17 Aplikasi Baca Novel Online Terbaik & Terlengkap 2023, Gratis!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 20 September 2023, 14:45
Mau baca novel gratis Bahasa Indonesia/Inggris? Kamu bisa pakai aplikasi baca novel online dan offline terbaik di Android. Lengkap semua genre!

Membaca novel adalah salah satu hobi yang banyak digemari oleh orang-orang Namun, membawa buku novel yang tebal dan berat ke mana-mana tentu tidak praktis. Untungnya, sekarang ada solusi yang lebih mudah dan modern untuk menikmati novel, yaitu dengan menggunakan aplikasi baca novel online.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengakses ribuan judul novel dari berbagai penulis dan genre secara gratis di smartphone atau tablet kamu. Kamu bisa membaca novel kapan saja dan di mana saja tanpa perlu khawatir kehabisan baterai atau ruang penyimpanan.

Namun, tidak semua aplikasi baca novel online memiliki kualitas dan fitur yang sama. Di artikel ini, Jaka akan membahas keuntungan membaca novel online, cara memilih aplikasi baca novel online, dan rekomendasi aplikasi baca novel online terbaik yang bisa kamu coba. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Wattpad

Aplikasi baca novel gratis Bahasa Indonesia yang pertama ada Wattpad. Platform ini sudah lama dikenal sebagai wadah bagi tulisan-tulisan unik, mulai dari cerita romantis, horror, dan masih banyak lagi.

Dalam aplikasi ini kamu bisa menikmati berbagai cerita seru secara gratis dan praktis melalui genggaman tangan saja, kapan saja dan di mana saja, geng.

Selain membaca rekomendasi cerita Wattpad SMA, buat kamu yang punya cerita atau karangan fiksi sendiri, bisa juga dipublikasikan melalui Wattpad.

Sementara buat kamu yang ingin novel gratis tamat tanpa aplikasi, Wattpad juga tersedia dalam versi website sebagai situs novel online, loh!

ADVERTISEMENT

Jaka rekomendasikan kamu buat download versi terbaru dari aplikasi ini. Selain fitur antarmukanya yang lebih baik, koleksi novelnya juga lebih beragam.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Wattpad - Tempat Cerita Menjadi Hidup
Developer Wattpad.com
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000.000 ke atas
Rating 3.8/5 (Google Play)

Download Wattpad di sini:

Wattpad - Free Books & Stories 5.2.1
Apps Productivity Wattpad.com
DOWNLOAD

Wattpad via Google Play Store

2. NovelPlus

Aplikasi novel gratis bernama NovelPlus juga sudah cukup dikenal sebagai aplikasi Android yang menyediakan banyak cerita dari beragam genre di dalamnya.

Sama seperti Wattpad, apk baca novel online gratis ini juga memungkinkan kamu untuk menulis di dalamnya dan menerbitkan karya-karyamu secara cuma-cuma.

Jika novel kamu menarik dan punya banyak pembaca, bisa jadi tulisan kamu bakal masuk ke dalam bagian Pilihan Editor yang ditampilkan di bagian atas, loh!

Dalam versi terbarunya, aplikasi ini memiliki koleksi novel yang lebih banyak. Beberapa bug juga telah diperbaiki. Kamu bisa membaca novel dengan lancar tanpa gangguan.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail NovelPlus - Read, Connect, Share
Developer NovelPlus.co
OS Minimal Android 4.2 ke atas
Ukuran 8.1MB
Download 500.000 ke atas
Rating 3.8/5 (Google Play)

Download NovelPlus di sini:

NovelPlus via Google Play Store

3. Kobo Books

Kobo Books adalah sebuah aplikasi novel digital yang telah berhasil menarik perhatian lebih dari dua ratus ribu pengguna.

Dikenal sebagai salah satu platform populer untuk membaca novel secara digital, Kobo Books menawarkan berbagai macam jenis novel yang dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi masing-masing pengguna.

Dari fiksi hingga nonfiksi, dari roman hingga thriller, aplikasi ini menghadirkan banyak pilihan bagi para pembaca untuk menemukan novel yang sesuai dengan minat dan kegemaran mereka.

Selain itu, Kobo Books juga menonjolkan fitur personalisasi yang mengizinkan pengguna untuk mengubah tema atau latar belakang saat membaca novel.

