik daun di kalangan remaja saat ini.

Permainan seperti apakah itu? Permainan RP ini memungkinkan kamu bermain peran sesuai dengan karakter idola atau anime favoritmu. Daripada penasaran, yuk, langsung simak panduan cara bermain RP di Telegram berikut!

Bermain peran memang mengasyikkan sedari dulu. Kita diajak seolah-olah menjadi orang yang kita mainkan perannya. Apalagi bila kita bermain peran sesuai dengan idola kita. Rasanya, ah mantap!

Permainan tersebut biasa dilakukan melalui aplikasi media sosial seperti Line, Instagram, atau pun WhatsApp.

Nah, sekarang yang sedang populer adalah permainan RP di Telegram. Penasaran dengan apa sih permainan tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Apa itu RP di Telegram?

RP atau RolePlay adalah sebuah permainan peran sebagai artis, idol atau tokoh terkenal yang disukai lewat aplikasi Telegram.

ADVERTISEMENT

Tokoh yang biasanya dijadikan RP adalah artis Asia seperti Korea, Thai, Western, atau pun Indonesia, walau belakangan lebih banyak dipakai untuk artis K-Pop.

Cara bermainnya menggunakan tulisan untuk setiap gerakan atau kegiatan yang dilakukan oleh sang tokoh, atau biasanya disebut dengan istilah imagine/imejin.

Untuk menuliskan kegiatan atau gerakannya biasanya diawali dengan garis miring seperti berikut ini:

Sudah macam bikin skenario aja, ya? Sampai di sini masih penasaran dengan RP? Yuk, lanjut bacanya!

Cara Main RP di Telegram Buat Pemula

Sebelum memainkannya, Jaka bagikan dulu peraturan dasar memainkan RP, yakni nggak boleh mengungkapkan identitas asli selama menggunakan akun tersebut.

Jika kamu entah sengaja atau nggak sengaja mengungkapkan identitas asli, biasanya kamu bakal langsung diblock. Maka dari itu, perhatikan baik-baik panduan Jaka di bawah ini.

Berikut cara bermain RP di Telegram buat pemula:

  1. Buat akun di Telegram dengan nomor HP kamu yang masih aktif.
  2. Login dengan akun yang telah dibuat.
  3. Ganti username sesuai yang kamu inginkan.
  4. Ubah foto profil kamu sesuai dengan tokoh atau idola kamu.
  5. Cari grup promote dengan mengetikkan 'roleplay promote' di pencarian.
  6. Klik bergabung dan klik menu diskusi.
  7. Promosikan akun kamu dengan cara mengetikkan "/pict (nama tokoh yang dicharakan) Di tap yuk, need Kaka @username (masukkan username) #rppasia (gunakan hashtag yang relevan)".
  8. Tunggu sampai ada yang mengirimkan pesan ke akun Telegram kamu.
  9. Selamat main RP dan kamu bebas ngobrol apapun dengan lawan RP kamu.

Cukup mudah bukan? Kalau ingin cepat, kamu bisa langsung berkenalan dengan channel yang dipromosikan di channel role play promote.

Istilah-Istilah dalam RP Telegram

Sebelum kamu tahu cara main RP di Telegram buat pemula, ada baiknya kamu tahu istilah RP yang ada di telegram, biar tidak bingung. Inilah istilah RP yang biasa digunakan:

Bonus: Mengenal Aplikasi Telegram

Telegram merupakan aplikasi chatting yang hampir mirip dengan WhatsApp. Penggunanya cukup registrasi dengan memasukkan nomor HP saja dan mengisi username untuk bisa berkirim pesan dengan yang lainnya.

Kalau kamu sudah menyimpan kontak seseorang dan orang tersebut juga memiliki Telegram, maka kamu bisa langsung cari nama kontak orang itu di aplikasi Telegram.

Kelebihan Telegram dibanding aplikasi perpesanan lainnya memiliki banyak fitur menarik, contohnya adalah berbagi file dalam ukuran yang besar.

Aplikasi Telegram ini sangat populer lho, terbukti sudah diunduh lebih dari 500 juta kali. Buat yang belum punya aplikasi Telegram, kamu bisa download di sini.

Telegram for Android 7.1.3
Apps Social & Messaging Telegram LLC
DOWNLOAD

Jika ingin tahu lebih lengkap mengenai aplikasi ini, kamu bisa membaca artikel Jaka yang berjudul Cara Menggunakan Telegram untuk HP, PC, dan Web.

Akhir Kata

Sebenarnya simpel cara main RP di Telegram. Kamu bisa menemukan teman, keluarga, atau bahkan pasangan dari belahan dunia mana pun. Tertarik mencoba?

Baca juga artikel seputar Tech Hack menarik lainnya dari Nabila Ghaida Zia.

ARTIKEL TERKAIT

Berkat Indonesia, Telegram Blokir Semua Channel Teroris!

Cara Download Film di Telegram | Untuk iPhone, Android, dan Laptop

Kembali Keatas