6 Cara Cara Ampuh Mengatasi Kartu XL Gangguan + Penyebabnya

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 08 September 2023, 17:15
Apakah XL gangguan hari ini? Jaka punya nih berbagai solusi jitu gimana cara mengatasi gangguan sinyal XL yang bisa kalian aplikasikan (Update 2023).

Sedang mengalami XL gangguan hari ini September 2023 yang membuat koneksi hilang total? Tidak perlu panik, berikut ini Jaka punya list lengkap penyebab XL bermasalah hari ini dan cara mengatasi gangguan sinyal XL 2023 yang dijamin ampuh buat kamu!

Gangguan sinyal internet XL tentunya sangat menjengkelkan. Mengutip dari berbagai sumber terkini 2023, beberapa penyebab XL gangguan akhir-akhir ini adalah pemeliharaan jaringan dari provider XL, perubahan cuaca ekstrem dan padatnya penggunaan koneksi di satu wilayah.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk langsung simak cara cek gangguan XL dan mengatasi XL gangguan hari ini September 2023 dan memperkuat koneksi di bawah ini!

Ciri-Ciri XL Gangguan

Sebelum ke langkah kuratif untuk mengatasi permasalahan ini, kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah XL sedang gangguan atau tidak?

Pasalnya, terkadang kita merasa seperti mengalami gangguan, padahal ternyata paket internet XL habis dan luput dari pengamatanmu.

Lalu, apa saja sih ciri-ciri kartu XL sedang gangguan? Berikut cara cek jaringan XL hari ini yang bisa kamu coba:

1. Koneksi Internet XL Super Lambat

Heran kenapa sinyal XL jelek hari ini? Atau koneksi internetnya super lambat dari biasanya? Bisa jadi ini merupakan salah satu ciri bahwa kartu XL kamu sedang mengalami gangguan.

ADVERTISEMENT

Hal ini juga berlaku ketika kalian mengakses internet XL di tempat yang sama seperti biasanya, namun merasakan perbedaan kecepatan yang signifikan. Pasalnya, kecepatan koneksi di tiap lokasi bisa berbeda-beda.

Perhatikan juga apakah keadaan sekitar kalian terhalang oleh tembok beton atau sebagainya yang dapat menghambat sinyal dari kartu yang kalian pakai.

2. Tidak Bisa Terhubung Ke Internet

Apakah APK XL gangguan hari ini? Nah ciri-ciri kartu XL sedang gangguan yang berikutnya adalah tidak dapat terhubung ke jaringan internet sama sekali.

Ketika hal ini terjadi padahal kuota internet dan paket data sudah aktif, kemungkinan besar memang ada gangguan yang sedang terjadi. Untuk lebih memastikannya, kamu bisa coba beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.

Jika semua aplikasi yang kamu buka tersebut gagal untuk diakses, maka kamu bisa cari tahu cara mengatasi masalah XL error pada pembahasan Jaka di bagian berikutnya.

3. Jaringan Tidak Terdeteksi

Hal ketiga ini bisa dikatakan sebagai gangguan sinyal XL yang paling parah. Pasalnya, bukan hanya koneksi internet yang tidak bisa diakses, sinyal kartu XL pun tiba-tiba hilang.

Nah, jika sinyal kartu XL kalian tiba-tiba tidak terdeteksi sama sekali, maka bisa dipastikan ada gangguan jaringan, seperti gangguan yang terjadi beberapa hari ini di tahun 2023.

Namun, hal ini tidak berlaku ketika kamu dalam perjalanan dan melintasi kawasan yang tergolong remote area. Karena bisa jadi memang layanan XL belum ada di wilayah tersebut.

Cara Mengatasi Gangguan Sinyal XL

Sudah yakin kalau XL lagi gangguan dengan merujuk pada ciri-ciri yang dipaparkan sebelumnya? Kalau gitu, kini saatnya kamu mencari solusi atas gangguan tersebut.

Cara yang Jaka bagikan ini bisa membantu pada kondisi-kondisi tertentu di mana memang sedang terjadi eror di perangkat yang kalian gunakan. Jika terjadi gangguan dari pusat, hal tersebut di luar jangkauan trik apapun.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi gangguan sinyal XL di handphone kalian.

1. Cek APN dan Lihat Apakah Bermasalah

Koneksi yang tiba-tiba berubah menjadi lemot bisa terjadi karena pengaturan APN kalian yang kurang tepat.

