23 Anime Romance-Comedy Rating Tertinggi 2023, Antara Baper dan Ngakak!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 03 October 2023, 20:30
Rekomendasi anime romance comedy terbaik di tahun 2023 dengan rating tinggi. Dijamin bikin ngakak dan happy ending!

Anime yang berisi kisah cinta dengan adegan-adegan romantis selalu menarik perhatian para penikmatnya. Terlebih lagi bagi mereka yang gemar mencari anime bergenre romantis dan memiliki rating tinggi. Kamu bisa menikmatinya sendiri atau bersama orang yang spesial, misalnya pacar.

Anime romance comedy yang akan Jaka rekomendasikan kali ini akan membuat kamu merasakan berbagai macam emosi. Beberapa di antaranya seperti Kaguya-sama: Love is War, Golden Time, dan Place to Place.

Selain anime comedy terbaik, deretan anime di bawah ini lebih komplet dan seru karena bisa membuat kita tertawa di sela-sela kisah percintaannya loh, geng!

Nah, bagi kamu yang ingin dibuat baper dan senyum-senyum sendiri, yuk langsung saja lihat rekomendasi anime romance comedy berikut ini.

1. Toradora

Pertama, ada anime Toradora nih, geng! Meskipun memiliki wajah yang garang, Ryuuji Takasu merupakan siswa SMA yang baik hati dan memiliki hobi mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Ia satu kelas dengan seorang wanita bertubuh kecil nan imut, Taiga Aisaka. Meskipun kecil, Taiga terkenal dengan kekuatannya yang super hinggal dijuluki sebagai Palmtop Tiger.

Karena kejadian yang tidak disengaja, mereka berdua bertemu dan menyadari sebuah fakta bahwa Ryuuji menyukai sahabat Taiga, begitu pula sebaliknya. Mereka memutuskan untuk saling membantu satu sama lain.

ADVERTISEMENT

Hal yang mereka rencanakan ternyata tidak berjalan dengan mulus, dan mereka justru terjebak dengan perasaan mereka sendiri. Anime comedy slice of life ini wajib kamu tonton, geng!

Detail Keterangan
Rating 8.38 (621.711)
Jumlah Episode 25
Tanggal Rilis 2 Oktober 2008
Studio J.C.Staff
Genre Slice of Life, Comedy, Romance, School

2. Ouran Koukou Host Club

Bagaimana rasanya dikelilingi oleh pria-pria tampan? Itulah yang dirasakan oleh Haruhi Fujioka, seorang siswi penerima beasiswa di Ouran High School.

Gara-gara memecahkan sebuah vas bernilai delapan juta yen, ia harus bergabung dengan Ouran Academy Host Club yang berisi enam laki-laki tampan.

Apa tugas mereka? Mereka bertugas untuk menghibur klien wanita dengan permen dan teh. Haruhi pun harus menyamar menjadi laki-laki untuk membayar hutangnya tersebut.

Anime bergenre romantis dan kehidupan sekolah yang satu ini bener-bener bisa bikin kita ketawa ngakak deh, geng!

Detail Keterangan
Rating 8.32 (358.267)
Jumlah Episode 26
Tanggal Rilis 5 April 2006
Studio Bones
Genre Comedy, Harem, Romance, School, Shoujo

3. Sakurasou no Pet na Kanojo

Sorata Kanda harus keluar dari asrama gara-gara memungut anak-anak kucing yang terlantar. Sebagai gantinya, ia harus tinggal di Sakura Hall yang terkenal karena keeksentrikan penghuninya.

Pada mulanya, ia ingin segera keluar dari asrama tersebut dengan berusaha mencari orang yang mau mengadopsi kucingnya. Ia dibantu oleh kawan wanita baiknya bernama Nanami.

Akan tetapi, semua berubah ketika seorang siswi pindahan bernama Mashiro Shiina tinggal di Sakura Hall. Bukan karena kecantikannya, melainkan karena Shiina tidak bisa mengurus dirinya sendiri!

Dikelilingi oleh wanita-wanita cantik, akankah Sorata menambatkan hatinya untuk salah satu di antara mereka? Jangan lupa tonton anime romance comedy rating tinggi ini ya, geng.

Detail Keterangan
Rating 8.31 (353.545)
Jumlah Episode 24
Tanggal Rilis 9 Oktober 2012
Studio J.C.Staff
Genre Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life

4. Clannad

Rekomendasi anime romance comedy school selanjutnya adalah Clannad. Anime ini mengisahkan seorang berandalan bernama Tomoya Okazaki yang sedang melangkah dengan bosan menuju sekolahnya. Ia merasa hidupnya tidak memiliki makna sama sekai.

