Review ASUS ZenFone 4 Selfie Lite: Smartphone Selfie Murah Plus Baterai Besar

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 13 Pebruari 2018, 09:00
ASUS ZenFone 4 Selfie Lite merupakan lini termurah dari seri ZenFone 4. Walau tidak dilengkapi dengan dual kamera, berikut review smartphone selfie murah yang dilengkapi dengan baterai besar.

Tren smartphone selfie dengan kamera depan mumpuni belakangan ini semakin banyak dilirik di pasar smartphone dunia. Hal ini pun dilakukan oleh ASUS lewat seri ZenFone 4 yang memiliki keunggulan di sektor fotografi.

ASUS ZenFone 4 Selfie Lite merupakan salah satu smartphone selfie murah dan dilengkapi dengan baterai besar untuk segala kebutuhan.

Dibanderol Rp 2 juta-an saja, inilah review ASUS ZenFone 4 Selfie Lite biar kamu enggak penasaran.

BACA JUGA
  • Review Garmin Vicoactive 3: Gak Cuma Nambah Ganteng, Tapi Bikin Sehat Juga!
  • Review Meizu M6s: Belum Sepopuler Si 'X' Tapi Bisa Bikin Kesemsem!
  • Review Vivo V7: Sering “Dinyinyirin” Tapi Punya Banyak Fitur Menarik

Spesifikasi Lengkap dan Review ASUS ZenFone 4 Selfie Lite

Dibanderol di kisaran harga Rp 2 juta-an saja, ASUS ZenFone 4 Selfie Lite memang menjangkau pasar entry-level yang membutuhkan smartphone dengan kualitas selfie terbaik. Bukan hanya itu saja, ZenFone 4 Selfie Lite memiliki baterai besar untuk beraktivitas seharian loh.

Pada beberapa e-commerce di Indonesia, ASUS ZenFone 4 Selfie Lite dijual dengan harga Rp 2.149.000,- saja. Sayangnya, smartphone ini baru memiliki satu varian warna, yakni Deepsea Black saja.

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, simak dahulu detail spesifikasi ASUS ZenFone 4 Selfie Lite sebagai berikut.

Spesifikasi ASUS ZenFone 4 Selfie Lite
Dimensi 150.5 x 73.3 x 8.73 mm
Berat 156 gram
Jaringan GSM/HSPA/LTE

Dual SIM (Nano SIM, dual stand-by, triple slots)
Layar IPS LCD capacitive touchscreen

5.2 inci, 720 x 1280 piksel

2.5D curved glass dan bluelight filter
Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425

Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53

GPU Adreno 308
Memori 3GB RAM, 32GB memori internal

MicroSD hingga 256GB
Sistem Operasi Android 7.1.1 Nougat dengan ASUS ZenUI 4.0
Kamera Kamera Belakang 16MP, LED flash, PDAF

Kamera Depan 16MP, softlight LED flash
Baterai 4100 mAh
Fitur Lain Fingerprint sensor, USB-on-the-go

Desain Khas Seri ZenFone 4 dan Lumayan Tebal

Melihat desainnya, ASUS ZenFone 4 Selfie Lite ini memiliki ciri khas desain pada seri Zenfone 4, seperti ZenFone 4 Max Pro dan ZenFone 4 Max. Dengan ukuran layar 5.2 inci, kamu mungkin akan kesulitan saat membandingkannya dengan ZenFone 4 Max pada bagian depan.

Di bagian ini kamu akan mendapatkan sensor sidik jari yang berfungsi juga sebagai tombol home. Sayangnya, tombol navigasi di sisinya belum dilengkapi dengan LED-backlight. Ada juga kamera selfie 16MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash.

ADVERTISEMENT

Di bagian sisi kiri ada slot SIM card yang bertipe triple-slot. Sementara di sisi kanan ada tombol volume up and down dan tombol home yang peletakkannya pas.

Beralih ke bagian belakang, jelas perbedaan terlihat pada bagian kamera belakang. ASUS ZenFone 4 Selfie Lite hanya dibekali sebuah kamera 16MP. Namun tampaknya modul dan desain yang digunakan sama seperti ZenFone 4 Max jadi agak terkesan maksa .

Di sisi atas ada lubang jack audio dan bawah ada port micro USB berbarengan dengan speaker dan mikrofon.

Karena dilengkapi kapasitas baterai besar membuat ZenFone 4 Selfie Lite memiliki bodi cukup tebal. Untungnya smartphone ini masih nyaman digenggam satu tangan dengan bantuan bahan polycarbonate yang membuatnya tidak licin.

Layar Oleophobic Nyaman Buat Di-Swipe

ASUS ZenFone 4 Selfie Lite menggunakan layar identik dengan ZenFone 4 Max. Smartphone ini dibekali layar IPS dengan resolusi HD (720 x 1280 piksel). Untuk proteksi, sayangnya tidak dijelaskan Gorilla Glass seri mana yang digunakan.

