5 Cara Transfer File Dari PC ke Android Tanpa Aplikasi

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 29 September 2016, 18:00
Berikut Jaka akan tuliskan beberapa tips bagaimana cara transfer file dari PC ke Android tanpa aplikasi.

Kamu pasti sering dong transfer file dari laptop ke gadget atau sebaliknya? Mungkin ada kalanya kamu mengalami kendala saat mau mengirim file ke teman. Untuk cara cepat transfer file sesama smartphone atau transfer file dari smartphone ke PC JalanTikus pernah membahasnya, tapi untuk kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara transfer file dari PC ke Android.

Jika kamu mempunyai paket data internet yang melimpah atau ada fasilitas Free Wi-Fi di sekitar rumah, maka tips kali ini sangat cocok untuk kamu yang tidak mau direpotkan dengan berbagai aplikasi yang dapat memberatkan smartphone. Berikut Jaka akan tuliskan beberapa tips bagaimana cara transfer file dari PC ke Android tanpa aplikasi :

BACA JUGA
  • 10 Aplikasi Terbaik Transfer File Antar Android Tanpa Bluetooth
  • Cara Mudah Transfer File Dari Android Ke Komputer Tanpa Kabel
  • Cara Transfer File dari Android ke PC Tanpa Bluetooth

5 Cara Transfer File Dari PC ke Android Tanpa Aplikasi

1. 9c.nu (Web): Berbagi File Clipboard dengan Wi-Fi

Tips pertama untuk cara transfer file dari PC ke Android ialah menggunakan 9c.nu. Jika kamu mau membuat pesan, tulisan, kata-kata, hingga cerita yang panjang, tapi kamu malas mengketik di smartphone? Maka solusi yang paling mudah ialah dengan mengetiknya di keyboard fisik komputer atau laptop. Untuk melakukannya kita bisa memanfaatkan layanan dari 9c.nu.

Caranya sangat mudah, buka 9c.nu dengan browser laptop lalu masukan beberapa teks pada kotak 'Teks Below' kemudian buka 9c.nu dari browser smartphone dan secara otomatis teks yang kamu ketik melalui laptop akan muncul di browser smartphone. Tapi ingat teknik ini akan bekerja kalau kamu berada dalam koneksi Wi-Fi yang sama. Jadi sekarang kamu akan lebih mudah untuk copy-paste file clipboard untuk dibagi-bagikan ke teman-teman kamu.

2. LanNote (Web): Berbagi File dengan Wi-Fi yang Sama

Seperti halnya 9c.nu, LanNote juga dapat untuk transfer file dari PC ke Android saat terhubung pada jaringan Wi-Fi yang sama. Tapi sedikit berbeda dengan 9c.nu pada LanNote kamu tidak hanya membagi file teks tetapi dapat mengirim file lain seperti gambar, link, dokumen, dan lainnya. Layanan ini sangatlah cocok untuk kamu yang bekerja di kantor karena dengan jangkauan Wi-Fi yang sama kamu bisa saling berbagi file dengan rekan kerja.

Cara menggunakannya sama dengan penggunaan 9c.nu, kamu tinggal buka lannote.com lalu tulis nama, pesan, dan pilih file yang akan dibagikan. Setelah itu suruh teman kamu untuk membuka lannote.com secara otomatis nanti akan ada daftar file yang bisa di-download.

3. Snapdrop (Web): Kirim Semua Jenis File dengan Mudah

Menurut saya layanan yang satu ini adalah layanan yang keren dan simpel sebagai cara transfer file dari PC ke Android. Snapdrop tidak perlu di-install dan kompatibel dengan semua perangkat mulai dari Windows, Mac OS X, dan Linux karena layanan ini berbasis web. Kita bisa saling mengirim file dengan sangat mudah.

Cara penggunaannya, hubungkan PC dan smartphone dengan Wi-Fi yang sama kemudian buka snapdrop.net pada masing-masing browser, setelah terbuka maka kamu akan melihat daftar device yang terhubung ke server dalam bentuk ikon di tengah. Untuk proses transfer file sangatlah mudah, kamu tinggal klik ikon di tengah dan pilih file yang akan dikirim.

ADVERTISEMENT

4. Simple Savr (ssavr.com): Kirim File dengan Aman

Untuk yang satu ini sedikit berbeda dari layanan sebelumnya, pada Simple Savr kamu bisa mengirim file pada satu jaringan Wi-Fi tapi dapat juga berbagi file jarak jauh. Simple Savr memiliki sistem untuk mengenkripsi data sehingga akan lebih aman saat berbagi file, kamu juga dapat memberi password pada file yang akan dikirim untuk membantu keamanan akses file di Simple Savr.

Khusus untuk cara membagi file jarak jauh kamu harus mengatur IP Address kamu secara manual agar teman kamu dapat mengakses file bersama-sama. Untuk cara merubah IP Address sangat mudah yaitu dengan cara masuk ke menu Setting dari Simple Savr lalu tambahkan IP Address.

5. Reep.io (Web): Berbagi File Jarak Jauh Menjadi Lebih Cepat

Jika kamu tidak dalam jangkauan Wi-Fi yang sama, maka salah satu solusi agar tetap bisa berbagi file yaitu dengan reep.io. Layanan ini serupa dengan layanan Simple Sarv tetapi memiliki sedikit berbedaan pada sistem kerjanya. Karena pada reep.io menggunakan sistem peer-to-peer untuk menghubungkan antar dua perangkat yang terhubung.

Untuk cara penggunaannya, pertama kita upload file ke server (tidak secara penuh) kemudian akan muncul link download lalu buka link tadi di browser teman untuk men-download file kita. Pada proses inilah peer-to-peer akan berjalan, jadi ketika teman mulai men-download file melalui link tadi, proses upload kita akan berlanjut (upload secara penuh). Dengan menggunakan sistem ini maka akan mempercepat proses berbagi.

Kesimpulan

Itulah 5 cara transfer file dari PC ke Android tanpa perlu install aplikasi. Saya harap tips kali ini dapat bermanfaat untuk kamu yang mempunyai masalah dalam transfer file bersama teman atau kamu seorang yang tidak mau direpotkan oleh berbagai aplikasi. Jadi mana layanan yang kamu paling suka untuk berbagi file? Silahkan tulis pendapat kamu di kolom komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Remote Komputer Kamu Menggunakan HP Symbian Jadul

Cara Transfer Data Menggunakan NFC atau Android Beam

15 Keunggulan HP Jadul yang Gak Bisa Kamu Temuin di Smartphone Modern

Cara Kirim File dengan Smartphone tanpa Menggunakan Internet dan Bluetooth

Cara Membuat Kamera Pengintai dengan Smartphone Jadul

APPS TERKAIT
Pushbullet For Windows 338
Apps Pushbullet
AirDroid Desktop 3.1.4.1
Apps Sand Studio
Sunshine - File Sharing App 1.2.09
Apps Spika Inc.
WeTransfer 1.0.7
Apps WeTransfer BV
undefined
Kembali Keatas