Waduh, Pesawat Berjendela Persegi Lebih Sering Mengalami Kecelakaan!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Saturday, 26 November 2016, 13:00
Sebagian orang yang naik pesawat lebih memilih untuk duduk di dekat jendela agar bisa melihat keluar. Tapi adakah dari kita menyadari bahwa semua jendela pesawat berbentuk bulat dan oval?

Bagi kalian yang sering traveling keluar negeri naik pesawat terbang maka pasti sudah tidak aneh lagi dengan interior pesawat terbang. Sebagian orang yang naik pesawat lebih memilih untuk duduk di dekat jendela agar bisa melihat keluar. Tapi adakah dari kita menyadari bahwa semua jendela pesawat berbentuk bulat dan oval?

Mungkin ini adalah hal yang sebenarnya tidak pernah kita perhatikan secara khusus. Tapi sebenarnya bentuk jendela pesawat itu mempunyai bagian penting dalam hal keselamatan dalam penerbangan pesawat.

BACA JUGA

    Waduh, Pesawat Berjendela Persegi Lebih Sering Mengalami Kecelakaan!

    Dulu hampir semua pesawat memiliki jendela berbentuk kotak atau square. Dan baru mengalami perubahan sebab pada rentang waktu tahun 1950-an terjadi 2 kecelakaan pesawat terbang. Salah satu kecelakaan pesawat itu menyisakan duka mendalam sebab menewaskan 56 orang penumpangnya.

    Tentu saja ini akhirnya menjadi banyak calon penumpang menjadi ketakutan untuk menaiki pesawat. Sehingga para peneliti berinisiatif untuk meneliti kenapa pesawat ini bisa mengalami kecelakaan. Ilmuwan pun sepakat bahwa faktor bentuk jendela yang persegi merupakan faktor paling bertanggung jawab atas terjadinya kecelakaan pesawat saat itu.

    Jendela pesawat berbentuk kotak dikatakan tidak sejalan dengan gaya atau deformasi yang diterima oleh badan pesawat saat terjadinya perubahan tekanan udara. Dimana jendela berbentuk kotak atau persegi memiliki titik lemah alami yang terdapat pada sisi sudut yang dipunyai, sehingga tidak dapat mendistribusikan tekanan secara merata. Ini membuat sudut jendela persegi mudah pecah.

    Sehingga setelah mengalami sejarah penerbangan yang kelam diputuskan bahwa setiap pesawat pengangkut penumpang diharuskan berjendela bulat penuh ataupun oval. Sehingga pendistribusian tekanan menjadi lebih lancar. Dan hal ini selalu menjadi satu catatan penting dalam dunia penerbangan.

    ARTIKEL TERKAIT

    Pesawat Jet Militer Amerika Bisa Terbang Hingga Lima Kali Kecepatan Suara, Indonesia Kapan?

    Aplikasi Ini Dapat Memperkirakan Pesawat yang Akan Kecelakaan Lho!

    AJAIB, Mobil ini Mampu Terbang Seperti Pesawat!

    APPS TERKAIT
    Simulator Penerbangan: Pesawat 1.24
    Games i6 Game
    Pesawat tempur - Air Fighter 1.1.001
    Games Mobistar
    Pesawatku 1.6
    Games SiswaMedia
    Tiket.com - Hotel & Pesawat 1.11.3
    Apps Tiket.com
    Kembali Keatas