Bluetooth 5.0, Bakal 2 Kali Lebih Kencang dan 4 Kali Jangkauan Lebih Luas

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 09 December 2016, 18:30
Bluetooth SIG mengembangkan Bluetooth 5.0 pada semua perangkat mobile. Bluetooth 5.0 diklaim lebih cepat, dan memiliki jangkauan yang lebih luas. Seperti apa ya?

Kalian pasti tahu Bluetooth kan? Dari zaman handphone masih dilengkapi dengan Infrared dan Bluetooth, keduanya selalu digunakan sebagai sarana untuk transfer data dan sebagainya. Bayangkan, saat ini teknologi Bluetooth sudah ada di mana-mana dan punya banyak fungsi.

Bluetooth Special Interest Group (SIG) telah mengemukakan teknologi Bluetooh 5.0. Teknologi yang diperkenalkan pada Juni lalu ini sedang dikembangkan dan ke depannya akan digunakan pada banyak perangkat. Apa saja keistimewaan teknologi Bluetooth 5.0?

BACA JUGA

    Inilah Keunggulan Fitur Bluetooth 5.0

    Sumber foto: Foto: GSMArena.com

    Dilansir dari GSMArena, Bluetooth 5.0 akan 2 kali lebih cepat, 4 kali lebih luas jangkauan, dan 8 kali kapasitas transfer data dibandingkan Bluetooth 4.2 yang dipakai pada perangkat hemat energi. Kecepatannya mulai dari 1 Mbps hingga maksimal 2 Mbps untuk saat ini.

    Dengan 4 kali jangkauan lebih luas, 2 kali kecepatan, dan 8 kali kapasitas transfer data, Bluetooth 5 akan berfokus pada pengembangan perangkat berbasis Internet of Thing (IoT). Kami mengharapkan pengalaman yang lebih baik dengan teknologi ini, jelas Bluetooh SIG.

    Sumber foto: Foto: PhoneArena.com

    Berdasarkan SIG, dua dari tiga pengguna lebih menyukai perangkat dengan dukungan fitur Bluetooth. Ke depannya, pada 2020, akan ada lebih dari 13,9 juta perangkat dengan teknologi dari Special Interest Group. Salah satu dari tiga perangkat akan memiliki fitur Bluetooth di dalamnya.

    Di masa depan Bluetooth tidak hanya bisa digunakan pada perangkat smartphone dan audio, tetapi bisa juga digunakan pada smart home. Bagaimana menurut kamu? Apakah teknologi akan membantu kehidupan manusia? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar.

    Banner: GSMArena.com

    ADVERTISEMENT
    ARTIKEL TERKAIT

    Bluboo Edge: Smartphone Tiruan Galaxy S7 Edge Harga Rp 1 Jutaan

    Gila! Dokter Ini Menumbuhkan Telinga di Tangan Seorang Pria!

    Padukan Seni dan Teknologi, Meizu Boyong 3 Smartphone Baru ke Indonesia

    APPS TERKAIT
    SHAREit 5.3.18
    Apps SHAREit Technologies Co.Ltd
    Xender: File Transfer, Sharing 3.1.0329
    Apps Xender Team
    Wondershare Mobile Transfer 7.6.1.480
    Apps Mobile Transfer
    Kembali Keatas