12 Aplikasi Stem Gitar Android & PC Terbaik 2020, Anti Fals!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 29 September 2020, 16:30
Aplikasi stem gitar terbaik untuk HP Android dan PC/laptop, dijamin anti fals dan bikin syahdu para pendengarnya!

Kamu wajib punya Aplikasi stem gitar terbaik sebelum kamu nyanti lagu pop Indonesia terbaik! Kenapa? Karena bisa membuat sumbang atau fals gitar kamu hilang!

Sebelumnya pasti kamu harus melakukan stem alias tuning untuk mendapatkan nada yang pas. Tapi jangan cuma mengandalkan feeling kamu saja.

Padahal buat kamu yang masih pemula, ada beberapa aplikasi stem gitar terbaik yang dijamin akurat. Ada apa saja, ya? Simak selengkapnya dalam artikel ini ya, geng!

Aplikasi Stem Gitar Terbaik 2020

Sumber foto: unsplash.com

Di smartphone khususnya Android bahkan PC/laptop kamu ada beberapa aplikasi yang cukup berguna untuk stem atau tuning gitar. Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal menyamakan nada dari masing-masing senar di aplikasi tersebut loh.

Ini sangat membantu jika kamu ingin bermain sambil mendengarkan lagu-lagu dari aplikasi musik online terbaik.

Nah buat bahan pertimbangan kamu, kini Jaka bakal mengulas sekaligus membagikan link download kumpulan aplikasi stem gitar, baik untuk HP Android maupun PC nih. Check it out!

Aplikasi Stem Gitar untuk HP Android

Pertama-tama, Jaka mau kasih tahu kamu aplikasi penyetel gitar terbaik yang bisa kamu gunakan di HP Android. Berbekal akses mikrofon, aplikasi berikut bakal memberikanmu petunjuk nada agar suara gitar nggak fals.

ADVERTISEMENT

1. Tuner - gStrings

Pertama ada aplikasi gStrings Tuner yang dikembangkan oleh cohortor.org untuk android. Aplikasi ini mempunyai segudang fitur menarik, terutama buat kamu yang berprofesi sebagai musisi.

Selain untuk menyetem gitar, salah satu kelebihan aplikasi ini bisa melakukan tuning pada beberapa alat musik lain, seperti biola, bass, piano, alat musik tiup, dan masih banyak lagi.

Dengan tampilan UI yang sederhana, lalu pilihan tuning yang bermacam-macam, pastinya menarik banget. Langsung saja download aplikasi guitar tuner satu ini di HP kamu, geng!

Detail Tuner - gStrings
Developer cohortor.org
OS Minimal Android 4.1+
Ukuran 2.4MB
Rating 4.5/5 (Google Play)

10/10 (APKPure)

Download Tuner - sStrings via Google Play Store

2. PitchLab Guiter Tuner (Lite)

Aplikasi tuner gitar yang satu ini lebih mengedepankan visualnya dengan pilihan beberapa mode tampilan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Fiturnya sendiri juga banyak, seperti matriks chord, tahapan tuner, tuner polifonik, spectogram, dan masih banyak yang lainnya geng.

Sesuai namanya, PitchLab Guiter Tuner bakal memberikan panduan setelan gitar yang akurat dan membantumu dalam bermain gitar.

Kelebihannya, UI nya sangat mudah dimengerti dengan berbagai tampilan, lengkap dengan pilihan mode gitar baik akustik maupun elektrik. Yuk segera download aplikasi stem gitar untuk HP ini!

Detail PitchLab Guiter Tuner (Lite)
Developer PitchLab App
OS Minimal Android 4.1+
Ukuran 1MB
Rating 4.5/5 (Google Play)

9.5/10 (APKPure)

Download di sini:

PitchLab Guitar Tuner (LITE) 1.0.21
Apps Video & Audio PitchLabApp
DOWNLOAD

3. GuitarTuna - Guitar Tuner Free (Paling Populer)

Selain mempunyai tampilan yang sederhana dan menarik, aplikasi stem gitar, GuitarTuna juga mempunyai fitur 'profesional' yang cocok buat kamu yang serius di bidang musik.

Metronom, kumpulan chord gitar bahkan mini-games sekalipun ada semua di aplikasi keluaran Yousician ini. Pantas aja aplikasi stem gitar ini disebut paling populer di dunia.