Di dekat gerbang sekolah, ia melewati seorang gadis yang tiba-tiba berteriak ANPAN, salah satu makanan populer di Jepang. Tomoya akhirnya mengetahui gadis tersebut bernama Nagisa Furukawa.

Ternyata, Nagisa melakukan itu untuk memotivasi dirinya karena tahun ini ia harus mengulang sekolah karena sakit. Semenjak itu, Tomoya pun menyadari bahwa hidupnya lebih berwarna dari yang ia bayangkan selama ini.

Anime komedi romantis yang satu ini memang terkenal karena romantis banget, geng! Meskipun begitu, masih ada lelucon-lelucon yang dibuat oleh teman-teman Tomoya. Tapi, kalau kamu nonton sekuelnya, Jaka jamin kamu bakal nangis sekencang-kencangnya!

Detail Keterangan
Rating 8.19 (455.191)
Jumlah Episode 23
Tanggal Rilis 5 Oktober 2007
Studio Kyoto Animation
Genre Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life, Supernatural

5. Kaichou wa Maid-sama!

Anime romantis komedi ini berfokus pada Misaki Ayuzawa, seorang ketua OSIS dari sebuah SMA yang terkenal dengan banyaknya berandalan yang membuat banyak wanita menghindari sekolah ini.

Ketegasan dan keberanian yang dimiliki oleh Misaki membuat para berandalan tersebut menciut. Ia memiliki visi yang jelas sebagai ketua, ia ingin mengubah citra sekolah ini menjadi lebih baik.

Akan tetapi, Misaki memiliki rahasia besar. Ia adalah seorang maid di sebuah kafe demi menghidupi keluarganya yang termasuk miskin.

Rahasia ini diketahui oleh Takumi Usui, seorang laki-laki populer di sekolah. Ia pun menjadi tertarik dengan Misaki dan menjadi pelanggan tetap kafe maid.

Detail Keterangan
Rating 8.19 (343.677)
Jumlah Episode 26
Tanggal Rilis 2 April 2010
Studio J.C.Staff
Genre Comedy, Romance, School, Shoujo

6. Lovely Complex

Tinggi badan seringkali menjadi hal yang sensitif untuk kita. Itulah yang dirasakan oleh Koizumi Risa dan Ootani Atsushi, dua murid SMA yang terkenal sebagai pasangan komedi yang kocak.

Koizumi yang seorang perempuan memiliki tinggi 172 cm, sedangkan Ootani yang laki-laki hanya memiliki tinggi 156 cm. Tinggi yang mereka miliki membuat mereka kesulitan untuk menemukan pasangan.

Mereka pun saling menantang untuk mendapatkan pacar terlebih dahulu. Hal tak terduga terjadi kemudian, ketika salah satu dari mereka justru jatuh cinta kepada pasangan komedinya!

Anime comedy romance ini dijamin bisa banget bikin kamu baper dan senyum-senyum sendiri berkat ceritanya yang lucu dan menyentuh.

Detail Keterangan
Rating 8.16 (171.151)
Jumlah Episode 24
Tanggal Rilis 7 April 2007
Studio Toei Animation
Genre Comedy, Romance, Shoujo

7. Kamisama Hajimemashita

Masalah seolah datang bersamaan ke seorang murid SMA bernama Nanami Momozono. Dimulai dari hilangnya ayah ketika mereka terjerat hutang, membuat ia harus keluar dari rumahnya sendiri.

Suatu hari ia membantu seorang laki-laki yang diserang anjing. Sebagai tanda terima kasih, ia menawarkan sebuah rumah untuk Nanami.

Tapi rumahnya bukan sembarang rumah, karena ternyata bangunan tersebut adalah kuil kumuh. Di kuil tersebut, ia bertemu dengan dua roh kuil dan seekor rubah!

Kisah cinta yang tidak biasa ini membawa dinamika tersendiri bagi kehidupan Nanami, membuatnya merasakan apa yang tidak pernah ia rasakan sebelumnya.

Perpaduan antara anime comedy action terbaik serta romance layak masuk list tontonan kamu, geng!

