Jangan Asal Root! Ini 5 Smartphone Android Terbaik untuk Diroot

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 02 December 2016, 10:00
Smartphone android terbaik yang mudah untuk di root. Ngeroot smartphone Android itu emang seru, tapi kalo cuma asal root doang tanpa mempertimbangkan beberapa hal, bisa-bisa malah bingung. Biar nggak bingung, pilih deh smartphone yang palin

Untuk memberikan keleluasaan saat menggunakan smartphone miliknya, pengguna Android bisa membuka akses root. Banyak hal keren bisa dilakukan pada smartphone Android yang sudah diroot.

Meski bisa jadi "admin" smartphone sepenuhnya, ngeroot Android bisa menghilangkan garansi. Jika kamu memang suka ngoprek dan root Android, ada baiknya kamu mempertimbangkan smartphone Android yang paling cocok untuk diroot.

BACA JUGA

    Smartphone Android yang Paling Cocok untuk Diroot

    Dengan root smartphone Android, ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Adapun kelebihan root Android yaitu:

    Keren kan? Tapi kalo kamu salah pilih smartphone, bisa-bisa keseruan ngeroot smartphone kamu jadi terbatas. Kecuali kamu beli smartphone berikut.

    1. OnePlus

    Dari komunitas yang ada, pengguna OnePlus bisa dengan mudah belajar ngoprek ini dan itu. Dari mulai root, install custom ROM, tweak system UI, dan masih banyak lagi. Selain itu, semuanya diwadahi dalam Forum OnePlus yang dipantau dan dibantu langsung oleh pihak OnePlus. Jadi, kamu bisa dengan tenang ngoprek smartphone ini.

    Sumber foto: Foto: TechRadar

    Uniknya lagi, root smartphone OnePlus tidak akan membuat garansi kamu hangus. Tapi tetap saja, segala kemungkinan bootloop dan rusak karena proses rooting tidak dijamin oleh OnePlus.

    2. ASUS

    Sama seperti OnePlus, ASUS juga sering menghadirkan smartphone Android terbaik dengan harga murah. Udah gitu ada Forum ZenTalk untuk memecahkan setiap masalah pengguna, mulai dari tutorial basic sampai advance rooting. Sayangnya jika smartphone kamu diroot, garansi dari ASUS akan hangus.

    Sumber foto: Foto: CNet

    Beberapa smartphone ASUS yang paling banyak didukung komunitas adalah ASUS ZenFone Selfie dan ASUS ZenFone Laser. Bahkan pihak Cyanogen secara official membuat custom ROM khusus untuk kedua smartphone ASUS ini. Seru deh!

    3. Xiaomi

    Seperti halnya OnePlus, root smartphone Xiaomi tidak akan menghanguskan garansi. Bahkan setiap harinya pengguna Xiaomi bisa belajar banyak tentang cara rooting Xiaomi, install ROM, hingga melakukan tweak khusus, untuk memaksimalkan penggunaan smartphone di Forum MIUI yang langsung dipantau Xiaomi.

    Sumber foto: Foto: Arhutek

    Oh iya, dengan banyaknya kasus smartphone Xiaomi yang pake ROM distributor, wajib banget untuk root smartphone Xiaomi agar bisa pake ROM global yang official. Saat ini, seri Mi 4, Redmi 3 Pro dan Redmi Note 3 Pro adalah jajaran smartphone Xiaomi yang paling cocok untuk kamu root.

    4. Lenovo

    Sumber foto: Foto: IndianExpress

    Dengan root jajaran smartphone Lenovo kamu bisa leluasa download beragam custom ROM dari NeedROM agar tidak bosan. Nggak rugi deh ngeroot smartphone Lenovo! Sayangnya garansi kamu akan hilang jika root smartphone ini.

    5. Axioo

    Tidak kalah dengan vendor smartphone dari China, Axioo yang mulai memproduksi smartphonenya di Tanah Air ini pun mulai menerapkan sistem garansi tidak hangus walaupun diroot. Bahkan Axioo Venge dan Axioo Venge X secara khusus bekerja sama dengan NusaMOD untuk mendapatkan dukungan custom ROM terbaik khas anak bangsa.

    Itu dia 5 vendor smartphone yang memberikan banyak kelebihan jika kamu ngeroot smartphone mereka. Meski memang beberapa di antaranya ada yang akan hangus garansinya, tapi banyak benefit lain yang akan kamu dapatkan.

    Sejauh ini, smartphone Samsung dan Sony menjadi yang paling jarang diroot. Karena selain spesifikasinya sudah canggih, kernel yang dikembangkan oleh 2 vendor ini sering mengalami masalah saat diinstal custom ROM atau root.

    ARTIKEL TERKAIT

    Cara Dapat Akses Root Tanpa Perlu Nge-Root Android Kamu

    Jangan Panik! Begini Cara Agar Layar Sentuh Smartphone Kembali Sensitif

    APPS TERKAIT
    Root Checker Terbaru
    Apps joeykrim
    KingRoot 5.4.0
    Apps KingRoot Studio
    AnTuTu Benchmark
    Apps AnTuTu
    Xposed Installer 2.7.1 Eksperimental
    Apps rovo89
    Kembali Keatas