Headphone Vs Headset Vs Earphone, Lebih Nyaman Mana?

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 14 Agustus 2015, 13:50
Headphone, headset dan earphone bahkan tidak jarang menjadi salah satu elemen wajib dalam fashion. Tetapi apa bedanya headphone, headset dan earphone?

Aksesoris satu ini bukanlah barang baru dan mungkin kamu bisa mendapatkannya dengan harga murah atau mahal sekalipun. Aksesoris untuk mendengarkan audio berupa musik, lagu dari sebuah perangkat ini menjadi sebuah aksesoris yang bisa digunakan dalam aktifitas apapun. Headphone, headset, dan earphone bahkan tidak jarang menjadi salah satu elemen wajib dalam fashion dan gadget. Tetapi apa bedanya headphone, headset, dan earphone?

Headphone

Aksesoris audio yang satu ini menghasilkan suara yang cukup bagus karena memang difokuskan untuk audio saja. Headphone sendiri tidak memiliki mic untuk berkomunikasi, jadi memang murni untuk mendengarkan audio saja. Headphone cocok untuk kamu yang suka menghabiskan waktu sambil mendengarkan musik. Rata-rata headphone menggunakan konektor jack 3.5 mm. Baca juga: Suara Menggelegar dari Master Dyanamic Headphones

Headset

Untuk headset bentuknya sama seperti headphone tetapi memiliki mic yang terpasang. Biasanya headset ini digunakan untuk layanan customer service, gamer, dan lain sebagainya. Headset sendiri hadir dengan berbagai macam fungsi, misalnya headset standar biasa digunakan untuk mendengarkan lagu, layanan hotline, customer service, dan lainnya yang tidak membutuhkan spesifikasi tinggi. Tetapi untuk gamer sendiri headset memiliki beberapa fitur khusus seperti suara yang lebih jernih bahkan beberapa merk merilis Headset dengan fitur audio 7.1 karena ada beberapa game yang menyediakan fitur audio 7.1 seperti Left 4 Dead misalnya.

Earphone

Earphone merupakan aksesoris audio yang memiliki fungsi seperti headset tetapi untuk penggunaan sendiri lebih masuk ke dalam lubang telinga atau terfokus disana, berbeda dengan headphone dan headset yang memiliki cup hingga menutupi daun telinga.

Earphone biasanya bisa kamu dapatkan ketika membeli smartphone baru.

Menurut JalanTikus, kesimpulannya adalah tergantung aktifitas kamu jika kamu lebih sering mendengarkan musik di PC atau gadget bisa menggunakan Headphone, jika kamu sering main, video call, atau berurusan dengan pekerjaan sebaiknya gunakan Headset. Untuk kamu yang lebih sering menggunakan gadget, gunakan Earphone karena ringan, serta tidak ribet dibawa-bawa. Jadi yang mana pilihan kamu?

Poweramp Music Player
Apps Video & Audio Max MP
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya

undefined
Kembali Keatas