Detail Keterangan
Rating 8.13 (153.361)
Jumlah Episode 13
Tanggal Rilis 2 Oktober 2012
Studio TMS Entertainment
Genre Comedy, Demons, Supernatural, Romance, Fantasy, Shoujo

8. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Di antara serial anime romance comedy yang bikin ngakak, Jaka paling merekomendasikan yang satu ini, geng!

Kalau kamu condong ingin melihat komedi dibandingkan dengan adegan romantisnya, anime yang satu ini sangat cocok buat kamu!

Bercerita tentang seorang gadis bernama Chiyo Sakura yang sedang mengungkapnya perasaan sukanya kepada Umetarou Nozaki. Karena telmi, Nozaki justru memberikan tandatangannya.

Ternyata, Nozaki adalah seorang shoujo mangaka dengan nama pena Sakiko Yumneno! Kesalahpahaman ini malah membuat Sakura menjadi salah satu asisten Nozaki!

Detail Keterangan
Rating 8.12 (254.296)
Jumlah Episode 12
Tanggal Rilis 7 Juli 2014
Studio Doga Kobo
Genre Comedy, Romance, School

9. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru.

Hachiman Hikigaya adalah seorang siswa SMA yang sangat apatis dengan lingkungan sekitarnya. Ia adalah tipe yang membuat dinding di sekitarnya agar tidak ada orang yang dekat-dekat dengannya.

Suatu hari, ia mendapatkan hukuman dengan bergabung Klub Sukarelawan yang membantu siswa-siswa mencapai tujuannya. Ia pun bertemu dengan gadis cantik yang dingin bernama Yukino Yukinoshita.

Perbedaan cara penyelesaian yang digunakan Hikigaya dan Yukino membuat mereka sering bertikai. Keduanya sangat sering dilerai oleh Yui Yuigahama yang juga bergabung ke klub tersebut.

Anime romantis komedi ini menawarkan sudut pandang yang fresh buat para penontonnya, dan nggak berhenti-berhenti buat menyuguhkan adegan lucu dan romantis di setiap episodenya.

Detail Keterangan
Rating 8.10 (344.971)
Jumlah Episode 13
Tanggal Rilis 5 April 2013
Studio Brain's Base
Genre Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School

10. Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Selanjutnya, ada anime Wotaku ni Koi wa Muzukashii. Bercerita tentang seorang wanita energik bernama Narumi Momose yang akan menjalani hari pertama di kantor baru.

Ia berangkat kerja dengan menyimpan tekad untuk menyembunyikan rahasia besarnya: Ia adalah seorang otaku dan fujoshi akut. Naru khawatir, ia akan dijauhi teman-temannya jika fakta tersebut terbongkar.

Sayang, ternyata ia satu kantor dengan Hirotaka Nifuji, seorang teman masa kecilnya yang juga sama-sama otaku. Terbongkarlah rahasia Naru!

Penasaran gimana lanjutan cerita cinta dua orang Otaku ini? Tonton aja anime ini di deretan situs nonton anime terbaik sub Indo, geng!

Detail Keterangan
Rating 8.06 (103.312)
Jumlah Episode 11
Tanggal Rilis 13 April 2018
Studio A-1 Pictures
Genre Comedy[, Romance, Slice of Life

11. Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen (Kaguya-sama: Love is War)

Tayang pada awal tahun 2019, anime Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen ini patut masuk ke dalam daftar anime yang wajib kamu tonton.

Anime ini bercerita tentang seorang presiden dan wakil presiden sekolah elit bernama Kaguya Shinomiya dan Miyuki Shirogane.

Mereka berdua merupakan siswa yang paling disegani dan dianggap sebagai pasangan yang sempurna. Faktanya, mereka berdua memang saling memendam perasaan.

Lucunya, mereka berdua sama-sama berusaha menyangkal kenyataan tersebut dengan begitu keras kepala.

Di sisi lain, mereka juga saling memancing agar ada yang mengungkapkan perasaan mereka duluan.

Detail Keterangan
Rating 8.42 (213.456)
Jumlah Episode 12 Episode
Tanggal Rilis 12 Januari 2019
Studio A-1 Pictures
Genre Comedy, Psychological, Romance, School, Seinen

12. Ore Monogatari!! (My Love Story!!)

Takeo Gouda merupakan seorang anak laki-laki bertubuh besar dan memiliki wajah yang garang. Banyak yang menyebutnya terlihat seperti gorila.

Hal ini membuatnya kesulitan untuk mendapatkan pacar. Apalagi, ia mempunyai seorang sahabat yang super tampan bernama Makoto Sunakawa.

