Jangan Panik! Begini Cara Agar Layar Sentuh Smartphone Kembali Sensitif

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Thursday, 01 December 2016, 11:00
Masalah pada smartphone layar sentuh adalah sensitivitasnya layar, Nggak usah panik, berikut JalanTikus berikan cara layar sentuh smartphone sensitif ..

Karena mengalami kontak langsung dengan pengguna, layar sentuh smartphone menjadi komponen smartphone yang cepat rusak. Entah itu dead pixel, hang, atau bahkan retak. Ada aja masalahnya.

Masalah yang paling sering dialami pengguna smartphone dengan layar sentuh adalah hilangnya sensitivitas layar. Dan masalahnya, mahal kalo ganti layar kan? Nggak usah panik, berikut JalanTikus berikan cara layar sentuh smartphone sensitif !

BACA JUGA

    Cara Layar Sentuh Smartphone Sensitif

    Begitu layar sentuh smartphone kamu sering ngadat, bisa jadi kamu langsung berpikir ganti smartphone baru. Padahal bisa jadi ngadatnya cuma sementara gara-gara ada gangguan hardware atau software. Dan biasanya bisa diatasi.

    Sumber foto: Foto: youtube.com

    Adapun beberapa penyebab layar sentuh kurang sensitif yaitu:

    1. Arus listrik berlebih dari charger yang bukan bawaan.

    2. Terlalu banyak animasi diaktifkan.

    3. Pernah terbentur.

    Untuk membuat layar sentuh smartphone kembali sensitif, coba beberapa cara berikut:

    1. Kurangi Skala Animasi di Layar

    Kecepatan skala animasi di smartphone sebenarnya tidak mempengaruhi sensitivitas layar, melainkan bagaimana software merespon setiap perintahmu. Semakin tinggi, semakin lama responnya sehingga terasa seperti sensitivitas layar hilang.

    Untuk mematikan skala animasi layar, silakan masuk ke menu Settings > Developer Option. Cari Windows Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale, lalu ubah angkanya ke .5x ya!

    2. Install Pixel Fixer

    Layar kurang sensitif juga bisa jadi tanda-tanda ada dead pixel di layar. Dengan dibantu rangsangan sinyal dinamis yang dihasilkan oleh aplikasi Pixel Fixer, selain memperbaiki dead pixel, diharapkan juga akan membuat layarmu kembali sensitif.

    ADVERTISEMENT
    Pixel Fixer 1.1.0
    Apps Cleaning & Tweaking TUOGOL
    DOWNLOAD
    Cara Menghilangkan Dead Pixel di Smartphone
    Apa kamu punya smartphone yang layarnya menghitam karena Dead Pixel? Jika iya, JalanTikus ada nih cara untuk menghilangkan Dead Pixel pada smartphone Android.
    LIHAT ARTIKEL

    3. Berhenti Pake Charger yang Bukan Bawaan

    Meski memiliki ukuran colokan yang sama, tetapi bukan berarti bisa asal pake charger smartphone orang lain. Soalnya bisa jadi arus listrik yang dihasilkan akan berbeda.

    Sumber foto: Foto: Qualcomm

    Arus listrik yang terlalu tinggi akan membuat lonjakan arus pada layar. Nah, arus listrik di permukaan layar ini akan membuat layar smartphone Android ngaco. Jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang bisa bikin layar kurang sensitif.

    Bahaya Charger Palsu!
    Ketinggalan charger itu emang nyebelin, tapi untungnya bisa pinjem punya orang. Tapi jangan keseringan, karena ngecas smartphone pake charger bukan bawaan bisa bahaya.
    LIHAT ARTIKEL

    4. Cabut Tempered Glass

    Sumber foto: Foto: careace.net

    Karena takut layar pecah atau tergores, kamu pake tempered glass. Tapi tahukah kamu, tempered glass bisa mengurangi sensitivitas layar? Jika ingin layar smartphone kamu sensitif, cabut saja tempered glass-nya. Apalagi jika ternyata sudah retak.

    Silakan coba semua cara layar sentuh smartphone sensitif di atas, untuk membuat layar smartphone kembali sensitif! Dan ingat, jika semua cara sudah dicoba tapi tidak berhasil, mungkin sudah saatnya kamu beli smartphone baru.

    ARTIKEL TERKAIT

    Selain Seru, 7 Game Android ini Punya Pesan Rahasia di Dalamnya

    APPS TERKAIT
    Dead Pixel Test 2.0
    Apps Ossibus Software
    AZ Screen Recorder - No Root 5.5.8
    Apps AZ Screen Recorder
    Screenshot Easy 1.4.24
    Apps Ice Cold Apps
    Pixel Fixer 1.1.0
    Apps TUOGOL
    Kembali Keatas