Namun, seperti semua aplikasi, Kobo Books juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan:

  1. Menawarkan berbagai genre dan jenis novel, memungkinkan pembaca untuk mengeksplorasi banyak pilihan cerita.
  2. Memiliki fitur personalisasi, seperti mengubah tema dan tampilan bacaan, memungkinkan pengguna untuk membaca dengan kenyamanan yang lebih besar.
  3. Memudahkan membaca di mana saja dan kapan saja.
  4. Membuat penanda halaman atau catatan pribadi pada bagian-bagian tertentu dalam novel, membantu mereka mengelola informasi penting atau kutipan favorit.

Kekurangan:

  1. Sebagian besar novel di Kobo Books perlu dibeli, sehingga bisa menjadi kurang cocok bagi mereka yang mencari bahan bacaan gratis.
  2. Beberapa pengguna mungkin mengalami kendala dalam sinkronisasi antara perangkat berbeda saat membaca berbagai novel.
Detail Kobo Books
Developer Kobo Books
OS Minimal Android 8.0 ke atas
Ukuran 100MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)

Download Kobo Books di sini:

Kobo Books via Google Play Store

4. English Novel Books - Offline

Buat sekalian belajar bahasa Inggris, kamu bisa baca novel online historical romance atau genre lainnya dalam aplikasi English Novel Books - Offline.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa mengaksesnya tanpa jaringan internet alias offline dengan ratusan buku dan cerita seru yang bisa kamu temukan di dalamnya.

Walaupun punya tampilan yang sederhana, aplikasi baca novel gratis offline ini punya kemudahan misalnya dalam bergonta-ganti bab tanpa tersendat alias lag.

Di sini kamu bisa baca novel gratis tanpa koin, dan novelnya juga best seller gratis dari pengarang terkenal semua, seperti Arthur Conan Doyle, Lewis Carroll, Mark Twain, dan lainnya.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail English Novel Books - Offline
Developer NLsolution
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 45MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)

Download English Novel Book - Offline di sini:

English Novel Book - Offline via Google Play Store

5. NovelToon

NovelToon kalau Jaka bilang direkomendasikan sebagai aplikasi baca novel Indonesia gratis yang ditujukan untuk para pembaca remaja. Kenapa?

Soalnya saat kamu masuk pertama kali, kamu bakal diminta untuk memilih jenis kelamin dan tahun kelahiran agar NovelToon bisa merekomendasikan jenis novel yang sesuai dengan usiamu, geng.

Selain membaca novel gratis, kamu juga bisa membuat perpustakaan kamu sendiri dengan mengunduh novel dan membaca secara offline kapan pun dan di mana pun.

Kalaupun kamu malas membaca tulisan dalam bentuk teks, NovelToon juga memiliki fitur berupa Podcast maupun AudioBooks sehingga kamu cukup mendengarkan cerita favoritmu.

Kelebihan:

Kekurangan: -

Detail NovelToon - Baca Novel Indonesia Gratis
Developer NovelToon
OS Minimal Android 4.2 ke atas
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.6/5 (Google Play)

Download NovelToon di sini:

NovelToon via Google Play Store

6. Joylada

Membaca sebuah novel emang bisa seseru chatting dengan gebetan? Bisa banget kalau kamu pakai sebuah aplikasi baca novel terbaik bernama Joylada, geng.

Pada laman Google Play-nya saja, Joylada mengklaim aplikasinya sebagai novel chat pertama di Indonesia dengan ribuan penulis dan pembaca aktif di Indonesia.

Pengalaman saat kamu membaca kisah dalah Joylada memang mirip seperti melihat sebuah percakapan di aplikasi chatting seperti LINE Messenger atau WhatsApp.

Kamu cukup menonton bagaimana para tokohnya di dalamnya saling berbalas pesan. Wah, pokoknya mending coba sendiri, deh!

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Joylada - Novel Chat Pertama di Indonesia
Developer OOKBEE U CO., LTD.
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 68MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

Download Joylada di sini:

Joylada 2.3.39
Apps Productivity
DOWNLOAD

Joylada via Google Play Store

7. Hinovel

Aplikasi baca novel romance terjemahan online gratis berikutnya ada Hinovel. Seperti namanya, aplikasi ini menyediakan kisah romantis yang cocok untuk para remaja. Gak kalah seru dari drakor romance, deh!

Buat kamu yang mau membaca cerita cinta atau genre lainnya, Hinovel punya fitur Rekomendasi Personal yang bakal memberikan rekomendasi novel untukmu setiap harinya.

