10+ Aplikasi Pengunci Layar Terbaik 2022, Paling Ampuh & Aman untuk Android

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 20 April 2022, 19:00
Selain dapat melindungi data pribadi kamu, aplikasi kunci layar untuk Android ini juga bisa membuat tampilan HP kamu jadi lebih menarik.

Aplikasi pengunci layar mempunyai fungsi yang sangat penting bagi keamanan smartphone kita. Dengan menggunakan aplikasi kunci layar HP (lock screen), kamu bisa menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, geng.

Sebut saja contohnya HP tiba-tiba membuka aplikasi sehingga bateri cepat habis atau yang paling sering, karena nggak terkunci dengan baik, tahu-tahu memanggil seseorang dan membuat pulsa jebol.

Di samping itu, aplikasi pengunci layar sentuh juga sangat multiguna, lho. Belakangan, aplikasi tersebut bisa kamu manfaatkan buat menikmati berbagai konten tontonan yang seru dan menarik tanpa harus mengunjungi aplikasi tertentu secara langsung.

Makanya, kamu perlu menggunakan aplikasi semacam ini biar aktivitas bersama HP kesayangan makin nyaman.

Jangan khawatir, Jaka bakalan merekomendasikan beberapa aplikasi pengunci layar Android keren dan terbaik 2020 yang bisa kamu download. Yuk, langsung saja baca sampai habis.

1. Glance

Sumber foto: Situs Glance

Nama Glance pasti sudah tidak asing di telinga kamu, terlebih lagi buat para pengguna Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Realme. Aplikasi pengunci layar Oppo tersebut itu begitu Jaka rekomendasikan, geng.

Aplikasi Glance Indonesia yang dirilis oleh InMobi mempunyai pengguna aktif lebih dari 188 juta di Asia. Bahkan, di tahun ini aplikasi kunci layar itu berencana memperluas pangsa pasar dengan mengusung strategi "Indonesia First."

ADVERTISEMENT

Bekerja dengan bantuan AI, Glance wallpaper lock menjadi satu-satunya aplikasi pengunci layar Android terbaik 2022 yang bisa memanjakan para pengguna.

Di saat kamu mengaktifkan Glance, maka kamu nggak hanya melindungi HP dari hal-hal yang nggak diinginkan seperti yang Jaka sebutkan di atas saja, geng.

Sebagai pengguna, kamu pun bisa menikmati ribuan konten yang tersedia di aplikasi ini. Semua kontennya dijamin ramah anak dan juga seru.

Kamu dapat menyaksikan 22 kategori konten tontonan, mulai dari Beauty, Fashion, Food, Entertainment, International News, Health & Fitness, Automobiles, Parenting, Sports, Indonesia, Personal Finance, dan lainnya.

Ke depannya, kamu juga bisa menyaksikan live streaming game di Glance Indonesia, lho. Soalnya, Glance bakalan bekerja sama dengan game streamer, termasuk e-Sport buat tampil di aplikasi pengunci layar tanpa tombol tersebut.

Menariknya lagi, tampilan Glance mirip TikTok dan Reels yang sudah full screen. Jadi, kamu bakalan lebih puas menikmati konten-konten yang tersedia di lock screen HP ini.

Nggak perlu lagi, tuh, membuka kunci HP, mencari aplikasi yang diinginkan, dan kemudian menelusuri konten yang kita mau. Di Glance semua tersedia secara langsung.

Kalau nggak percaya, kamu bisa aktifkan Glance di HP Android kesayangan kamu. Dengan mengaktifkan Glance, semua konten hiburan yang bekerja sama dengan publisher ternama, yakni IDN, Kumparan, Vice Indonesia, Liputan6, AsianParent.com, dan masih banyak lagi dapat kamu nikmati dengan mudah.

