10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint Gratis, Online & Offline

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 03 May 2020, 18:00
Mau bikin presentasi keren selain pakai software PowerPoint? Nah, berikut ada rekomendasi aplikasi presentasi gratis untuk PC dan Android kamu.

Bosan dengan fitur presentasi yang ada pada aplikasi PowerPoint buatan Microsoft? Sedang mencari-cari alternatif penggantinya?

Meskipun jadi salah satu produk Microsoft yang paling banyak digunakan saat ini, namun ada kalanya kamu merasa bosan karena terus menerus menggunakannya.

Apalagi, kalau semua fitur sudah kamu jelajahi, mencari pengganti aplikasi PPT pun seperti menjadi sebuah solusi yang terdengar menarik.

Oleh karena itu, kali ini Jaka bakal bahaa beberapa aplikasi presentasi selain PowerPoint yang bisa kamu gunakan secara gratis dan menawarkan berbagai fitur keren.

Penasaran apa saja daftarnya? Berikut adalah daftar aplikasi presentasi terbaik alternatif Ms. PowerPoint, khususnya untuk PC/laptop dan HP Android kamu.

Rekomendasi Aplikasi Presentasi Gratis, Bisa Online & Offline

PowerPoint memang menjadi salah satu software presentasi yang diandalkan oleh banyak kalangan, terutama untuk urusan pendidikan hingga pekerjaan sekalipun.

Namun di samping aplikasi tersebut, ada pula beberapa alternatif software PowerPoint lain yang menawarkan fitur serupa bahkan lebih keren. Makin penasaran, kan? Makanya simak yuk!

ADVERTISEMENT

Kumpulan Aplikasi Presentasi di PC atau Laptop

Aplikasi presentasi untuk Windows, MacOS hingga Linux ini selain bisa kamu pakai secara offline, ada juga yang bisa kamu gunakan secara online loh. Jadi nggak perlu ribet install software deh!

1. Libre Office - Impress Presentation (Alternatif software PowerPoint PC terbaik)

Sumber foto: LibreOffice (Sudah download aplikasi PowerPoint untuk laptop tapi masih kurang? Coba saja download Libre Office).

Selain dari Microsoft Office, ada pula aplikasi office lainnya yang bisa kamu andalkan, yakni Libre Office. Software ini juga menyediakan aplikasi presentasi di laptop bernama Impress Presentation.

Selain diperuntukkan untuk laptop Windows, Libre Office bakal lebih optimal digunakan pada sistem operasi Linux.

Ditambah lagi software ini gratis dan open source, namun tetap dapat menghadirkan user interface yang bersih dan fitur yang mendukung produktivitas kamu, geng.

Download di sini: Libre Office - Impress Presentation

2. Prezi

Sumber foto: prezi.com

Untuk kamu yang membutuhkan presentasi keren dengan animasi zoom in - zoom out, kamu juga bisa memanfaatkan software Prezi yang bisa kamu gunakan langsung dari aplikasi browser.

Aplikasi presentasi online ini menyediakan berbagai template menarik, pasti bakal membuat audience kamu kagum dengan animasi yang diberikan.

Selain bisa digunakan secara online, untuk melakukan presentasi kamu juga bisa mengunduhnya dan menggunakannya secara offline loh.

Jadi, buat kamu yang mungkin sudah bosan setelah download aplikasi PowerPoint untuk laptop, kamu bisa download Prezi sebagai penggantinya, geng.

Download di sini: Prezi Portable Classic

Aplikasi Presentasi PC Lainnya...

3. Focusky Offline Presentation

Sumber foto: Focusky

Sesuai dengan namanya, Focusky Offline Presentation merupakan aplikasi presentasi offline yang digunakan untuk membuat presentasi animasi yang menarik dan interaktif.

Dengan berbagai template dalam bentuk unik, cara kerja Focusky terbilang cukup mudah. Kamu tinggal click and drag elemen yang hendak kamu gunakan dalam presentasi.

Tentunya aplikasi presentasi 3D ini sangat cocok buat kamu yang hendak atraktif saat presentasi di depan ruangan, geng. Buat alternatif aplikasi PowerPoint juga oke banget nih!

Download di sini: Focusky Offline Presentation

4. Visme

Sumber foto: Visme

Kemudian ada Visme, yang nggak hanya sekadar untuk membuat dan menampilkan presentasi saja, melainkan juga bisa kamu gunakan untuk membuat infografis, visual data dan sebagainya.

Bisa diakses secara online, aplikasi ini dikemas dengan berbagai template background HD, elemen dan jenis font yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Untuk kebutuhan presentasi, Visme juga memberi keleluasaan untuk membagikan secara online atau unduh untuk presentasi secara offline.

Download di sini: Visme

5. SlideDog

Sumber foto: Routes to finance

Alternatif aplikasi PowerPoint lainnya yang nggak kalah keren adalah SlideDog.

Menariknya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengkombinasikan beberapa format media berbeda seperti file PowerPoint, PDF, Word, Excel, hingga Prezi ke dalam satu desain presentasi.

SlideDog juga menawarkan fitur real-time sharing di mana kamu bisa mengontrol presentasi dari jarak jauh lewat smartphone kamu.

Buat kamu yang mau aplikasi presentasi all-in-one, SlideDog pas banget untuk alternatif pengganti software PowerPoint.

Download di sini: SlideDog

Kumpulan Aplikasi Presentasi di HP Android

Dibandingkan laptop, perangkat smartphone tentunya jauh lebih praktis dan ringan untuk kamu bawa kemana-mana.