Nilai plus yang menjadikannya nyaman untuk di-swipe adalah penggunaan layar oleophobic coating yang mencegah sidik jari. Ada juga teknologi 2.5D curved glass yang cukup membantu dan sudah umum digunakan.

Kustomisasi ZenUI 4.0 dengan Basis Android Nougat

Sama seperti smartphone ASUS pada umumnya, ZenFone 4 Selfie Lite tetap membawa kustomisasi Android khasnya, yakni ZenUI. Smartphone ini pun sudah dibekali dengan versi ZenUI 4.0 dengan basis Android 7.1.1 Nougat.

Smartphone asal Taiwan ini tetap menampilkan tampilan homescreen sederhana dan dilengkapi juga dengan app drawer. Saat mengaktifkan pertama kali, terdapat banyak bloatware yang mungkin bagi sebagian orang cukup mengganggu.

Bicara soal fitur, smartphone selfie ini juga memiliki beberapa aplikasi pendukung seperti Selfie Master untuk memaksimalkannya.

Nah, untuk mempermudah pekerjaan, ada fitur ZenMotion yang bisa kamu akses melalui menu Settings. Di sini kamu bisa memilih pengaturan untuk Touch Gesture, Motion Gesture maupun One Hand Mode.

Spesifikasi dengan Kinerja Standar

Mungkin buat kamu kalangan gamers, jangan banyak berharap akan spesifikasi yang ditawarkan ZenFone 4 Selfie Lite ini. Pasalnya, smartphone entry level ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 425 yang tergolong sudah lumayan lama.

Sisi baiknya, smartphone 2 jutaan ini sudah dilengkapi kapasitas lapang, yakni dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Dengan spesifikasi ini, sudah cukup untuk bermain Mobile Legends di pengaturan terendah.

Penasaran dengan hasil benchmark-nya? ASUS ZenFone 4 Selfie Lite mampu mendapatkan skor 43817 poin di AnTuTu Benchmark v7.0.4. Sementara pada aplikasi Geekbench hasilnya 671 poin pada Single-Core dan 1849 poin pada Multi-Core.

ASUS ZenFone 4 Selfie Lite dilengkapi baterai berkapasitas besar, 4100 mAh yang mampu bertahan seharian dengan rata-rata screen on time hingga 6 jam pada pemakaian normal.

Fitur Reverse Charge juga membuat smartphone baterai besar ini dapat digunakan sebagai power bank dengan bantuan kabel USB OTG guys. Enggak perlu repot lagi deh!

Kamera Selfie 16MP Dilengkapi dengan Banyak Fitur

Sektor fotografi memang menjadi unggulan pada seri ZenFone 4. Sayangnya ZenFone 4 Selfie Lite adalah satu-satunya smartphone pada seri ini yang tidak dilengkapi dengan teknologi dual kamera guys.

Smartphone ini sama-sama dibekali kamera resolusi 16MP baik pada kamera depan maupun kamera belakang. Keduanya pun sama-sama sudah dilengkapi dengan LED flash untuk membantu pencahayaan terutama pada kondisi lowlight.

Di segi user interface, tampilan yang dibawa tidak berbeda jauh dibanding aplikasi kamera pada smartphone ASUS. Di sini kamu bisa menggunakan berbagai macam mode, mulai dri Pro, Selfie Panorama, Beauty dan GIF Animation.

Berikut adalah beberapa hasil foto yang Jaka ambil melalui kamera ASUS ZenFone 4 Selfie Lite.

Foto Kamera Belakang ASUS ZenFone 4 Selfie Lite

Foto Kamera Depan ASUS ZenFone 4 Selfie Lite

Price to Performance

ASUS ZenFone 4 Selfie Lite bisa menjadi smartphone selfie murah dengan bujet 2 jutaan yang layak kamu pertimbangkan. Pasalnya, tren smartphone pada sektor ini umumnya memiliki harga 3 jutaan ke atas guys.

Di sisi lain, smartphone ini mungkin kurang pas buat kamu yang mengutamakan spesifikasi yang mumpuni untuk bermain game. Nyatanya, masih banyak smartphone Android gaming lain yang dibanderol dengan harga setara atau lebih murah.

Kesimpulan

ASUS ZenFone 4 Selfie Lite memiliki kelebihan terutama pada sisi kamera depan yang mumpuni untuk kebutuhan selfie. Performa pada prosesor sendiri tertutupi dengan fitur hemat daya dan ukuran baterai yang besar.

Nah, apakah kamu jadi membeli ZenFone 4 Selfie Lite ini guys?

Baca juga artikel seputar Asus atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

ASUS ROG Strix Lini Terbaru, Khusus Gamer FPS dan MOBA Bikin Makin GGWP!

ASUS ROG G703, Laptop Gaming dengan Teknologi Layar Terbaik

ASUS FX553VD, Laptop Gaming Harga Mahasiswa Performa Terbaik

Siap Update ke Android O, 3 Smartphone ASUS Ini Bikin Ngiler!

Smartphone Terbaik untuk YouTuber, Review ASUS ZenFone 4 Selfie Pro!

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
undefined
Kembali Keatas