10 Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis 2022, untuk SD, SMP dan SMA

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 18 July 2022, 11:30
Rekomendasi aplikasi belajar Matematika terbaik dan gratis untuk pelajar SD, SMP, dan SMA. Dijamin nggak akan frustasi di kelas lagi!

Aplikasi belajar Matematika terbaik jadi solusi bagi para pelajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian Matematika. Berbekal smartphone atau laptop, kamu bisa mengakses aplikasi tersebut secara online. Gratis, loh!

Harus diakui, Matematika memang jadi momok pelajaran paling menakutkan bagi sebagian besar pelajar. Banyak yang ingin menangis karena tingkat kesulitannya membuat murid-murid stres berat.

Tapi, tenang saja! Selain menggunakan aplikasi menjawab soal Matematika, silakan latihan menggunakan aplikasi belajar Matematika terbaik dan gratis untuk pelajar SD, SMP, dan SMA di bawah ini. Dijamin nggak bakal panik di kelas lagi!

1. Photomath

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Aplikasi Matematika gratis yang satu ini sangat digemari para pelajar. Photomath memungkinkan kamu untuk melakukan scanning terhadap soal yang membuatmu kesulitan.

Nantinya, aplikasi ini akan mendeteksi angka dan simbol yang tertulis di buku, lalu menyajikan hasil dan cara pengerjaannya.

Tapi satu hal yang perlu kamu catat, pastikan tulisan tanganmu rapi agar terbaca oleh aplikasi ini. Menariknya, aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet loh, geng!

ADVERTISEMENT
Keterangan Photomath
Developer Photomath, Inc.
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.7 (1.064.231)
Ukuran Bervariasi Berdasarkan Perangkat
Instal 50.000.000+
Android Minimum Bervariasi Berdasarkan Perangkat

>>> Download Photomath APK Terbaru 2022 <<<

2. Math Tricks

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Buat kamu yang ingin mencari dan belajar rumus Matematika untuk mengerjakan soal, aplikasi Math Tricks adalah pilihan terbaik. Selain rumus, kamu juga bisa menemukan ratusan trik mengerjakan Matematika.

Kerennya, banyak sekali trik yang disajikan oleh aplikasi ini, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, akar, aljabar, dan sebagainya.

Nggak heran, jika kamu mau tekun belajar dan menerapkan trik-trik yang ada di aplikasi Matematika terbaik untuk SD, SMP, dan SMA ini, kamu bisa selesai ujian duluan, geng!

Keterangan Math Tricks
Developer Antoni soft group
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.5 (364.974)
Ukuran 8.2MB
Instal 10.000.000+
Android Minimum 4.0

>>> Download Math Tricks APK Terbaru 2022 <<<

3. Khan Academy

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Khan Academy merupakan sebuah aplikasi Matematika online di mana kamu bisa belajar Sains, Fisika, Kimia, Matematika, dan lain sebagainya secara gratis.

Terdapat lebih dari 10 ribu video dan penjelasan yang bisa kamu saksikan. Untuk Matematika sendiri terdapat beberapa topik mulai aljabar, triginometri, hingga kalkulus.

Nah, daripada kamu menyontek menggunakan aplikasi-aplikasi contekan, kamu bisa belajar tips dan trik Matematika secara intens di sini, lengkap dengan contoh soal yang dibuat identik dengan ujian nasional.

Keterangan Khan Academy
Developer Khan Academy
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (98.736)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 5.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat

>>> Download Khan Academy APK Terbaru 2022 <<<

4. MalMath

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Pernah mengalami sakit kepala ketika mengerjakan soal integral, limit, hingga logaritma? Atasi sakit kepala tersebut dengan mengunduh aplikasi MalMath yang satu ini!

Aplikasi Matematika online ini akan membantu murid untuk memahami dan mampu menyelesaikan soal-soal yang selama ini dianggap susah.

Kamu akan mendapatkan langkah-langkah penyelesaian soal dengan penjelasan detail di setiap langkahnya. Aplikasi ini cocok banget deh buat kamu yang suka belajar sendiri!

Keterangan MalMath
Developer MalMath-app
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (85.662)
Ukuran 7.9MB
Instal 5.000.000+
Android Minimum 4.0

>>> Download MalMath APK Terbaru 2022 <<<

5. Mathway

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Ketika jam di dinding sudah menunjukkan pukul 12 malam tapi PR Matematika belum selesai, apa yang akan kamu lakukan? Tidur dan berharap keajaiban akan datang menghampiri?

Daripada berharap terhadap sesuatu yang tidak pasti seperti itu, mending kamu download aplikasi MathWay yang satu ini, geng!

Kamu bisa bertanya melalui aplikasi ini seperti sedang chat dengan bule. Masukkan soal yang tidak bisa kamu jawab, nantinya aplikasi ini akan memberikan jawaban sekaligus caranya.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur scanning pada aplikasi ini agar bisa menyelesaikan soal yang membuatmu kesusahan.

