Tanpa Diceritakan, Ternyata Facebook Sudah Tahu Banyak Tentang Kamu

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 02 January 2017, 21:00
Tanpa harus kamu posting, ternyata Facebook sudah tahu banyak tetang kamu. Bahkan, informasi pribadi yang tidak kita unggah.

Facebook masih merupakan platform media sosial terbesar di dunia. Membantu kamu terhubung dan berbagi dengan orang-orang yang kamu kenal.

Facebook bisa digunakan secara gratis dan kita juga mungkin tahu bahwa Facebook menghasilkan pendapatan dari iklan yang tertarget. Dengan melacak apa yang kamu lihat dan klik pada saat menggunakan situsnya.

BACA JUGA
  • Inilah! 10 Cara Pengaturan Privasi Facebook yang Harus Kamu Ubah

Facebook Tahu Banyak Tentang Kamu

Facebook juga mengumpulkan informasi dari perincian profil kamu, untuk mencari tahu apa yang kamu suka sehingga iklan yang tampil lebih relevan.

Facebook melacak apa yang kamu suka, yang kamu bagikan, komentar-komentar kamu, dan apa yang kamu lihat. Itulah harga yang harus dibayar oleh pengguna Facebook.

Facebook sendiri mengakui melakukan hal itu. Sejauh ini masih sesuai kebijakan yang ada yakni hanya untuk menayangkan iklan yang lebih baik.

Namun, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh ProPublica mengungkap bahwa Facebook tahu lebih banyak tentang kamu.

Facebook Tahu Lebih Banyak

Sumber foto: [Foto: Marcio Jose Sanchez

Ternyata Facebook mengumpulkan informasi pengguna dari beberapa sumber yang berbeda, termasuk data pribadi yang tidak kita cantumkan secara online.

ADVERTISEMENT

Facebook bekerja sama dengan grup penyedia data pihak ketiga seperti Acxiom, Datalogix (Oracle Data Cloud), Epsilon, Experian, dan Quantium.

Artinya, Facebook juga mungkin mengetahui perincian gaji, restoran favorit, daftar belanja supermarket, lokasi yang kamu kunjungi, dan lainnya. Yang digunakan untuk menampilkan iklan yang benar-benar relevan.

Facebook tidak memberi tahu pengguna tentang data ini. Singkatnya, Facebook ingin mengumpulkan semua data yang dibutuhkan dari penggunanya.

Setidaknya, Mark Zuckerberg tidak mengharuskan membayar untuk menggunakan Facebook. Tapi, mereka memang harus menjalankan perusahaan dan memberikan Facebook tetap gratis untuk kamu.

Di sisi lain, privasi pengguna juga tidak dapat diabaikan. Bagaimana pendapat kamu?

ARTIKEL TERKAIT

6 Fitur Facebook yang Tidak Kamu Gunakan (Padahal WAJIB!)

Cara Mudah Mengetahui Akun Facebook yang Palsu atau Asli

APPS TERKAIT
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Facebook Messenger For Android
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Free Basics by Facebook 6.0
Apps Facebook, Inc.
Kembali Keatas