Re-Homematic, Sistem Rumah Otomatis Buatan Anak Bangsa!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 19 Desember 2016, 12:30
Nah, kali ini penulis berkesempatan untuk mengulas salah satu karya anak bangsa. Ini dia sistem rumah otomatis, Re-Homematic. Simak yuk!

Perkembangan teknologi semakin kian canggih. Ponsel saat ini tidak hanya sekedar dipakai untuk menelepon atau SMS. Banyak fungsi lain ponsel yang mempermudah kebutuhan kita. Mulai dari memesan ojek melalui aplikasi online seperti Gojek, ataupun memesan jasa bangun rumah melalui aplikasi online seperti Sejasa.

Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan sebuah contoh dari pengembangan fungsi sebuah ponsel menjadi lebih jauh lagi. Nah, kali ini Jaka berkesempatan untuk mengulas salah satunya, yaitu memakai ponsel sebagai kontrol sistem otomatisasi rumah. Ini dia sistem rumah otomatis buatan anak bangsa, Re-Homematic.

BACA JUGA
  • Bikin Bangga! BaBe Jadi Aplikasi Karya Anak Bangsa Terbaik 2016
  • LINE CREATIVATE 2016, Ajang Kreativitas Terbesar Karya Anak Bangsa
  • 10 Webtoon Romantis Karya Anak Bangsa yang Pasti Bikin Baper

Sistem Rumah Otomatis Buatan Anak Bangsa

Di era sekarang, smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Selain harga ponsel sudah banyak yang relatif terjangkau, berlomba-lomba para pengembang pun terus menambahkan manfaat pada sebuah smartphone. Salah satunya sebagai sistem otomatis rumah seperti Re-Homematic ini.

Apa Itu Re-Homematic?

Re-Homematic sendiri adalah merupakan software dan hardware, yang bekerja menggunakan smartphone sebagai alat kontrol untuk sistem otomatisasi rumahan. Dikembangkan oleh sebuah kelompok kecil yang masih pemula di bidang teknologi pada awal 2016 dan masih dikembangkan sampai saat ini.

Awalnya, sistem otomatisasi pada penerangan rumah direncanakan pada akhir tahun ini akan diperkenalkan secara resmi ke publik. Namun menurut informasi, rupanya pihak pengembang tampak mendapatkan beberapa kendala di luar perencanaan. Mulai dari sistem yang masih belum berjalan dengan baik, sulitnya konsep ini diterapkan, dan masih banyak lagi.

Produk Re-Homematic

Tapi Jaka beruntung nih. Meski produk belum ditampilkan secara publik karena masih dalam tahap pengembangan, rupanya Jaka masih bisa mendapatkan sedikit tampilan dari produk tersebut. Berikut ini tampilannya.

Yang pertama ada sebuah wireless router, mempergunakan frekuensi dual band dan bekerja sebagai inti utama untuk menghubungkan semua perangkat pendukung sistem otomatis. Dihiasi dengan lampu LED RGB pada pinggirannya membuatnya tampak terlihat elegan.

Selanjutnya, ada sebuah lampu yang sudah mendukung RGB, artinya lampu ini bisa di-setting oleh pengguna untuk warna apa saja. Banyak pilihan konfigurasi tema, seperti romantis, yang menampilan perubahan warna dari ungu, merah muda, dan biru, atau disco yang menyesuaikan dengan lagu. Bisa pula lampu tidur yang redup.

ADVERTISEMENT

Nah, ada juga tombol untuk menyalakan lampu. Selain bisa mengendalikan lampu melalui smartphone, baik manual ataupun otomatis dengan timer, rupanya tidak meninggalkan cara tradisionalnya, yaitu mematikan atau menyalakan lampu melalui tombol lampu itu sendiri. Dihiasi dengan LED RGB pada pinggirannya, yang mempermudah pengguna untuk menemukan tombol lampu saat gelap.

Itulah barusan ulasan Jaka mengenai sistem rumah otomatis buatan anak bangsa. Meski belum rampung, Jaka tetap selalu doakan agar proyek ini segera selesai dan bisa menginspirasi generasi muda Indonesia lainnya untuk berkarya.

ARTIKEL TERKAIT

Edit Foto Android Seperti Photoshop? Pake Aplikasi Ini Bisa!

Keren Abis! LG G6 Bakal Tampil Mewah dengan Desain Full Glass

Cara Download Video YouTube Secara Instan Tanpa Aplikasi

Final Fantasy XV Versi PC Akhirnya Punya Jadwal Rilis?

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
WEBTOON 1.8.5
Apps NAVER Corp.
undefined
Kembali Keatas