Keterangan Mathway
Developer Mathway
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.3 (83.254)
Ukuran 44MB
Instal 5.000.000+
Android Minimum 4.4

>>> Download Mathway APK Terbaru 2022 <<<

6. Graphing Calculator + Math

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Salah satu hal yang membuat kita pusing dengan Matematika adalah adanya grafik dan kurva yang membingungkan.

Untuk itulah aplikasi Graphing Calculator + Math ada untuk kalian. Aplikasi ini bisa membantu kalian memahami grafik-grafik yang mirip dengan rancangan jalan tol tersebut.

Selain itu, aplikasi Matematika gratis untuk SD dan SMP ini juga dilengkapi dengan kalkulator canggih dan fitur lengkap untuk membantumu menyelesaikan persamaan yang rumit.

Keterangan Graphing Calculator + Math
Developer Mathlab Apps, LLC
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.5 (78.505)
Ukuran 6.7MB
Instal 5.000.000+
Android Minimum 4.1

>>> Download Graphing Calculator + Math APK Terbaru 2022 <<<

7. Socratic by Google

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Socratic adalah aplikasi Matematika online terbaik yang mampu menyelesaikan sebuah soal dengan cara mengambil foto soal tersebut. Kerennya, aplikasi ini disokong langsung oleh Google, loh!

Kamu juga akan mendapatkan cara-cara bagaimana menyelesaikan suatu soal, sehingga kamu tidak hanya mendapatkan jawaban mentahannya saja.

Tidak hanya Matematika, aplikasi ini juga bisa membantu kamu mengerjakan PR IPA, Sejarah, Ekonomi, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa belajar Bahasa Inggris lewat aplikasi Socratic, loh!

Keterangan Socratic
Developer Google
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (54.171)
Ukuran 5.4MB
Instal 1.000.000+
Android Minimum 4.1

>>> Download Socratic APK Terbaru 2022 <<<

8. yHomework

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Sesuai dengan namanya, aplikasi Matematika yHomework bertujuan untuk membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan oleh gurumu.

Kamu hanya perlu memasukkan persamaan yang ada pada soal ke dalam aplikasi ini. Nantinya, aplikasi ini akan memberikan step-by-step cara menyelesaikannya.

Tersedia opsi Pro untuk menghilangkan iklan yang seringkali mengganggu. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan private tutor yang tersedia secara online. Keren sekali, bukan?

Keterangan yHomework
Developer Math Underground
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.2 (52.253)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 1.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat

>>> Download yHomework APK Terbaru 2022 <<<

9. Mathematics

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Selanjutnya, ada aplikasi Mathematics yang bisa membantumu menyelesaikan soal-soal matematika yang menakutkan. Aplikasi Matematika ini sangat cocok untuk anak SD, SMP, hingga SMA.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini pun sangat lengkap. Beragam jenis soal-soal kompleks seperti fungsi dan matriks bisa kamu pecahkan menggunakan aplikasi ini.

Bahkan jika kamu disuruh membuat grafik dari sebuah persamaan, aplikasi ini bisa membantumu untuk mengetahui seperti apa bentuk grafik yang benar.

Keterangan Mathematics
Developer daboApps
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.2 (46.136)
Ukuran 2.1MB
Instal 5.000.000+
Android Minimum 4.0

>>> Download Mathematics APK Terbaru 2022 <<<

10. QANDA: Instant Math Helper

Sumber foto: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis

Bingung dengan soal Matematika atau Fisika yang sulit? Jangan frustrasi, gunakan aplikasi QANDA saja. Sama halnya dengan Photomath, aplikasi ini bisa menyelesaikan soal-soal Matematika hanya dengan scan potret soal dengan HP.

Kerennya, aplikasi ini hanya membutuhkan kurang dari 5 detik untuk menyelesaikan soal Matematika. Setelah itu, QANDA akan memindai soal dan menampilkan jawabannya. Praktis sekali, bukan?

Selain itu, QANDA menyediakan dukungan chat dengan tutor andal dari berbagai negara yang bisa menjelaskan soal-soal Matematika yang sulit.

Keterangan QANDA: Instant Math Helper
Developer Mathpresso
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.4 (574.000)
Ukuran 26MB
Instal 50.000.000+
Android Minimum 4.0

>>> Download QANDA APK Terbaru 2022 <<<

Aplikasi Belajar Matematika Terbaik & Gratis 2022

Akhir Kata

Itulah, geng, rekomendasi aplikasi belajar Matematika terbaik yang Jaka rekomendasikan untuk kamu. Ingat, ya, aplikasi-aplikasi di atas hanya bertujuan untuk membantu kamu dalam belajar.

Jangan sampai kamu cuma copas cara dan jawabannya tanpa benar-benar memahaminya. Matematika kan sama sepeti wanita, butuh dipahami secara mendalam.

Mana saja yang pernah kamu pakai? Atau mana yang bikin kamu tertarik untuk mencobanya? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Diptya

ARTIKEL TERKAIT

Tutorial Cara Mudah Menggambar Anime Bagi Pemula

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis 2020 | Android & iOS!

Kembali Keatas