Di sini pun kamu juga bakal diberikan beberapa misi setelah melakukan login ke dalam aplikasi Hinovel yang sebelumnya bernama BacaSaya.

Selanjutnya setiap kamu menyelesaikan misi, kamu akan diberikan koin gratis setiap hari yang bisa ditukarkan dengan reward tertentu.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Hinovel
Developer Hinovel
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 14MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

Download Hinovel di sini:

Hinovel via Google Play Store

8. Google Play Books

Mau aplikasi novel gratis tanpa beli koin dan offline? Kamu bisa download Play Books dari Google yang cukup populer dan banyak digunakan orang-orang.

Di sini kamu akan disajikan koleksi novel dengan genre yang sangat beragam. Bahkan, novel-novel populer luar negeri seperti Bridgerton pun bisa kamu temukan di aplikasi ini. Kamu bisa baca novel gratis indonesia maupun luar negeri, deh.

Hanya saja, tidak semua novel yang disediakan bisa kamu akses secara gratis, ya! Namun, tenang saja karena kamu bisa beli aplikasi/buku di Google Play pakai GoPay sehingga tetap praktis.

Dalam versi terbarunya, aplikasi ini memiliki koleksi novel yang lebih beragam genre. Beberapa bug juga telah diperbaiki. Kamu bisa membaca novel dengan berbagai genre lancar tanpa gangguan.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Google Play Books
Developer Google LLC
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 1.000.000.000 ke atas
Rating 4.1/5 (Google Play)

Download Google Play Books di sini:

Google Play Books via Google Play Store

9. WeRead

WeRead menyediakan novel gratis dan juga premium yang bisa langsung kamu baca di dalam aplikasi ini. Setiap harinya pun, WeRead akan merekomendasikan novel yang pas buat kamu.

Selain tulisan yang dikirim oleh para penulis Indonesia, WebRead juga menyajikan novel-novel terjemahan yang berasal dari luar negeri.

Namun nggak perlu khawatir! Terjemahannya terbilang cukup halus sehingga mudah untuk kamu pahami, kok!

Buat kamu yang ingin tahu cara membaca novel gratis tanpa koin berbayar, WeRead juga menyediakan fitur tugas harian buat kamu yang mau mendapatkan koin gratis.

WeRead versi terbaru lebih enak digunakan karena beberapa bug telah diperbaiki. Selain itu ada penambahan paket gratis baca selama setahun. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail WebRead
Developer weread Inc.
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 11MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

Download WeRead di sini:

WeRead via Google Play Store

10. NovelReader

Aplikasi novel online selanjutnya ada NovelReader yang menawarkan ribuan buku dan novel yang bisa kamu baca, baik secara online maupun offline.

NovelReader menyediakan update bacaan harian buat kamu yang mau baca kisah-kisah romantis, novel Tiongkok, hingga novel Korea yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Tema yang dihadirkan pun beragam, mulai dari cerita cinta, cerita lucu yang bikin ngakak, fiksi fantasi, dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan preferensi kamu.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail NovelReader - Read Novel Offline & Online
Developer webnovel8187
OS Minimal Android 6.0 ke atas
Ukuran 31MB
Download 1.000 ke atas
Rating 4.4/5 (Google Play)

Download NovelReader di sini:

NovelReader via Google Play Store

Aplikasi Baca Novel Online Lainnya...

11. Amazon Kindle

Kamu juga bisa mencoba membaca cerita-cerita terbaik menggunakan Amazon Kindle yang memungkinkanmu membaca berbagai judul buku, majalah, surat kabar, hingga komik dan manga di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi yang satu ini memiliki koleksi lebih dari 6 juta judul buku yang sebagian besarnya memiliki narasi audio, geng.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membaca berbagai karya tulis secara gratis, tetapi akses premium yang memungkinkanmu membaca seluruh koleksi buku bisa didapatkan dengan berlangganan setiap bulannya.

Amazon versi terbaru menyediakan buku audio. Jika lelah membaca novel, kamu bisa mendengarkannya dalam bentuk suara. Menghabiskan novel berbahasa Inggris favoritmu jadi lebih mudah.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Amazon Kindle
Developer Amazon Mobile LLC
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.7/5 (Google Play)

Download Amazon Kindle di sini:

Amazon Kindle via Google Play Store

12. Goodreads

Tentu kamu sudah sering menjumpai nama Goodreads saat mengecek rating dan sinopsis sebuah buku.