Detail Glance
Dirilis oleh InMobi Group
Kategori Entertainment
Pengguna Aktif 188 juta di Asia (Data Glance)
OS minimal 5.1 atau lebih

>>> Download Glance di Sini <<<

2. Gesture Lock Screen

Sumber foto: Google Play Store

Berikutnya ialah Gesture Lock Screen APK buatan Q Locker. Aplikasi kunci layar ini juga punya cara kerja yang cukup unik.

Gesture Lock Screen bakalan memotret siapa saja yang salah saat membuka ponsel. Jadi, semisal ada teman atau orang iseng yang ingin mengakses privasi kamu di HP bisa langsung ketahuan, geng.

Selain itu, aplikasi ini juga membebaskan para pengguna buat mengunci layar dengan gesture sesuai keinginan. Kamu dapat membuat berbagai pola kunci dengan gambar atau kalau mau yang sederhana, kamu juga bisa mengatur layar kunci menggunakan PIN atau sidik jari saja.

Detail Gesture Lock Screen
Dirilis oleh Q Locker
Kategori Lifestyle
Peringkat 4,0/5,5 (Google Play Store)
Ukuran 7,9 MB
OS minimal 4.2 atau lebih

>>> Download Gesture Lock Screen via Google Play Store <<<

3. Passcode Lock Screen

Sumber foto: Google Play Store

Kabar baik buat para pengguna Android yang ingin memodifikasi tampilan layar kunci seperti iOS, kamu bisa, nih, menggunakan aplikasi bernama Passcode Lock Screen.

Aplikasi yang dibuat oleh Kunkun Apps tersebut memungkinkan para pengguna Android buat mendapatkan tampilan layar kunci yang mirip iPhone (iOs). Tampilan layar juga bisa kamu atur sesuai selera, geng.

Namun begitu, kamu hanya bisa mengunci HP menggunakan PIN berupa angka saja. Passcode Lock Screen nggak menyediakan fitur penguncian dengan pattern maupun fingerprint.

Detail Passcode Lock Screen APK
Dirilis oleh Kunkun Apps
Kategori Tools
Ukuran 6,8 MB
OS minimal 4.0 atau lebih

>>> Download Passcode Lock Screen via Google Play Store <<<

4. 3D Lock Screen

Sumber foto: Google Play Store

Kalau kamu ingin tampilan layar HP saat dikunci tetap memesona, kamu wajib download 3D Lock Screen ini, geng. Aplikasi kunci layar unik untuk Android itu bisa kamu manfaatkan buat menikmati wallpaper animasi yang sangat lucu.

Hal itu disebabkan oleh APK 3D Lock besutan BinCorentin tersebut menyediakan beragam tema lock screen yang unik, misalnya Crystal Aquarium, stylish Neon Skull, lovely Bright Sky, Cool Graffiti, smart High Tech, dan masih banyak lagi.

Meskipun nggak seberagam tema yang ditawarkan, tetapi fitur keamanan yang disuguhkan cukup menjanjikan. 3D Lock Screen akan membantumu mengunci layar menggunakan PIN yang tingkat keamanannya cukup tinggi.

Detail 3D Lock Screen
Dirilis oleh BinCorentin
Kategori Personalization
Ukuran 6,9 MB
OS minimal 4.4 atau lebih

>>> Download 3D Lock Screen via Google Play Store <<<

5. CM Locker

Nggak jauh beda dengan aplikasi pengunci layar sentuh Passcode Lock Screen di atas, aplikasi ini juga menawarkan fungsi yang sama, yaitu bisa mengubah tampilan Android menjadi iPhone saat dikunci.

Berkat adanya fitur slide-to-lock, CM Locker akan mengubah tampilan kunci HP kamu seperti iPhone, geng.

Canggihnya lagi, CM Locker juga menyediakan fitur Anti-Theft Protection yang bakalan memudahkan kamu mengetahui keberadaan HP hilang, mengunci HP dari jarak jauh, dan mengaktifkan sirine-nya.