Access Point Name atau APN merupakan gateway yang menghubungkan perangkat kalian ke jaringan internet, jadi kalau settingannya salah hasilnya bisa terlihat seperti sedang mengalami gangguan.

Mengenai cara setting APN XL sendiri berbeda-beda, tergantung dari jenis sistem operasi perangkat yang kamu pakai. Berikut adalah beberapa informasi untuk mengaksesnya:

Sementara itu, untuk langkah-langkah mengatur settingan APN XL, Jaka sudah pernah membahasnya secara terpisah yang bisa kamu simak lewat artikel berikut:

Cara Setting APN XL 4G Tercepat

2. Gunakan Mode Pesawat Sementara

Jika APN kalian sudah ter-setting dengan benar, bisa jadi perangkat yang kalian gunakan sedang mengalami masalah karena satu dan lain hal.

Maka dari itu, langkah berikutnya untuk mengatasi gangguan XL adalah dengan mengaktifkan mode pesawat, kemudian menonaktifkannya lagi.

Hal ini berfungsi untuk me-refresh koneksi perangkat kalian dengan jaringan baru yang lebih kuat dan stabil daripada sebelumnya.

3. Restart Handphone yang Digunakan

Solusi yang ketiga ini memang terdengar klise, tetapi tidak bisa dipungkiri kalau me-restart handphone adalah cara yang sering kali ampuh untuk mengatasi XL tidak bisa konek internet, lho!

Handphone yang terus menerus digunakan terkadang mengalami eror yang tidak terdeteksi, dan bisa berimbas pada kualitas jaringan yang digunakan.

Eror kecil semacam ini bisa hilang ketika melakukan restart perangkat, dikarenakan sistem akan me-refresh dan berjalan mulai dari awal.

4. Bersihkan Cache pada Ponsel

Sudah coba bersihkan cache/kuki pada smartphone? Bisa jadi, penuhnya kuki pada ponsel menyebabkan jaringan internetmu bermasalah dan ngadat-ngadat.

Kalau bingung, kamu bisa mengikuti langkah-langkah menghapus atau membersihkan kuki yang Jaka sajikan di bawah ini.

  1. Buka menu Settings di smartphone kamu, lalu tekan Apps.
  2. Pilih aplikasi yang mau kamu hapus data kukinya.
  3. Scroll paling bawah, pilih Clear Cache.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan baca artikel Jaka yang berjudul Apa Itu Cache? Haruskah Dihapus dari HP? Ini Penjelasan Selengkapnya!

Apa Itu Cache? Haruskah Dihapus Dari HP? Ini Penjelasan Selengkapnya!
Sering mendengar istilah ini tapi belum benar-benar memahaminya? Simak penjelasan apa itu cache beserta fungsi, jenis, hingga cara menghapusnya.
LIHAT ARTIKEL

5. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Pernahkah kamu mendengar istilah aplikasi penguat sinyal? Yap, seperti namanya, aplikasi ini bertujuan untuk memperkuat sinyal jaringan providermu yang bisa jadi sedang gangguan hari ini.

Aplikasi penguat sinyal bisa sangat membantu saat kamu menggunakan smartphone, terutama agar tidak perlu mengalami masalah jaringan internet yang lemot.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan baca artikel Jaka yang berjudul Daftar Aplikasi Penguat Sinyal Android Terbaik 2023, Internetan Ngebut.

10 Aplikasi Penguat Sinyal Android Terbaik 2023, Internetan Ngebut!
Simak daftar aplikasi penguat sinyal Android terbaik di artikel ini. Ada banyak pilihan supaya sinyal Android kamu jadi lebih kuat!
LIHAT ARTIKEL

6. Menghubungi Whatsapp Customer Service XL

Jika semua cara di atas tidak berhasil, atau kamu penasaran sampai kapan jaringan XL gangguan, maka bertanya langsung ke customer service adalah langkah terbaik untuk ditempuh.

Kamu bisa menghubungi no. telp call center XL 24 jam di 817. Tanyakanlah kira-kira sampai kapan XL gangguan 2023 hari ini 17 Mei 2023. Kamu juga bisa minta saran untuk mengatasi gangguan sinyal XL yang tengah dialami.

Penyebab Kenapa Jaringan XL Bermasalah

Pertanyaaan yang sering terlontar bersamaan dengan "apakah XL sedang gangguan hari ini?" adalah kenapa XL gangguan?