Lebih dari itu, situs novel online gratis yang satu ini merupakan platform terbesar di dunia yang mewadahi penggunanya untuk mengulas, membeli, sekaligus meminjam buku secara online.

Kamu tak akan bete untuk berburu sendirian karena di Goodreads juga terdapat beragam forum diskusi melalui pesan dan grup, dapat merekomendasikan buku ke teman, serta menyelesaikan Tantangan Membaca. Seru banget!

Karena kamu nggak bisa membaca buku secara langsung di dalam aplikasi, Goodreads dapat kamu instal untuk mencari rekomendasi, ulasan, serta forum pembaca. Selain itu, Goodreads juga hadir dalam bentuk web novel gratis, loh. Tapi, fungsinya tetap untuk review, ya!

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Goodreads
Developer Goodreads
OS Minimal Android 6.0 ke atas
Ukuran 50MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 3.6/5 (Google Play)

Download Goodreads di sini:

Goodreads via Google Play Store

13. 50000 Free eBooks & Free AudioBooks

Mau baca buku bahasa Inggris klasik seperti Sherlock Holmes, Dorian Gret, Hamlet, dan lainnya dengan gratis? Tak perlu beli bukunya, kamu cukup instal aplikasi 50000 Free eBooks & Free AudioBooks saja, geng.

Bukan cuma membaca, kamu bahkan bisa mengatur personalisasi seperti ukuran dan jenis font, spasi baris, format bacaan, dan fitur lainnya sesuai preferensimu.

Seluruh koleksi buku sudah dikategorikan dengan rapi serta banyak judul yang sudah memiliki versi audionya, loh.

Aplikasi ini bakal ampuh untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca selain dalam bahasa Indonesia, deh!

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail 50000 Free eBooks & Free AudioBooks
Developer Oodles
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 13MB
Download 5.000.000 ke atas
Rating 4.0/5 (Google Play)

Download 50000 Free eBooks & Free AudioBooks di sini:

50000 Free eBooks & Free AudioBooks via Google Play Store

14. Innovel

Memiliki lebih dari 200 ribu judul novel, aplikasi Innovel masuk ke dalam rekomendasi aplikasi baca novel offline gratis terbaik berikutnya nih, geng.

Aplikasi penyedia novel ini menyuguhkan novel fiksi romansa dengan berbagai judul dan cerita yang seru banget, terutama bagi kamu yang suka dengan plot penuh drama.

Selain membaca novel, dengan Innovel kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya dalam Grup Pembaca dan menyelesaikan misi membaca judul tertentu yang berhadiah koin.

Namun, kamu yang ingin membacanya tanpa mengeluarkan uang untuk beli koin bisa menginstal Innovel MOD APK.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Innovel
Developer Dreame Media
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 19MB
Download 5.000.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)

Download Innovel di sini:

Innovel via Google Play Store

15. NovelMe

NovelMe merupakan salah satu aplikasi penyedia novel yang cukup terkenal, dan seperti Innovel aplikasi ini juga lebih mengedepankan genre romansa, geng.

Kamu bisa memilih untuk membaca ribuan judul novel secara daring atau luring secara eksklusif. Rasa bosan pasti jauh, deh!

Nah, NovelMe juga rajin menyelenggarakan kompetisi menulis sehingga kamu tak hanya membaca, melainkan mengembangkan kemampuan menulismu. Asik, kan?

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail NovelMe
Developer Dreame Media
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 8,1MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.0/5 (Google Play Store)

Download NovelMe di sini:

NovelMe via Google Play Store

16. Webnovel

Aplikasi baca novel offline gratis terbaik bernama Webnovel ini menyuguhkan aneka novel dengan genre yang beragam, dari novel fantasi hingga novel roman.

Tak hanya itu, Webnovel senantiasa memperbarui bab-bab dalam novelnya setiap hari dan membuat pengalaman membaca novelmu malah mirip membaca komik. Nggak bikin ngantuk, deh!

Seperti beberapa aplikasi lainnya yang sudah Jaka sebutkan, kamu juga bisa berpartisipasi aktif dengan mengikuti kontes menulis yang diselenggarakan setiap dua minggu sekali.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Webnovel
Developer Cloudary
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 65MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.1/5 (Google Play Store)

Download Webnovel di sini:

Webnovel via Google Play Store

17. GoodNovel

GoodNovel bisa jadi pilihan berikutnya untuk kamu yang mencari salah satu aplikasi novel terbaik dengan koleksi buku bejibun, geng.