Nggak perlu merogoh kocek untuk memiliki aplikasi Android keren yang satu ini, karena GuitarTuna dijamin gratis.

Detail GuitarTuna - Guitar Tuner Free
Developer Yousician Ltd
OS Minimal Android 4.4+
Ukuran 54.8MB
Rating 4.8/5 (Google Play)

9.9/10 (APKPure)

Download GuitarTuna via Google Play Store

4. Chromatic Guitar Tuner

Untuk para pemula, aplikasi Chromatic Guitar Tuner ini sangatlah cocok untukmu karena mempunyai interface dan cara pakai yang sangat sederhana.

User Interface Chromatic Guitar Tuner cukup mudah dipahami oleh pemula. Selain itu desainnya juga unik dan memanjakan mata.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat men-stem beberapa alat musik sekaligus, mulai dari bass, banjo, biola dan ukulele. Asyik kan, kamu bisa menggunakan aplikasi ini buat stem gitar ukulele senar 6.

Detail Chromatic Guitar Tuner
Developer Gismart
OS Minimal Android 4.0.3+
Ukuran:** 19.6MB
Rating:** 4.5/5 (Google Play)

9.5/10 (APKPure)

Download Chromatic Guitar Tuner via Google Play Store

5. Cifra Club Tuner

Aplikasi stem gitar Android buatan Studio Sol ini mungkin menjadi aplikasi tuning gitar paling sederhana yang ada.

Ukurannya yang ringan dan spesifikasi yang rendah bikin stem gitar APK ini bisa digunakan di HP Android kentang sekalipun.

Selain dapat digunakan untuk stem gitar, Cifra Club Tuner juga bisa stem untuk bass, bonjo, dan ukulele. Pokoknya lengkap untuk berbagai alat musik petik deh.

Detail Cifra Club Tuner
Developer Studio Sol
OS Minimal Android 4.1+
Ukuran 10.1MB
Rating 4.4/5 (Google Play)

-/10 (APKPure)

Download Cifra Club Tuner via Google Play Store

6. Cleartune Chromatic Tuner

Cleartune Chromatic Tuner sebenarnya adalah aplikasi gitar stem yang mempunyai cara kerja sederhana.

Selain gitar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk segala alat musik gesek dan petik lainnya. Multifungsi banget, deh.

Sayangnya aplikasi stem gitar ini hanya dapat bekerja dengan baik di smartphone dengan layar berukuran di atas 4 inci saja. Jadi pastikan HP Android kamu sudah mendukung ya!

Detail Cleartune Chromatic Tuner
Developer Bitcount. Ltd
OS Minimal Android 4.1+
Ukuran -MB
Rating 4.3/5 (Google Play)

-/10 (APKPure)

Download Cleartune Chromatic Tuner via Google Play Store

7. DaTuner (Paling Ringan & Futuristik)

Aplikasi stem gitar HP yang satu ini memiliki tampilan yang terlihat kompleks, namun tetap sederhana dan ringan untuk kamu gunakan.

User interface DaTuner terlihat futuristik namun tetap mudah digunakan untuk pemula. DaTuner juga akan menunjukkan indikasi ketika stem-an gitar kamu sudah tepat.

Jadi aplikasi ini cocok banget digunakan oleh pemula dan profesional. Meskipun begitu, akurasi dari aplikasi ini masih harus diperbaiki karena kadang-kadang missed.

Detail DaTuner
Developer Applaud Apps
OS Minimal Android 2.3.2+
Rating 4.4/5 (Google Play)

7.4/10 (APKPure)

Download DaTuner via Google Play Store

8. Pano Tuner - Chromatic Tuner

Pano Tuner - Chromatic Tuner adalah aplikai chromatic tuner yang menawarkan jangkauan pitch sensor yang cukup luas.

Sang developer, Kaleloft LLC juga mengklaim kalo aplikasi ini mempunyai kecepatan dan sensivitas yang tinggi lohm jadi sudah terjamin akurat.

Selain itu, desainnya yang retro bikin aplikasi ini makin menarik. Wajib banget buat dicoba nih, apalagi kalau kamu mau memainkannya sambil membuka aplikasi lirik lagu Android terbaik.

Detail Pano Tuner
Developer Keleloft LLC
OS Minimal Android 2.3.2+
Ukuran 6.9MB
Rating 4.6/5 (Google Play)

10/10 (APKPure)

Download Pano Tuner - Chromatic Tuner via Google Play Store

9. Pro Guitar Tuner

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menawarkan fitur yang ditujukan untuk para gitaris profesional yang sudah punya jam terbang tinggi.

