Program Indonesia Pintar Berhasil Bantu 19,2 Juta Siswa Indonesia!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 09 Juni 2017, 12:45
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyalurkan bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar tahun 2016 kepada 19,2 juta siswa Indonesia dari keluarga miskin dan rentan miskin

Pemerintah Indonesia kembali tunjukkan perhatiannya terhadap pendidikan bangsa! Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2016 telah disalurkan kepada 19,2 juta siswa Indonesia dari keluarga miskin dan rentan miskin. Penerima manfaat PIP 2016 adalah siswa dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Tujuannya apa? Tentu saja untuk membantu anak usia sekolah dari keluarga miskin melanjutkan sekolah hingga lulus jenjang pendidikan menengah, serta membantu anak-anak yang putus sekolah kembali bersekolah.

Kebayang kan seperti apa manfaat yang bisa dirasakan?

BACA JUGA
  • Siswa di Sekolah Ini Wajib pake iPad! Aneh-aneh Aja Deh 4 Sekolah Ini
  • 5 Kebohongan Ini Diajarkan Saat Sekolah, Termasuk Indonesia
  • 8 Hukuman Sekolah Paling Kejam Dari Seluruh Dunia

Program Indonesia Pintar Berhasil Bantu 19,2 Juta Siswa Indonesia

Prioritas penerima manfaat PIP yang dijelaskan dalam Peraturan Bersama adalah peserta didik berusia 6 sampai dengan 21 tahun yang memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) berasal dari keluarga miskin/rentan, miskin, dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta didik yang berstatus yatim piatu/ yatim/ piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan.

Nggak cuma itu, penerima PIP dapat pula para peserta didik yang terkena dampak bencana alam, peserta didik inklusi, korban musibah, dari orang tua PHK, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, dan sebagainya.

Selain Aplikasi Office Ini 5 Aplikasi Android yang Wajib Dimiliki Mahasiswa
mahasiswa merupakan kalangan pelajar yang bisa dibilang selalu membutuhkan informasi untuk menambah pengetahuan mereka. Tentu saja belajar mandiri merupakan salah satu kegiatan wajib yang sulit sekali dilakukan oleh para mahasiswa mengingat
LIHAT ARTIKEL

Pencairan dana manfaat PIP dilakukan oleh peserta didik/penerima kuasa di bank/ lembaga penyalur dengan ketentuan bahwa sebelum proses tersebut dilakukan, peserta didik harus melakukan aktivasi rekening tabungan dan membawa surat keterangan Kepala Sekolah/ Ketua Lembaga, dan salah satu identitas pengenal.

Setelah aktivasi, dana PIP dapat langsung dicairkan oleh peserta didik penerima. Pengambilan dana PIP dapat dilakukan langsung oleh peserta didik, atau dengan cara kolektif oleh Kepala Sekolah/ketua Lembaga/ pihak terkait lainnya dengan membawa dokumen pendukung.

Pemanfaatan dana PIP ditujukan untuk membantu biaya pribadi peserta didik agar terus melanjutkan pendidikannya sampai tingkat menengah. Dana tersebut bisa digunakan untuk membeli buku, alat tulis, seragam sekolah, biaya kursus, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.

ADVERTISEMENT

Jangan lupa ya, pendidikan harus menjadi salah satu prirotas bagi setiap anak di Indonesia!

Baca juga artikel seputar pendidikan atau tulisan dari Grace Fika Hanna lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

15 Aplikasi yang Bikin Boros Baterai, Nomor 6 Kita Pakai Setiap Hari!

10 Ponsel Unik yang Pernah Dibuat Nokia, yang Mana Milikmu?

6 Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Selalu Mahal

Hobi Nonton? Ini 5 Situs Untuk Mencari Rekomendasi Film Terbaik

Digaji Tinggi, 6 Pekerjaan ini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone!

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
undefined
Kembali Keatas