5 Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel Terbaru 2024

Ditulis oleh Fitria Handayani - Monday, 06 May 2024, 12:00
Mau registrasi nomor Telkomsel seluler kamu? Ini cara cek NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel terbaru 2024 yang dijamin mudah dan cepat!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoinfo) membuat kebijakan pendaftaran nomor HP menggunakan NIK atau KK sesuai Peraturan Menteri (Permen) Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2017, bahwa setiap satu nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) hanya bisa digunakan di tiga nomor kartu seluler.

Kebijakan ini bertujuan untuk mengantisipasi penipuan atau pencurian data pengguna. Mengutip dari Antara, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Wayan Toni Supriyanto mengatakan bahwa masih ada NIK dan KK yang didaftarkan ke nomor seluler tidak sesuai dengan pemilik identitas aslinya.

Jika kamu ingin tahu apakah nomor Telkomsel milikmu sudah pernah didaftarkan atau belum, sebaiknya kamu ikuti cara cek NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel berikut ini. Cara ini sebaiknya kamu coba agar terhindar dari kerugian di masa mendatang.

1. Cara Melihat NIK Yang Terdaftar di Kartu Telkomsel Lewat Call Center

Sumber foto: IST - Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi call center di 188. Kamu hanya perlu mengetik nomor tersebut di layar panggilan, lalu panggil. Admin yang bertugas akan memandumu dan kamu cukup mengikuti instruksinya.

Sayangnya, untuk pengguna Telkomsel pra-bayar, layanan ini membutuhkan Rp300 untuk setiap sambungan. Lain halnya dengan pengguna kartu pasca-bayar yang tidak dikenakan biaya. Jadi, pastikan kamu sudah cek pulsa Telkomsel sebelum melakukan panggilan.

2. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Telkomsel Lewat Kode USSD

Sumber foto: Doc.JalanTikus - Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel

Cara cek no HP yang terdaftar di NIK bisa juga kamu lakukan melalui kode USSD Telkomsel. Ini menjadi alternatif lain kalau kamu tidak memiliki cukup pulsa untuk menghubungi call center. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Ketik *444# di layar telepon, lalu klik Panggil.
  2. ADVERTISEMENT
  3. Kamu akan menemukan tiga opsi layanan registrasi prabayar.
  4. Pilih Cek Status Registrasi, lalu Kirim.
  5. Masukan NIK yang kamu daftarkan, klik Kirim.
  6. Informasi akan diproses dan dikirimkan lewat SMS.

Baca Juga: 5 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Nomor Hangus Bisa Digunakan Lagi!

3. Cara Cek NIK Terdaftar di Telkomsel Lewat SMS

Telkomsel belum memiliki layanan khusus untuk pengguna yang ingin memeriksa NIK yang terdaftar melalui penggunaan pesan singkat (SMS). Metode ini hanya dapat digunakan untuk registrasi kartu Telkomsel.

Silakan ikuti panduan ini, jika kamu ingin langsung mendaftarkan kartu kamu tanpa melihat jumlah pengguna NIK agar tak melebihi batas untuk registrasi:

  1. Buka aplikasi pesan singkat di ponsel kamu.
  2. Tuliskan pesan dengan format REG [spasi] NIK#Nomor KK#, misalnya REG 123456#654321.
  3. Segera kirim pesan ini ke nomor 4444.
  4. Tunggu sejenak hingga kamu menerima konfirmasi bahwa registrasi kartu sukses.
  5. Proses selesai.

Bagi kamu yang merupakan pelanggan lama Telkomsel, langkah-langkah yang sama berlaku. Hanya saja, gunakan format SMS ULANG [spasi] NIK#Nomor KK#.

4. Cek NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel Online Melalui Veronika

Sumber foto: IST - Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel

Selain cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan layanan dari Asisten Virtual Telkomsel atau Veronika untuk cek nomor yang terdaftar di NIK online. Ikuti cara berikut ini:

  1. Masuk ke situs resmi Telkomsel.
  2. Klik pada opsi Bantuan.
  3. Scroll ke bawah dan temukan Asisten Virtual Telkomsel.
  4. Klik Selengkapnya.
  5. Pada pojok kanan bawah layar, terdapat simbol asisten virtual tadi, Klik.
  6. Isi nama kamu, dan klik Mulai.
  7. Tulis keperluanmu, misalnya cara cek no NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel.
  8. Veronika akan membalas chat dengan memberikan jawaban secepat kilat.

Selain bertanya soal registrasi kartu seluler, melalui asisten virtual ini kamu juga bisa menanyakan cara cek nik yang terdaftar di kartu Telkomsel yang sudah hangus. Namun, kamu wajib memiliki kuota internet Telkomsel untuk mencoba cara ini.

5. Cara Cek No NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel di GraPari

Sumber foto: IST - Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel

Di GraPari, kamu bebas menanyakan cara cek NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel status seperti apa sebelum kamu mendaftarkan nomormu. Kamu juga bisa menanyakan cara mengetahui nomor yang sudah terdaftar di 4444.

Untuk mengetahui lokasi GraPari terdekat, kamu bisa mencarinya melalui bantuan Asisten Virtual Telkomsel tadi dan ketik Cari GraPari. Pastikan kamu mengetahui nomor Telkomsel sendiri karena kamu memerlukan nomor ini untuk pengecekan.

Cara Menghapus Registrasi Kartu Telkomsel

Jika setelah dicek, ternyata slot registrasi kartu Telkomsel pada NIK atau KK milikmu sudah penuh, kamu bisa mengatasinya dengan membatalkan registrasi kartu Telkomsel. Berikut cara menghapus registrasi kartu Telkomsel:

  1. Hubungi *444#.
  2. Pilih UNREG pada opsi Layanan Registrasi Prabayar.
  3. Klik Kirim.

Nah, sekarang nomormu sudah tidak teregistrasi lagi di nomor KK atau NIK. Kamu bisa registrasi dengan nomor lain yang diperlukan.

Akhir Kata

Cara cek NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel penting untuk mencegah penyalahgunaan nomor identitas untuk pendaftar yang tidak dikenal. Dengan cara di atas, kamu tidak akan kesulitan lagi untuk mengetahui nomor yang terdaftar di dalam NIK atau nomor KK milikmu. Dijamin tidak kalah mudah dibanding cara registrasi kartu Telkomsel.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Kembali Keatas