Gak Mau Ketinggalan? Ini 4 Aplikasi Terbaik Untuk Saksikan Gerhana Matahari

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 22 August 2017, 19:30
Jaka punya solusi untuk kamu yang ingin menyaksikan gerhana matahari total. Ada empat aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyaksikan peristiwa alam tersebut. Dijamin, kamu gak perlu keluar biaya mahal ke Amerika untuk menyaksikannya.

Peristiwa alam yang terbilang langka atau jarang terjadi tak lama lagi akan berlangsung. Malam hari di tanggal 21 Agustus 2017 waktu Amerika Serikat, gerhana matahari total akan menutupi seluruh wilayah Negeri Paman Sam tersebut. Sayangnya, kita di Indonesia tak bisa menyaksikan peristiwa itu secara langsung.

Namun kamu tak perlu khawatir. Jaka punya solusi untuk kamu yang ingin menyaksikan peristiwa alam ini. Ada empat aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyaksikan gerhana matahari total. Aplikasi apa saja? Benarkah bisa menyaksikan peristiwa langka hanya dengan aplikasi? Langsung saja simak di bawah ini.

BACA JUGA
  • Keren! Nama Resmi Android O Rilis Bareng Gerhana Matahari
  • Kapan dan Di mana Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin di Indonesia?

Aplikasi Terbaik Untuk Saksikan Gerhana Matahari

Sumber foto: Sumber: Corvallis

Berikut ini empat aplikasi terbaik untuk kamu bisa menyaksikan peristiwa gerhana matahari total tanpa harus repot-repot dan mengeluarkan biaya mahal untuk berangkat ke Amerika Serikat. Keempat aplikasi di bawah ini tersedia baik untuk pengguna Android maupun iOS. Berikut ini keempat aplikasinya:

1. Solar Eclipse by Redshift

Aplikasi ini menyediakan simulasi peristiwa gerhana matahari total dengan empat perspektif berbeda yaitu pemandangan dari matahari, dari lokasi terbaik atau terstrategis, lokasi terkini pengguna, dan pemandangan berdasarkan map.

Selain untuk menlihat gerhana dari berbagai sudut pandang, simulasi tersebut memungkinkan kita menentukan lokasi atau spot terbaik jika memang ingin menyaksikan gerhana matahari total secara langsung.

2. Smithsonian Eclipse 2017

Tempat kita berbeda jauh dari jangkauan gerhana matahari total? Seperti yang kita alami di Indonesia kini, aplikasi ini membuat penggunanya mampu tetap menyaksikan peristiwa alam tersebut dengan live streaming melalui channel yang berasal dari NASA.

Selain itu, aplikasi ini akan memberi informasi detil terkait gerhana yang terjadi seperti berapa persen gerhana yang bisa disaksikan dari lokasi tertentu, prediksi cuaca saat peristiwa berlangsung, hingga map interaktif.

Instal: Smithsonian Eclipse 2017

ADVERTISEMENT

3. Total Solar Eclipse

Aplikasi ini hingga lima channel streaming untuk penggunanya menyaksikan peristiwa gerhana matahari total. Lima channel itu berasal dari eksploratorium NASA, eksploratorium asal Spanyol, teleskop besar masing-masing di Oregon dan Wyoming, serta satu lagi berasal dari Kronos Quartet.

Selain menyaksikan peristiwanya, aplikasi ini juga menyediakan video informasi terkait gerhana yang sedang terjadi. Tak ketinggalan, pengguna bisa menyaksikan peristiwa gerhana yang sudah terjadi dengan menyaksikan highlightnya.

Instal: Total Solar Eclipse

4. Solar Eclipse Timer

Khusus untuk kamu yang memang berniat menuju lokasi tempat terjadinya gerhana matahari total, maka aplikasi ini dipastikan akan sangat membantu kamu. Fitur yang mampu memperhitungkan waktu persis kejadian dan mengukurnya dengan jarak tempuh kita menuju lokasi membuat kita dapat menyaksikan peristiwa tersebut tepat pada waktunya.

Cukup dengan menekan opsi "Check Position" kemudian dilanjutkan dengan menekan "Get My Location", maka kit akan dituntun untuk tiba di lokasi paling strategis guna menyaksikan gerhana matahari total berlangsung.

Instal: Solar Eclipse Timer

Akhir Kata

Itulah empat aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menyaksikan gerhana matahari total. Jadi, kamu tak perlu lagi takut ketinggalan menyaksikan peristiwa langka satu ini. Bahkan, kini kamu bisa menyaksikannya kapan saja. Selamat mencoba dan rasakan pengalaman seru menyaksikan gerhana matahari total.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Merchants of Space 1.0.4
Games POSSIBLE Games
Titans of Space Cardboard VR 1.1c
Apps DrashVR LLC
Google Earth 8.0.1.2310
Apps Google
Google Earth Pro 7.1
Apps Google Inc.
Kembali Keatas