Jadi, kalau HP-mu hilang atau ada yang iseng menyembunyikannya, kamu pun bisa mengetahuinya dengan mudah.

Sayangnya, aplikasi ini pas Jaka cek lagi sudah tidak ada di Google Play Store. Kamu harus mengunduh CM Locker dari internet atau melalui situs resmi CM Locker.

Detail CM Locker
Dirilis oleh Cheetah Mobile
Kategori Tools

>>> Download CM Locker via Website <<<

6. DynamicNotifications APK

Sumber foto: Google Play Store

DynamicNotifications aplikasi kunci layar Android yang mempunyai interface sederhana sehingga mudah digunakan dan lebih hemat daya baterai.

Berlatar belakang juga sangat simpel. Aplikasi berukuran 4 MB itu menawarkan latar berwarna hitam polos dan notifikasi hanya ditampilkan jika HP kamu berada di luar kantong saja.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan mode malam atau night mode yang memungkinkan kamu buat menonaktifkan segala notifikasi ketika kamu hendak tidur.

Detail DynamicNotifications
Dirilis oleh Great Bytes Software
Kategori Personalization
Diunduh 1,000,00+ pengunduh (Google Play Store)
OS 4.0 atau lebih

>>> Download DynamicNotification APK via Google Play Store <<<

7. Slide to Unlock

Sumber foto: Google Play Store

Aplikasi pengunci layar Android terbaik 2022 berikutnya ialah Slide to Unlock. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang elegan dan bekerja dengan Smart Launcher Android.

Dengan menggunakan aplikasi Slide to Unlock, kamu nggak bakalan sulit buat membuka ponsel. Memang, SlideL to Unlock nggak menawarkan fitur keamanan yang lengkap, seperti sidik jari, PIN, dan gestur.

Akan tetapi, layanan layar kuncinya cukup aman buat melindungi HP dari sentuhan yang membuat perangkat tersebut terbuka seketika. Untuk membuka aplikasinya, cukup buka kunci layar dengan ketuk dua kali.

Detail Slide to unlock - Lock screen
Dirilis oleh Smart Launcher Team
Kategori Personalization
Diunduh 10,000+ pengunduh (Google Play Store)
OS 4.1 atau lebih

>>> Download Slide to unlock - Lock screen APK via Google Play Store <<<

8. AcDisplay

Sumber foto: Google Play Store

Buat kamu yang suka tampilan sederhana alias minimalis, maka AcDisplay lock screen bisa menjadi pilihan yang tepat, nih.

Dengan menggunakan AcDisplay, kamu bisa menikmati tema layar kunci yang sederhana, tapi elegan. Kesederhanaan itu juga ada dalam fitur penguncian yang hanya menggunakan sensor saja.

Nah, kalau kamu adalah tipe pengguna yang ogah ribet, kamu wajib menggunakan aplikasi AcDisplay yang dirilis oleh Artem Chepurnoy.

Detail AcDisplay APK
Dirilis oleh Artem Chepurnoy
Kategori Personalization
Diunduh 1.000.000+ pengunduh (Google Play Store)
Ukuran 3,0 MB
OS 4.1 atau lebih

>>> Download AcDisplay APK via Google Play Store <<<

9. Semper

Sumber foto: Google Play Store

Semper APK atau yang dulunya dikenal dengan nama sebagai UnlockYourBrain adalah aplikasi pengunci layar yang sangat unik.

Jaka katakan begitu karena ketika kamu membuka kunci HP, kamu harus menyelesaikan soal matematika lebih dahulu.

Jika kamu nggak bisa mengerjakannya, maka HP pun nggak bisa diakses, geng. Selain matematika, Semper APK juga menyediakan soal latihan kosakata.

Meskipun begitu, pengguna masih bisa membuka HP-nya, kok, geng. Jika enggan mengerjakan soal atau nggak tahu jawabannya, kamu bisa menekan tombol "Lewati" buat membuka perangkat tanpa tantangan tersebut.

