Sennheiser RS 175, Headphone Elegan dengan Suara Super Mewah

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Tuesday, 26 July 2016, 19:30
Mau tau review lengkap dan impresi pertama kami terhadap RS 175? Baca terus artikel ini hingga habis ya.

Punya lagu atau film dengan suara menggelegar? Rasanya kurang asyik ya jika kita menikmati hiburan tersebut tanpa adanya perangkat audio yang mumpuni. Bisa-bisa, sensasi kita dalam menikmatinya malah hilang bahkan bikin ilfil.

Maka dari itu, kali ini tim JalanTikus baru saja mendapatkan barang baru dari produsen perangkat audio ternama, apalagi jika bukan Sennheiser. Produk yang mampir ke kantor kami saat ini ialah headphone Sennheiser RS 175. Mau tau review lengkap dan impresi pertama kami terhadap RS 175? Baca terus artikel ini hingga habis ya.

BACA JUGA

    Review Headphone Sennheiser RS 175

    Impresi pertama kali saat membuka boks dari perangkat headphone Sennheiser RS 175 ini tentu saja sangat elegan. Headphone dengan kategori closed-back over-ear ini memiliki kotak yang tebal dengan penyangga plastik yang kokoh di dalamnya. Kesan mahal juga kami rasakan dari bobot yang disuguhkan oleh produk ini, mengingat ia terdiri dari dua perangkat terpisah meliputi headphone dan base transmitter.

    Oh iya, Sennheiser RS 175 merupakan seri headphone khusus TV maupun perangkat Hifi yang tergolong high-end. Seri ini memiliki saudara meliputi RS 165 (entry level), RS 185, dan RS 195. Makanya, headphone dengan tampilan premium ini tentu saja tidak mungkin dapat dipandang sebelah mata oleh para audiophile mengingat pamornya yang cukup mentereng.

    Wireless dengan Suara Memukau

    Dikarenakan headphone ini dilengkapi dengan base transmitter, maka tentu saja headphone tersebut sangat bergantung kepada kekuatan sinyal yang terjalin antara dua perangkat. Pihak Sennheiser sebenarnya mengklaim bahwa headphone RS 175 dapat digunakan hingga sejauh 100 m dari base transmitter. Namun dikarenakan luas kantor kami yang tidak mendukung, maka 20 m dapat kami klaim sebagai jarak terjauh yang dapat dicoba. Hasilnya? Tentu saja tidak mungkin mengecewakan.

    Sinkronisasi tombol yang tersedia pada perangkat headphone dan base transmitter juga dapat dinilai tanpa cela. Headphone ini dilengkapi dengan mode Bass dan Surround yang dapat diatur baik itu melalui transmitter maupun tombol di sisi headphone.

    Baterai dan Kualitas Material

    Salah satu momok menakutkan dari penggunaan headphone/earphone wireless ialah daya tahan baterai yang tidak awet. Namun jangan cemas, Sennheiser RS 175 telah kami buktikan dapat bertahan belasan jam hingga akhirnya kehabisan baterai. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu juga gak perlu repot utuk men-chargenya, karena transmitter yang dari tadi sudah kita bahas juga berfungsi sebagai docking charge bagi perangkat headphone.

    Akan tetapi, kami menilai bahwa awetnya baterai tersebut memang memengaruhi ukuran dari headphone yang tersedia. Kami merasa bahwa Sennheiser RS 175 ini cukup besar dibandingkan dengan rasio kepala penggunanya. Tapi untung saja busa dan bobot tidak memengaruhi kenyamanan saat penggunaan.

    ADVERTISEMENT

    Berkenaaan dengan kualitas material, kami menilai bahwa headphone ini memiliki bahan yang cukup kokoh. Plastik yang mendominasi hampir keseluruhan cangkang dinilai memiliki ketebalan yang pas, dan juga tidak berat di kepala. Akan tetapi, patut dicermati bahwa pada bagian base transmitter memiliki material yang entah mengapa lebih berkesan tipis dan ringkih. Sisi pinggir dari perangkat ini seolah mudah untuk diketuk dan menggambarkan kopongnya isi dari base transmitter tersebut.

    Konektivitas

    Dari segi konektivitas, Sennheiser RS 175 ini sebenarnya tidak muluk-muluk. Transmitter-nya hanya menyediakan dua lubang saja yaitu colokan 3,5 mm (untuk perangkat audio standar) dan digital optical (untuk perangkat TV digital). Akan tetapi, kesederhanaan tersebut tentu tidak dapat menggambarkan performa headphone secara keseluruhan.

    Justru berkat kesederhanaan tersebut membuatnya tampil menjadi perangkat high-end yang elegan dan juga ramah dalam hal setup atau pemasangan.

    Kualitas Suara

    Dari segi kualitas suara, Sennheiser RS 175 tentu saja kami nilai sudah cukup mumpuni untuk mendampingi aktivitas kalian dalam menikmati film menggelegar maupun lagu dengan intensitas tinggi. Bassnya cukup pas dan terkesan berusaha untuk mempertahanan keseimbangannya dengan treble membuatnya nyaman di telinga.

    Memang Sennheiser RS 175 ini lebih cocok untuk digunakan bersama dengan Smart TV dikarenakan komposisi suaranya yang nikmat jika disandingkan dengan film ber-elemen suara yang kaya.

    Pada akhirnya, kami menyimpulkan bahwa Sennheiser RS 175 merupakan perangkat kelas atas yang tentu saja bisa direkomendasikan bagi kamu yang gemar menonton film di TV maupun menikmati musik sembari leyeh-leyeh di rumah. Dari segi harga, perangkat ini dijual dalam kisaran 4 juta rupiah. Cocok dengan kualitas yang dihadirkan.

    ARTIKEL TERKAIT

    Jangan Beli Smartphone Baru Sekarang! Ini Alasannya

    APPS TERKAIT
    Headphones Equalizer 2.0.8
    Apps ManyThingsDev
    Musixmatch - Lyrics & Music 7.4.1
    Apps musiXmatch
    JOOX Music - Live Now! 5.5.2
    Apps Tencent Mobility Limited
    Virtual DJ 2020 Build 5504
    Apps Atomix Productions
    Kembali Keatas