Pihak Provider akan berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan layanan jaringan yang stabil kepada para pelanggannya, tetapi terkadang terjadi faktor di luar kendali mereka yang bisa menyebabkan gangguan.

Lalu, apa saja sih penyebabnya? Berikut ini beberapa penyebab umum jaringan internet XL mengalami gangguan.

1. Handphone Bermasalah

Banyak kasus gangguan sinyal XL yang sebenarnya terjadi bukan karena kesalahan operator, tetapi memang perangkat handphone yang digunakan bermasalah.

Update OS yang belum stabil, aplikasi yang bermasalah, hingga penggunaan jangka panjang tanpa restart pun terkadang bisa berpotensi menyebabkan eror yang mengganggu jaringan.

Metode yang Jaka berikan di bagian sebelumnya juga berfokus pada error yang terjadi karena penyebab semacam ini. Jadi, kamu bisa langsung coba salah satu metode di atas, ya!

2. Kartu SIM Bermasalah

Hal kedua yang bisa menjadi sumber penyebab jaringan XL bermasalah hari ini yang kamu alami adalah faktor dari kartu SIM. Karena faktanya adalah, kerusakan pada kartu SIM bisa menyebabkan gangguan sinyal dan koneksi internet.

Benda kecil satu ini memiliki fungsi yang penting. Kartu SIM berperan sebagai media penghubung perangkat kalian dengan jaringan yang disediakan oleh pihak operator.

Kartu SIM yang tidak diganti dalam waktu lama bisa tiba-tiba mengalami kerusakan yang berimbas pada kualitas jaringan yang buruk. Makanya, cukup penting untuk konsultasi dengan pihak customer service XL mengenai hal ini.

Selain itu, goresan pada lempengan kuning yang terjadi akibat melepas atau memasang benda yang satu ini juga bisa berpotensi menyebabkan gangguan pada kartu SIM.

3. Dalam Perbaikan atau Cuaca Buruk

Hal paling umum yang mungkin menjawab pertanyaan kenapa sinyal XL gangguan hari ini di tahun 2023 adalah maintenance dan juga cuaca buruk.

Ketika melakukan perbaikan jaringan, kualitas sinyal memang akan meredup bahkan menghilang sama sekali karena ada proses yang mengharuskan hal ini untuk terjadi.

Selain itu, kondisi cuaca buruk seperti hujan deras yang disertai dengan petir juga bisa menyebabkan permasalahan gangguan kartu XL, dan faktor semacam ini tidak bisa diakali dengan cara apapun.

4. Kepadatan Pengguna Internet

Banyak-sedikitnya pengguna internet XL di wilayahmu juga bisa memengaruhi kecepatan koneksi, lho. Koneksi XL bisa langsung gangguan atau lambat jika ada terlalu banyak orang yang memakai jaringan di area yang sama.

5. Adanya Pemeliharaan Jaringan

Tim XL secara berkala melakukan pemeliharaan jaringan demi memaksimalkan kualitas sinyalnya di seluruh Indonesia. Sayangnya, proses pemeliharaan jaringan tersebut biasanya mengakibatkan terputusnya sinyal XL dalam beberapa jam.

Namun kamu tidak perlu khawatir. Biasanya pihak XL akan memberikan notifikasi kepada pelanggan terkait waktu dan durasi proses pemeliharaan jaringan. Alhasil kamu bisa bersiap-siap sebelum pemutusan sinyal dimulai.

Akhir Kata

Itu dia beberpa tips mengenai bagaimana cara mengatasi XL gangguan hari ini 2023 beserta penyebab mengapa hal semacam ini bisa terjadi.

Namun yang perlu dipahami adalah, di operator manapun gangguan semacam ini memang mungkin saja terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhi kualitas suatu jaringan.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian dalam menjawab pertanyaan mengenai apakah XL gangguan hari ini di bulan September 2023, ya!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar XL atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

4 Cara Cek Kuota XL & Masa Aktifnya Terbaru 2023, Bisa Tanpa Aplikasi!

Daftar Harga Paket Internet XL Terlengkap 2022, dari Kuota Terbaru Sampai Unlimited

Cara Setting APN XL 4G Tercepat 2023, Internet Makin Stabil & Ngebut!

Cara Setting APN Internet HP Semua Operator (Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, AXIS, 3 dan Smartfren)

Syarat dan Cara Transfer Kuota XL ke Sesama Terbaru 2023, Mudah Anti Ribet!

Kembali Keatas