Suatu hari di sebuah kereta, Gouda melihat seorang gadis yang sedang dilecehkan oleh penjahat kelamin.

Karena pada dasarnya Gouda adalah anak yang baik, ia langsung menolong gadis tersebut dan menyerahkan sang penjahat ke pihak yang berawajib.

Siapa yang menyangka, gadis bernama Rinko Yamato yang ia tolong itu langsung jatuh cinta kepadanya pada pandangan pertama. Apakah akhirnya Gouda berhasil memiliki seorang pacar?

Detail Keterangan
Rating 8.03 (172.354)
Jumlah Episode 24 Episode
Tanggal Rilis 9 April 2015
Studio Madhouse
Genre Comedy, Romance, School, Shounen

13. Kokoro Connect

Rekomendasi anime comedy selanjutnya Kokoro Connect memiliki alur susah ditebak. Kita akan melihat lima murid SMA membuat sebuah klub budaya karena merasa tidak ada klub lain yang cocok untuk mereka.

Klub ini terdiri dari Taichi yang menggemari olahraga gulat, Iori yang ceria dan optimis, Himeko yang tenang dan dewasa, Yui yang mantan atlet karate, dan Yoshifumi yang kocak.

Suatu hari, Yui dan Yoshifumi mengalami kejadian aneh karena tubuh mereka bertukar tubuh untuk waktu yang singkat.

Tak lama kemudian, fenomena ini juga dialami oleh teman-teman mereka yang lain secara acak. Akibatnya, mereka menemukan banyak rahasia tersembunyi yang bisa merusak persahabatan mereka.

Detail Keterangan
Rating 7.89 (254.934)
Jumlah Episode 13 Episode
Tanggal Rilis 8 Juli 2012
Studio Silver Link.
Genre Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School

14. Tsurezure Children

Mau nonton anime comedy-romance yang diambil dari berbagai sudut pandang? Coba deh tonton anime Tsurezure Children yang satu ini.

Anime romance comedy ini menceritakan tentang beberapa kisah cinta para tokohnya masing-masing. Menariknya, mereka saling berkaitan satu sama lain.

Setiap episode dari anime ini singkat dan berbeda. Artinya, kamu bisa beralih ke episode selanjutnya jika kurang menyukai suatu episode. Itulah yang menjadi kekuatan utama dari anime ini.

Cerita yang disuguhkan di Anime comedy romance ini juga bagus-bagus loh, kamu bakal dibikin penasaran kira-kira lanjutan ceritanya bakal jadi kaya gimana lagi.

Detail Keterangan
Rating 7.80 (176.068)
Jumlah Episode 12 Episode
Tanggal Rilis 4 Juli 2017
Studio Studio Gokumi
Genre Comedy, Romance, Shoujo

15. Golden Time

Kalau kamu bosan dengan anime yang berlatar anak sekolahan, coba deh tonton anime Golden Time yang satu ini. Karakternya di sini diceritakan baru saja memasuki kehidupan di kampus barunya.

Tokoh utama dari anime ini, Tada Banri, mengalami amnesia karena sebuah kecelakaan. Oleh karena itu, ia tak bisa mengingat masa lalunya sendiri.

Ia memutuskan untuk memulai hidup baru dengan berkuliah di Tokyo. Di sana, ia bertemu dengan seorang wanita cantik bernama Kaga Kouko.

Siapa yang menyangka, pertemuan tersebut justru menjadi pemicu kembalinya ingatan yang dimiliki oleh Banri.

Detail Keterangan
Rating 7.85 (266.075)
Jumlah Episode 24 Episode
Tanggal Rilis 4 Oktober 2013
Studio J.C.Staff
Genre Comedy, Drama, Romance

16. Chuunibyu demo Koi ga Shitai (Love, Chunibyo, & Other Delusion)

Ketika kamu duduk di bangku SMP, apakah kamu pernah merasa memiliki sebuah kekuatan super? Jika iya, kamu sama dengan karakter-karakter yang ada di anime comedy school berjudul Chuunibyu demo Koi ga Shitai ini, geng.

Sindrom tersebut dinamakan Chunibyo atau sindrom kelas delapan. Yuuta Togashi merupakan salah satu pengidapnya dan berusaha melupakan itu ketika ia masuk ke SMA.

Sayangnya ia bertemu dengan seorang gadis bernama Rikka Takanashi yang masih percaya bahwa dirinya memiliki kekuatan misterius. Apalagi, Rikka mengetahui masa lalu Yuuta.

