Ustadz Jaka: Hukum Membaca Al-Quran di Aplikasi Smartphone di Toilet / WC

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 19 Juni 2015, 14:31
Saya mau bertanya, kira-kira apa hukumnya dengan menginstall Aplikasi Al-Quran di Smartphone lalu membawa dan membacanya ketika sedang berada di toilet?

Pertanyaan

Saya mau bertanya, kira-kira apa hukumnya dengan menginstall Aplikasi Al-Qur'an di Smartphone lalu membawa dan membacanya ketika sedang berada di toilet?

Manuputy, 23 Tahun

Jawaban

Pertanyaan yang cukup cerdas, dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat semua hal dapat dilakukan melalui smartphone, termasuk membaca Al-Qur'an.

Sebelum ke arah yang lebih jauh, banyak dari para ulama yang sudah bersepakat bahwa Al-Qur'an harus dimuliakan, yang mengingat fungsinya adalah sebagai pedoman hidup manusia yang berisi mukjizat terbesar di muka bumi ini, yaitu firman Allah SWT.

Hal yang paling mudah untuk memuliakannya adalah dengan tidak membawanya masuk ke dalam Toilet atau WC. Lewat salah satu ayatnya Allah SWT berfirman, "Dan barangsiapa yang mengagungkan syiar-syiar Allah SWT, maka sesungguhnya itu berasal dari ketakwaan hati." (QS. Al-Hajj: 32)

Jika Hanya Membawa dan Tidak Membacanya?

Syeikh Muhammad Nashiruddin Al Albani menjelaskan bahwa seseorang yang membawa Al-Qur'an di dalam saku baju atau celananya ke Toilet/WC maka tidaklah berdosa, karena Al-Qur'an tersebut tidak dalam keadaan terbuka, melainkan tertutup.

Wallahu alam bis-shawab.

Al'Quran Bahasa Indonesia 4.5.5
Apps Productivity MartinVillar.com
DOWNLOAD

Tanya Jawab Lainnya

undefined
Kembali Keatas