Dengan begitu, membuat atau mengedit slideshow presentasi pun bakal lebih gampang dan bisa dilakukan di mana saja, bahkan jika kamu sedang berada di dalam mobil sekalipun.

Nah, oleh karena itu, kali ini Jaka juga bakal bahas beberapa alternatif aplikasi PowerPoint untuk Android yang bisa kamu gunakan.

Selain itu, ada juga aplikasi agar HP Android kamu bisa dimanfaatkan sebagai remote berbekal koneksi Bluetooth maupun WiFi.

1. Google Slide (Alternatif aplikasi PowerPoint Android terbaik)

Sumber foto: Google Play (Mau download alternatif aplikasi PowerPoint Android terbaik? Google Slide salah satu pilihannya).

Pertama ada Google Slide yang menjadi aplikasi presentasi gratis yang disediakan langsung oleh developer Android sendiri, Google Inc.

User interface yang ditawarkan aplikasi ini cenderung simpel terutama untuk kebutuhan membuat, mengedit, dan menampilkan dokumen presentasi.

Salah satu keunggulan dari Google Slide adalah ringan digunakan dan bisa kamu gunakan offline tanpa harus tersambung ke jaringan internet.

Sebagai salah satu alternatif aplikasi PowerPoint, produk pesaing Microsoft ini cukup keren kok, geng.

Detail Google Slide
Developer Google LLC
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 500.000.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)

Download via tautan berikut:

Google Slides 1.20.102.09.46
Apps Productivity Google LLC
DOWNLOAD

2. OfficeSuite + PDF Editor

Dari banyaknya aplikasi office yang tersedia di Google Play Store, OfficeSuite + PDF Editor bisa menjadi salah satu pilihan dengan total download hingga lebih dari 100 juta unduhan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi office ini bisa digunakan untuk berbagai macam format file, mulai dari DOC, DOCX, XLS, XLSX dan PPTX.

Untuk keperluan presentasi, OfficeSuite + PDF Editor juga bisa dipakai untuk mengedit dan menampilkan presentasi secara langsung.

Detail OfficeSuite + PDF Editor
Developer MobiSystems
OS Minimal Android 4.2 ke atas
Ukuran 53MB
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

Download via tautan berikut:

OfficeSuite : Free Office + PDF Editor & Converter 8.2.3136
Apps Office & Business Tools MobiSystem
DOWNLOAD

Aplikasi Presentasi Android Lainnya...

3. WPS Office

Telah diunduh oleh lebih dari 700 juta pengguna di seluruh dunia, WPS Office jadi aplikasi berikutnya yang memungkinkan kamu untuk membuat atau mengedit slide presentasi dari smartphone.

Aplikasi ini juga menyediakan beragam jenis font dan template presentasi resmi ekslusif yang keren-keren.

Menariknya lagi, WPS Office memiliki sebuah fitur di mana kamu dapat memindai dokumen kertas menjadi file PDF menggunakan kamera. Jadi, kamu nggak perlu download aplikasi scanner dokumen lagi, geng.

Detail WPS Office
Developer Kingsoft Office Software Corporation Limited
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

Download via tautan berikut:

WPS Office 12.8
Apps Office & Business Tools Kingsoft Office Software Corporation Limited
DOWNLOAD

4. Polaris Office

Selanjutnya ada alternatif software PPT untuk Android bernama Polaris Office yang dikembangkan oleh developer Infraware Inc.

Nggak jauh berbeda dengan aplikasi presentasi sebelum-sebelumnya, Polaris Office juga menyediakan layanan Slide untuk membuat atau mengedit dokumen slideshow presentasi.

Aplikasi ini juga kompatibel dengan semua format dokumen dari Microsoft Office, termasuk salah satunya PowerPoint.

Detail Polaris Office
Developer Infraware Inc.
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 61MB
Download 50.000.000 ke atas
Rating 3.9/5 (Google Play)

Download via tautan berikut:

Polaris Office + PDF 6.0.10
Apps Office & Business Tools INFRAWARE, INC.
DOWNLOAD

5. Remote Link (PC Remote)

Sumber foto: youtube.com

Remote Link (PC Remote) pada awalnya hanya bisa digunakan pada HP ASUS yang menggunakan ZenUI. Namun saat ini, aplikasi remote presentasi ini sudah tersedia untuk semua tipe HP Android.

Aplikasi ini dapat dengan mudah membantu kamu dalam menampilkan slide, berbekal koneksi Bluetooth maupun WiFi.

Tentu aplikasi ini cocok untuk membantu pekerjaan di kalangan mahasiswa dan pebisnis, kan?

Detail Remote Link (PC Remote)
Developer ZenUI, ASUS HIT TEAM
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)

Download via tautan berikut:

Presentation Link (PowerPoint) 1.2a
Apps Office & Business Tools ZenUI, ASUS HIT TEAM
DOWNLOAD

Akhir Kata

Nah itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi presentasi gratis untuk PC, laptop dan HP Android yang bisa kamu gunakan online maupun offline.

Selain dari daftar di atas, apakah kamu punya rekomendasi alternatif software PowerPoint lainnya yang nggak kalah keren? Kalau iya, jangan lupa share bareng Jaka pada kolom komentar di bawah ya!

Selamat mencoba, geng~

Baca juga artikel seputar Office atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

Download PPT Keren Gratis dan Terbaik 2023, Sudah Jadi & Bisa Kustomisasi

5 Cara Mendapatkan Lisensi Resmi Ms. Office dengan Murah, Bisa Gratis!

Cara Mengganti Background PowerPoint di HP dan PC, Mudah!

Cara Mengubah PDF ke PPT Gratis 2020 | Dijamin WORKS 100%!

Kembali Keatas