Ustadz Jaka: Buka Puasa Bersama atau Dosa Bersama?

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 07 Juli 2015, 14:39
Tentu acara buka puasa bersama ini adalah salah satu hal yang sangat disenangi oleh Allah SWT. Pasalnya, di acara inilah kita dapat menjalin silaturahmi lagi dengan kolega-kolega yang sudah lama tak bertemu.

Sepertinya ini akan jadi pembahasan yang menarik, kemarin saya mendapatkan pertanyaan yang unik seputar dengan kegiatan buka puasa bersama yang seolah-olah sudah jadi tradisi di Negara ini setiap bulan Ramadhan tiba.

Biasanya dimulai dari buka puasa dengan teman SMP, lalu dilanjutkan teman SMA dan seterusnya. Bayangkan jika kita memiliki setidaknya 20 komunitas, paling tidak kita akan mengikuti setengah dari buka bersama itu.

Tentu acara buka puasa bersama ini adalah salah satu hal yang sangat disenangi oleh Allah SWT. Pasalnya, di acara inilah kita dapat menjalin silaturahmi lagi dengan kolega-kolega yang sudah lama tak bertemu. Namun pada beberapa kesempatan, acara ini bisa berbuah menjadi Dosa bersama.

Dosa Bersama?

Berkaca pada pengalaman yang sudah-sudah, banyak dari kita yang melakukan buka puasa bersama namun melalaikan Sholat . Memang sih tidak semua dari kalian melalaikan Sholat ketika sudah berbuka, namun hal seperti ini patut menjadi perhatian penting, karena jangan sampai acara yang disenangi Allah SWT menjadi acara yang dikecam oleh yang maha kuasa.

Bayangkan, selepas Azan Maghrib berkumandang, semua yang berpuasa lekas berbuka dengan makan dan minum. Setelah itu, banyak dari kita yang tidak langsung bergegas untuk mengambil wudhu untuk menunaikan Sholat Maghrib, melainkan lebih memilih untuk mengobrol dan ber-selfie-selfie ria.

Dan tahu-tahu Azan Isya sudah berkumandang, seolah-olah melewatkan Sholat Maghrib adalah hal yang Normal dan Lumrah ketika acara buka puasa bersama. Janganlah kita berbicara soal Sholat Tarawih dulu, yang pada dasarnya memang tidak wajib, namun tentu acara buka puasa bersama ini bisa kita manfaatkan lebih seperti Sholat Maghrib, Isya bahkan Tarawih secara bersamaan.

Tapi Kan Niatnya Baik?

Jika yang muncul seperti kasus di atas, tentu acara "buka puasa bersama" ini tidak bisa disebut lagi sebagai acara Silaturahmi meskipun niat awalnya baik, melainkan acara Dosa Bersama karena kita telah melalaikan Sholat Wajib.

Ingat, Niat yang baik harus sejalan dengan tingkah laku yang baik pula. Jika kamu berniat untuk bersilaturahmi namun melalaikan Sholat Wajib, tentu ini tidak bisa disebut sebagai tindakan terpuji yang disukai oleh Allah SWT.

ADVERTISEMENT

Jadi, Apa Buka Bersama Itu Gak Boleh?

Sampai saat in, TIDAK ADA dalil Qur'an atau Hadist yang menyatakan bahwa buka puasa bersama adalah Haram. Tentu hal seperti ini sangat disenangi oleh Allah SWT, tapi tolong perhatikan baik-baik tentang "Apa yang kalian lakukan?" di acara buka puasa bersama tersebut, jadikanlah buka puasa bersama jadi ajang cari berkah bukannya cari dosa jamaah.

Wallahu a'lam bishawab

Tanya Jawab Lainnya

undefined
Kembali Keatas