Benarkah Airplane Mode Harus Diaktifkan di Pesawat?

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 06 September 2017, 20:00
banyak peraturan demi kenyamanan dan keamanan, termasuk aturan mematikan smartphone di dalam pesawat. Lantas, amankah Airplane Mode di pesawat

Dari semua jenis moda transportasi yang ada, pesawat terbang adalah yang paling cepat untuk mengantarkan kita menuju tujuan. Maka tak heran jika biaya yang harus dikeluarkan untuk naik pesawat lebih mahal dibandingkan transportasi darat dan air.

Selain mahal, di dalam pesawat juga banyak peraturan demi kenyamanan dan keamanan, termasuk aturan mematikan smartphone di dalam pesawat. Lantas, amankah Airplane Mode di pesawat?

BACA JUGA
  • Waduh, Pesawat Berjendela Persegi Lebih Sering Mengalami Kecelakaan!
  • Canggih! Sekarang Ada Mesin Pembuat Pesawat Kertas Otomatis

Amankah Airplane Mode di Pesawat? Inilah Fungsi Airplane Mode

Airplane Mode adalah suatu kondisi ketika pemancar (transmitter) dalam smartphone kamu dinonaktifkan. Artinya, semua komponen dalam smartphone yang memancarkan gelombang radio atau gelombang elektromagnetik seperti Bluetooth, NFC, GPS, WiFi, GSM/CDMA tidak diaktifkan. Tapi fungsi lain masih bisa digunakan.

Adapun mengaktifkan Airplane Mode di dalam pesawat bertujuan untuk mencegah gelombang elektromagnetik mengganggu sistem di pesawat. Pasalnya, gelombang elektromagnetik aktif di dalam pesawat berpotensi mengganggu sistem kendali, komunikasi, dan navigasi. Seram kan?

Selain itu, dengan mengaktifkan Airplane Mode di dalam pesawat, kamu juga akan membuat baterai smartphone lebih awet. Pasalnya, akan mencegah algoritma smartphone kamu untuk mencari jaringan yang tidak mungkin ditemukan selama di dalam pesawat.

Lebih Baik Matikan Smartphone Atau Airplane Mode di Pesawat?

Dalam keadaan Airplane Mode, kita masih bisa menggunakan smartphone untuk mendengarkan musik, main game offline, atau nonton video. Soalnya tidak memancarkan gelombang elektromagnetik.

Tapi, beberapa maskapai penerbangan di dunia tidak menoleransi penggunaan smartphone di dalam pesawat. Alasannya jelas, demi keamanan bersama. Nggak mau kan pesawat mengalami kendala di ketinggian 4.000 kaki?

Menggunakan smartphone di dalam pesawat memanglah sangat tidak aman, maka dari itu kita harus tahu amankah Airplane Mode di dalam pesawat. Namun, sekali lagi, ada baiknya jika kita patuhi regulasi maskapai penerbangan yang digunakan jika memang disuruh mematikan smartphone. Sekalian mengendalikan diri untuk tidak menggunakan smartphone loh!

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Airplanes Multiplayer 0.9.46
Games Sil
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Karaoke Mode 1.3.6
Apps inglesdivino
Minecraft: Story Mode 1.37
Games Telltale Games
Kembali Keatas