6 Fitur Facebook yang Tidak Kamu Gunakan (Padahal WAJIB!)

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 07 April 2016, 13:00
Saking banyaknya fitur, ada beberapa fitur yang tidak diketahui oleh semua pengguna Facebook. Berikut JalanTikus rincikan 6 fitur Facebook yang mungkin tidak kamu gunakan, padahal wajib.

Sebagai sosial media terbesar di dunia, tidak dapat dipungkiri bahwa Facebook punya banyak sekali fitur yang sudah ada dan masih terus ditambah dengan inovasi-inovasi baru yang selalu rutin mereka update.

Saking banyaknya fitur, ada beberapa yang bahkan tidak diketahui oleh semua pengguna layanan yang diciptakan Mark Zuckerberg ini. Padahal fitur-fitur tersebut sangat berguna. Berikut JalanTikus kasih penjelasan lebih detail mengenai 6 fitur Facebook yang mungkin belum pernah kamu gunakan, padahal wajib.

BACA JUGA
  • 10 Trik dan Fitur Baru Facebook di Tahun 2016 (Part 1)
  • 10 Trik dan Fitur Baru Facebook di Tahun 2016 (Part 2)

6 Fitur Facebook yang Tidak Kamu Gunakan (Padahal WAJIB!)

1. Mendapatkan Kembali Konten yang Dihapus

Apa kamu pernah menggunakan fitur yang satu ini? Sebagian besar pengguna Facebook mungkin malah tidak menyadari ada fitur Retrieve Deleted Content di Facebook. Dengan inovasi ini, kamu dapat dengan mudah memulihkan postingan atau update status yang mungkin sengaja dihapus di masa lalu. Berikut cara mengembalikan konten yang sudah dihapus.

2. See First

Bagaimana kita bisa melihat update status teman dekat? Facebook News Feed memang kadang agak aneh, bukan update status terbaru dari teman-teman yang muncul melainkan secara acak. Facebook tidak memberikan kita pilihan untuk merancang news feed yang ditampilkan.

Karena teman Facebook kita tidak sedikit, kamu bisa mengatur agar update status teman dekat kita yang tampil paling awal di halaman beranda Facebook. Caranya dengan memanfaatkan fitur 'See First', berikut langkah-langkahnya.

ADVERTISEMENT

3. Donate

Fitur Facebook yang satu ini memang sangat mulia, dimana kamu dapat menyumbangkan sejumlah uang pada organisasi nirlaba atau organisasi non profit. Seperti sekolah negeri, organisasi jasa sukarelawan, serikat buruh, asosiasi profesional, institut riset, museum, dan lain sebagainya.

4. Sinkronisasi Kalender Facebook dengan Kalender Google

Fitur yang satu ini tentunya sangat berguna, apa lagi buat kamu pengguna smartphone Android yang tidak ingin melewatkan peristiwa penting di Facebook. Kamu dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi kalender Facebook dengan kalender Google, yang akan menyelaraskan semua ulang tahun dan semua peristiwa teman Facebook kamu di kalender Google smartphone. Caranya:

5. Save Now, Read Later

Setiap kali kita membuka Facebook, kadang ada beberapa posting yang cukup menarik. Kita ingin sekali membaca semuanya, tapi tidak sempat dan hanya bisa membaca sebagian. Nah kamu bisa memanfaatkan fitur 'save' posting, simpan dulu saja dan baca kalau sudah punya waktu luang. Tentunya ini akan menghemat waktu kamu, daripada harus mencari ulang.

6. Merubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fan Page

Ada batasan jumlah teman yang kita miliki di Facebook, hanya 5.000 orang saja. Jika jumlah teman sudah melebihi angka tersebut, maka orang lain tidak akan bisa mengirim permintaan pertemanan ke kamu. Buat kamu yang cukup populer di media sosial Facebook, tak perlu risau. Pasalnya kamu dapat merubah profil Facebook pribadi menjadi sebuah halaman fan page, artinya teman-teman kamu akan menjadi follower layaknya Twitter. Caranya buka Profile to Page Migration, lalu klik get started.

Itulah 6 fitur yang mungkin tidak kamu gunakan, padahal layak kamu coba. Dengan mengetahui fitur-fitur di Facebook secara detail, kamu bisa menggunakan Facebook tidak hanya sekedar untuk bersosialisasi. Banyak hal lain yang dapat dilakukan di Facebook. Jangan lupa untuk berikan pendapat kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT

15 Cara Hack Facebook Orang Lain Terlengkap dan Tips untuk Mencegahnya!

APPS TERKAIT
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Facebook Messenger 2.1
Apps Facebook, Inc.
Facebook Home 1.3
Apps Facebook, Inc.
Kembali Keatas