Detail Semper APK
Dirilis oleh Semper - Learn Vocabulary Semper
Kategori Edukasi
Diunduh 1.000.000+ pengunduh (Google Play Store)
Ukuran 16 MB
OS 4.1 atau lebih

>>> Download Aplikasi Kunci Layar Semper APK via Google Play Store <<<

10. Lock Screen

Sumber foto: Google Play Store

Lock Screen adalah aplikasi yang unik dan cocok untuk mengatasi bosan. Karena kamu bisa menggambar di layar yang sedang terkunci dan mengirimkan gambar tersebut ke teman yang juga menggunakan Lock Screen.

Selain itu, ukuran Lock Screen juga terbilang sangat ringan dibanding aplikasi lock screen Android dan iPhone yang ada di atas, geng. Hanya kurang dari 72 KB saja kamu pun bisa mengunduh LokLok ke perangkat.

HP Android dengan spek standar bisa menggunakan aplikasi tersebut buat mendapatkan tampilan layar kunci yang lebih keren.

Detail Lock Screen
Dirilis oleh olalab
Kategori Tools
Diunduh 1.000.000+ pengunduh (Google Play Store)
Ukuran 72 KB
OS 2,2 atau lebih

>>> Download Lock Screen APK via Google Play Store <<<

11. AppLock - Gallery Lock & LockScreen & Fingerprint

Sumber foto: Google Play Store

AppLock yang dirilis oleh SpSoft juga menjadi aplikasi pengunci layar terbaik yang wajib kamu gunakan. Aplikasi ini dapat membantumu mengamankan layar ponsel dengan berbagai fitur keamanan, mulai dari PIN, pola, dan gestur.

Menariknya, fitur keamanan yang disediakan transparan sehingga nggak mudah dilihat orang. Kamu pun nggak perlu khawatir orang lain akan mengintip pin atau pola. Dijamin lebih aman 100%.

Tak hanya itu saja, dengan menggunakan AppLock kamu juga bisa mengunci Galeri, Video, SMS, Kontak, Gmail, Pengaturan, panggilan, dan menu apa saja yang kamu inginkan. Bahkan, kamu bisa foto dan video yang tersimpan di Galeri, lho.

Detail AppLock APK
Dirilis oleh SpSoft
Kategori Tools
Diunduh 50.000.000+ pengunduh (Google Play Store)
Ukuran 72 MB
OS 4,1 atau lebih

>>> Download AppLock APK via Google Play Store <<<

Daftar Aplikasi Pengunci Layar Terbaik 2022 untuk Android

Jika dirangkum, berikut kumpulan dan rekomendasi aplikasi pengunci layar tercanggih dan terbaik 2022 yang bisa kamu gunakan.

Akhir Kata

Dari daftar aplikasi pengunci layar di Android yang Jaka rekomendasikan di atas, kira-kira apk lock screen yang mana, nih, yang menarik perhatian kamu, geng?

Aplikasi di atas akan membantumu mengamankan privasi ponsel sehingga nggak bisa digunakan oleh sembarang orang. Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu nikmati buat nonton bola, video pendek seperti TikTok, dan hiburan lainnya.

Jadi, langsung saja, yuk, download aplikasi buka kunci layar yang kamu inginkan melalui tautan yang sudah Jaka cantumkan di atas. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Aplikasi Keamanan di Android atau artikel menarik lainnya dari Andini Anissa.

ARTIKEL TERKAIT

10 Cara Jitu Menjaga Keamanan HP Android Tanpa Harus Menginstall Aplikasi

10 Tips Keamanan Android

5 Alasan Mengapa Keamanan iPhone Lebih Baik Dari Android

5 Ekstensi Browser yang Wajib Dipasang Demi Keamanan Kamu Sendiri

7 Faktor Penting yang Menentukan Keamanan Privasi Data di Smartphone

undefined
Kembali Keatas