Pro Guitar Tuner sendiri mempunyai fitur seperti memilih tuning dengan berbagai cara, dan mempunyai fitur untuk menunjukkan bunyi dari suatu kunci.

Pro Guitar Tuner punya beragam setelan gitar yang bisa disesuaikan dengan lagu-lagu yang ingin kamu mainkan.

Detail Pro Guitar Tuner
OS Minimal Android 4.1+
Ukuran 12.0MB
Rating 4.5/5 (Google Play)

-/10 (APKPure)

Download Pro Guitar Tuner via Google Play Store

10. Smart Chords and Tools

Smart Chords and Tools mempunyai fitur segudang, seperti menyediakan 200 chords, 200 predefined tunings, dan banyak fitur lainnya yang dibuat oleh para ahli gitar.

Selain untuk tuning, aplikasi ini juga bakal bikin kamu makin pintar main gitar. Ada panduan kunci gitar supaya kamu bisa melancarkan permainanmu.

Kalau sudah tuning, jangan lupa belajar berbagai kunci gitar juga ya biar kemampuanmu dalam bermusik makin matang dan jago.

Detail DaTuner
Developer s.mart Music Lab
OS Minimal Android 4.0+
Ukuran 6.1MB
Rating 4.7/5 (Google Play)

10/10 (APKPure)

Download Smart Chords and Tools via Google Play Store

Aplikasi Stem Gitar PC/Laptop Terbaik

Nah, kalau kamu pengen cari aplikasi stem gitar khusus untuk PC/Laptop, Jaka juga punya rekomendasinya, kok. Simak di bawah ini ya, geng!

1. AP Guitar Tuner

Punya tampilan yang tergolong cukup sederhana, AP Guitar Tuner bisa dengan mudah digunakan untuk men-stem gitar yang kamu miliki.

Aplikasi yang mendukung berbagai OS Windows ini dapat kamu gunakan berbekal mic internal PC/laptop kamu.

Namun untuk hasil lebih maksimal, ada baiknya menggunakan mic eksternal, geng. Hal ini berfungsi agar performa suara yang keluar lebih optimal.

Download AP Guitar Tuner di sini...

AP Guitar Tuner 11
Apps Musik
DOWNLOAD

2. Pitch Perfect Musical Instrument

Untuk hasil yang lebih perfect, kamu bisa menggunakan aplikasi stem gitar PC bernama Pitch Perfect Musical Instrument demi hasil yang lebih akurat.

Namun sebelum menggunakan software yang satu ini, pastikan dulu kamu memiliki hardware yang cukup, seperti mic eksternal contohnya geng.

Kenapa? Semua ini demi tangkapan suara yang lebih baik, khususnya membantu kamu dalam memainkan gitar dengan lebih baik tanpa fals sama sekali.

Download Pith Perfect Musical Instrument di sini...

Pitch Perfect Musical Instrument 3.12
Apps Musik
DOWNLOAD

Rekomendasi Aplikasi Musik Online & Online Terbaik 2020

Sumber foto: pixabay.com

Setelah gitar kamu sudah di-tuning dengan baik, saatnya memilih lagu Barat romantis yang mau dinyanyikan bareng pasangan pas malam Minggu nih.

Kamu pun bisa browsing berbagai lagu melalui beberapa rekomendasi aplikasi musik berikut. Ada yang online maupun offline loh, jadi hemat kuota kan?

20 Aplikasi Musik Online & Offline Terbaik (Update 2020)
Download aplikasi musik terbaik 2023 di sini. Dengarkan lagu favoritmu secara online dengan beragam fitur keren. Bisa download offline juga, loh!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah itulah rekomendasi aplikasi stem gitar terbaik untuk HP Android dan PC/laptop. Dijamin setelah menggunakan aplikasi ini, suara gitar kamu makin tambah merdu deh!

Lalu manakah yang jadi pilihan kamu nih? Yuk share pada kolom komentar di bawah dan jangan ragu buat langsung di-download saja ya guys.

Baca juga artikel seputar Musik atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

10 Aplikasi Kunci Gitar di Android Terlengkap + Liriknya

10 Aplikasi Nada Dering Terbaik dan Terbaru 2022, 100% Gratis!

Kembali Keatas