Perjalanan yang mereka lalui bersama diiringi dengan banyak adegan konyol yang membuat mereka jatuh cinta satu sama lain. Anime terbaik dari Kyoto Animation ini cukup populer, loh!

Detail Keterangan
Rating S1: 7.84 (401.347)

S2: 7.59 (223,853)
Jumlah Episode S1: 12 Episode

S2: 12 Episode
Tanggal Rilis S1: 4 Oktober 2012

S2: 9 Januari 2014
Studio Kyoto Animation
Genre Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School

17. Nisekoi (False Love)

Ingin nonton anime comedy-romance yang berbau harem tapi non ecchi? Wajib hukumnya buat kamu untuk nonton anime Nisekoi yang satu ini!

Kamu akan melihat karakter utama, Raku Ichijou, dikelilingi banyak sekali wanita di dalam kehidupannya. Dijamin, bakal bikin jomblo iri!

Ia yang merupakan anak seorang pemimpin yakuza sebenarnya telah menaruh hati pada teman kelasnya, Kosaki Onodera.

Suatu hari ketika berangkat sekolah, ia bertemu dengan seorang wanita tsundere bernama Chitoge Kirisaki. Siapa yang menyangka, bahwa sebenarnya Chitoge anak seorang bos mafia!

Demi menghindari perang antar geng, ayah Raku dan Chitoge pun memutuskan untuk berpura-pura menjodohkan kedua anaknya. Bisakah mereka menjalaninya dan tidak menimbulkan kecurigaan?

Detail Keterangan
Rating S1: 7.75 (358.559)

S2: 7.47 (218.763)
Jumlah Episode S1: 20 Episode

S2: 12 Episode
Tanggal Rilis S1: 11 Januari 2014

S2: 10 April 2015
Studio Shaft
Genre Harem, Comedy, Romance, School, Shounen

18. Yamada-kun to 7-nin no Majo (Yamada-kun and the Seven Witches)

Anime penyihir terbaik Yamada-kun to 7-nin no Majo yang rilis pada tahun 2015 ini mendapatkan sambutan yang cukup positif dari para penonton.

Anime romance comedy dan supernatural ini memiliki unsur magis nan misterius yang membuatnya semakin seru serta menegangkan untuk ditonton.

Kita akan melihat seorang laki-laki bernama Ryuu Yamada bertukar tubuh dengan seorang gadis bernama Urara Siraishi. Fenomena tersebut terjadi karena mereka berdua tanpa sengaja berciuman.

Melalui kejadian tersebut, Yamada pun mengetahui ada sihir aneh di sekolah mereka dan memutuskan untuk menguak misteri tersebut.

Detail Keterangan
Rating 7.77 (236.683)
Jumlah Episode 12 Episode
Tanggal Rilis 12 April 2015
Studio LIDENFILMS
Genre Comedy, Harem, Mystery, Romance, School, Shounen, Supernatural

19. Ao Haru Ride (Blue Spring Ride)

Selanjutnya ada anime Ao Haru Ride yang unsur romantisnya cukup kental. Kisah cinta anak SMA benar-benar digambarkan secara manis di sini.

Anime ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Futaba Yoshioka yang menaruh perasaan pada teman laki-lakinya bernama Mabuchi Kou ketika SMP.

Lantas, Kou tiba-tiba menghilang dan Futaba pun kehilangan jejaknya. Ketika masuk ke bangku SMA, Futaba mengubah imejnya yang feminim menjadi sedikit tomboy.

Tanpa sengaja, ia bertemu lagi dengan Kou yang telah berubah secara drastis. Futaba pun penasaran, apa yang membuat Kou bisa menjadi seperti itu.

Detail Keterangan
Rating 7.77 (230.561)
Jumlah Episode 12 Episode
Tanggal Rilis 8 Juli 2014
Studio Production I.G
Genre Comedy, Drama, Romance, School, Shoujo, Slice of Life

20. Baka to Test to Shoukanjuu (Baka & Test - Summon the Beasts)

Anime romance comedy terakhir yang ada di daftar ini adalah Baka to Test to Shoukanjuu. Kisah dari anime ini berpusat pada Fumizuki Academy yang menerapkan pembagian kelas berdasarkan nilai ujian ketika masuk.

Anak kelas A akan mendapatkan banyak sekali fasilitas mewah, mulai dari AC, laptop, sofa, dan lain sebagainya. Sebaliknya, kelas F hanya mendapatkan barang-barang sisa.

