Satelit Facebook Meledak, Ini Penyebabnya

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 03 September 2016, 14:00
Roket SpaceX Falcon 9 meledak, satelit Facebook pun ikut hancur lembur. inilah penyebabnya.

Seperti yang kamu ketahui, Facebook punya program "Internet Tanpa Pulsa untuk Semua" yakni Internet.org. Internet.org adalah sebuah inisiatif dari Facebook yang bertujuan untuk membuat akses Internet tersedia bagi dua per tiga populasi dunia yang belum terhubung dengan Internet.

Sayangnya, niat baik Facebook bakal mengalami hambatan. Pasalnya, roket tanpa awak SpaceX Falcon 9 meledak ketika sedang pengisian bahan bakar di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Roket ini juga menghancurkan roket dan satelit pertama Facebook yang harusnya mengorbit pada Sabtu, 3 September 2016.

BACA JUGA
  • Cara Agar WhatsApp Kamu Tidak Terhubung Dengan Facebook

Satelit Facebook Hancur Akibat Ledakan Roket Falcon 9

Dilansir dari Techcrunch, ceritanya SpaceX sedang melakukan uji meluncurkan roket tak berawak ketika ledakan itu terjadi Kamis 1 September 2016 pagi waktu setempat. Menurut saksi mata, roket meledak ketika duduk di landasan peluncuran. Falcon 9 dijadwalkan lepas landas pada hari Sabtu untuk membawa satelit pertama Facebook ke dalam orbit.

SpaceX sendiri telah mengonfirmasi bahwa peluncuran SpaceX Falcon 9 mengalami masalah, beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Elon Musk CEO SpaceX mengatakan ledakan SpaceX Falcon 9 terjadi ketika dilakukan pengisian bahan bakar. Ledakan tersebut berasal dari tangki oksigen bagian atas yang terjadi selama pengisian bahan bakar.

Rencananya, roket Falcon 9 akan membawa satelit Amos 6 milik Facebook. Amos 6 adalah satelit pertama Facebook yang dimaksudkan untuk memberikan akses Internet broadband nirkabel untuk bagian barat, Afrika Timur dan Selatan melalui Internet.org. Harga satelit Amos 6 sendiri bernilai lebih dari US$200 juta atau sekitar Rp2,6 triliun.

ARTIKEL TERKAIT

Tinder Error, Pengguna iOS Semakin Banyak yang Jadi Jomblo

Opera Sync Di-HACK, Ganti Password Opera Kamu Sekarang!

5 Samsung Galaxy Note 7 Meledak Saat Di-charge, Pengiriman ke Indonesia Dihentikan

APPS TERKAIT
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Facebook Messenger For Android
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Facebook Home 1.3
Apps Facebook, Inc.
Kembali Keatas