GoodNovel mengklaim bahwa setiap cerita ditulis oleh tim penulis papan atas yang nggak perlu diragukan lagi kualitasnya, sehingga kamu pasti akan menikmati membaca setiap cerita yang tersedia. Meski demikian, penulis pemula juga tetap bisa berkarya dan menerbitkan novel.

Maka dari itu, jenis cerita yang ada di GoodNovel juga sangat beragam mulai dari yang menegangkan hingga membuat imajinasimu berpetualang jauh.

Dengan kualitas tersebut, GoodNovel bisa digunakan gratis, namun fitur-fitur penuhnya hanya tersedia jika kamu berlangganan.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail GoodNovel
Developer GoodNovel
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 12MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play Store)

Download GoodNovel di sini:

GoodNovel via Google Play Store

18. iPusnas

iPusnas adalah singkatan dari Perpusnas Digital Library, sebuah aplikasi yang diciptakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk memberikan layanan perpustakaan digital kepada masyarakat. Aplikasi ini dapat dioperasikan di beberapa perangkat keras seperti smartphone, tablet, dan komputer/laptop.

iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Kita tinggal mendaftar, bergabung di beberapa rak perpustakaan, lalu kita bisa meminjam buku-buku yang tersedia di sana secara gratis.

Detail iPusnas
Sistem Operasi Versi
Android 4.4 (KitKat) atau lebih tinggi
iOS 9.0 atau lebih tinggi
Windows 7 atau lebih tinggi
Mac OS 10.10 (Yosemite) atau lebih tinggi

>>> Download iPusnas <<<

19. iJakarta

iJakarta adalah aplikasi perpustakaan online yang bisa kamu unduh di smartphone Android atau iOS kamu. iJakarta adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai bagian dari program literasi digital bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

iJakarta bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan memberikan akses yang mudah dan murah kepada buku-buku berkualitas.

Dengan iJakarta, kamu bisa membaca ribuan judul ebook dari berbagai penerbit dan penulis terkenal secara gratis.

Kamu juga bisa menemukan buku-buku baru yang sesuai dengan minat dan selera kamu melalui fitur rekomendasi yang cerdas. Kamu juga bisa mencari buku berdasarkan genre, kategori, rating, popularitas, atau kata kunci tertentu.

Detail iJakarta
Sistem Operasi Android 5.0 ke atas atau iOS 10 ke atas
Memori 1 GB RAM atau lebih
Ruang Penyimpanan 100 MB atau lebih
Koneksi Internet 3G, 4G, atau Wi-Fi

>>> Download iJakarta <<<

Aplikasi Baca Novel Terbaik 2023

Suka membaca novel tapi malas membawa-bawa bentuk fisiknya kemana-mana? Ingin membaca cerita-cerita favoritmu dengan lebih praktis?

Tenang, sudah banyak aplikasi baca novel offline dan online paling recommended yang bisa kamu gunakan dengan gratis! Ini dia daftarnya:

  1. Wattpad
  2. NovelPlus
  3. Kobo Books
  4. English Novel Books - Offline
  5. NovelToon
  6. Joylada
  7. Hinovel
  8. Google Play Books
  9. WeRead
  10. NovelReader
  11. Amazon Kindle
  12. Goodreads
  13. 50000 Free eBooks & Free AudioBooks
  14. NovelMe
  15. Webnovel
  16. GoodNovel
  17. iPusnas
  18. iJakarta

Akhir Kata

Nah itu tadi beberapa aplikasi baca novel terbaru 2023 yang bisa kamu andalkan untuk menghabiskan novel-novel best seller kesukaanmu. Kini membaca novel jadi mudah dan cepat.

Untuk kamu yang malas keluar rumah, cukup sediakan paket internet dan top up sejumlah uang untuk menikmati novel premium bisa jadi sarana untuk menghibur diri, loh.

Kata Kunci Terkait

Berikan komentar pada artikel ini dan bagikan ke teman-temanmu apabila bermanfaat untuk terus mendapatkan update terbaru dari JalanTikus.com ya! Selamat membaca, geng.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

31 Situs & Aplikasi Baca Komik Online Bahasa Indonesia Terbaik & Terlengkap, Gratis!

15 Situs Nonton Film Gratis Terlengkap 2024, Paling Update dan Lengkap!

15+ Situs Download Drama Korea Terbaru 2022, Ada Subtitle Indonesia!

Kembali Keatas