Hal tersebut membuat munculnya persaingan antar kelas dengan menggunakan makhluk gaib yang kekuatannya mengikuti peringkat kelas yang dihuni.

Kondisi ini membuat hubungan di antara Akihisa Yoshii dan Minami Shimada yang sama-sama bersekolah di sini menjadi semakin rumit karena mereka saling bersaing dan juga jatuh cinta. Bagaimanakah kelanjutan anime comedy romance ini?

Detail Keterangan
Rating S1: 7.70 (249.638)

S2: 7.85 (164.047)
Jumlah Episode S1: 13 Episode

S2: 13 Episode
Tanggal Rilis S1: 7 Januari 2010

S2: 8 Juli 2011
Studio Silver Link.
Genre Comedy, Romance, School, Super Power

21. Ao-chan Can t Study!

Kalau kamu sedang mencari anime romance comedy terbaru, kamu harus menyaksikan serial yang satu ini yang berjudul Ao-chan Can t Study.

Anime ini mengisahkan tentang Horie yang selalu terjebak pada situasi rumit, di mana ia harus berduaan dengan pria yang diam-diam menyukainya, Kijima.

Hal ini diperparah dengan kehadiran sang ayah yang terkenal mesum dan sering banget menjahili Horie dan Kijima. Dijamin bikin seru dan ngakak maksimal, geng!

Detail Keterangan
Rating 6.83 (61.385)
Jumlah Episode 12 Episode
Tanggal Rilis 6 April 2019
Studio Silver Link.
Genre Comedy, Romance, Ecchi, Shounen

22. Kiss Him, Not Me

Kalau kamu membaca judul dari anime comedy romance ini pastinya ngerasa lucu banget kan? Dirilis pada tahun 2016, anime yang satu ini wajib kamu saksikan.

Anime ini mengisahkan tentang seorang remaja pria sekolah bernama Kae. Suatu hari, ia shock karena mendapati dirinya sudah berubah menjadi gadis cantik.

Hal ini sontak membuatnya jadi bulan-bulanan para cowok di sekolahnya. Bagaimana kelanjutan ceritanya? Saksikan dan tertawalah selebar-lebarnya!

Detail Keterangan
Rating 7.15 (115.615)
Jumlah Episode 12 Episode
Tanggal Rilis 7 Oktober 2016
Studio Brain's Base
Genre Romace, Reverse Harem, Comedy, School

23. School Rumble

School Rumble menyajikan kisah cinta remaja SMA yang tampak sederhana, namun justru menarik untuk diikui, geng.

Anime ini mengangkat tentang karakter Tsukamoto Tenma, pelajar kelas 2 yang menyukai salah satu teman sekelasnya yang bernama Karasuma Ooji.

Tenma sendiri cukup gengsi untuk mengakui perasaan tersebut. Namun situasi semakin tidak mengenakan padanya karena cowok idaman tersebut ternyata bakal pindah sekolah.

Meski ide ceritanya terdengar biasa, namun anime yang satu ini dijamin gak bakal bikin kamu bosan karena menyimpan sejumlah twist kocak yang terus berkembang.

Detail Keterangan
Rating 7.90 (140.727)
Jumlah Episode 26 Episode
Tanggal Rilis 5 Oktober 2004
Studio Studio Comet
Genre Romace, Comedy, School

Akhir Kata

Jadi itu geng rekomendasi Jaka tentang anime romance comedy terbaik dan terbaru 2023 khusus buat kamu. Daftar di atas dijamin bakal bikin perasaanmu teraduk-aduk, bingung antara mau ketawa atau baper.

Ya, memang sih kalau genre comedy-romance itu cukup populer apalagi di kalangan pecinta anime, mengingat jalan ceritanya yang cenderung ringan dan biasanya sangat related dengan kehidupan kita. Gak bakal rugi buat ditonton, deh!

Jadi, mana anime yang jadi favoritmu? Atau ada yang belum Jaka sebutkan di atas? Tulis aja di kolom komentar, ya!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

ARTIKEL TERKAIT

25 Anime Movie Terbaik dan Terbaru 2021, Dari yang Punya Plot Unik Sampai Mengharukan!

15+ Anime Fantasy Terbaik Rating Tertinggi 2021 | Dari yang Action, Supernatural, hingga Romance!

Rekomendasi 15 Anime Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Banget Nonton!

Kembali Keatas