5 Tren Smartphone Ini PASTI Booming di Tahun 2018

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Tuesday, 19 December 2017, 13:30
Kira-kira teknologi canggih apalagi yang akan menjadi tren di tahun depan, ya? Nah, berikut Jaka akan membahas tren smartphone apa saja yang akan booming di tahun 2018. Simak, yuk!

Berbagai inovasi baru dari ponsel pintar menjadi tren di kalangan pengguna. Produsen-produsen smartphone semakin berlomba meluncurkan produk terbaik lengkap dengan fitur-fitur canggih. Seperti di tahun 2017, tren smartphone dengan bezel-less, face recognation, hingga iris scanner menjadi andalan produsen untuk menarik minat konsumen.

Tak terasa, tahun 2017 akan segera berakhir. Tapi, bukan berarti inovasi teknologi pada smartphone juga akan berakhir. Produsen-produsen smartphone dari seluruh dunia tentu akan terus berusaha menciptakan terobosan baru untuk produk smartphone di tahun yang akan datang. Kira-kira teknologi canggih apalagi yang akan menjadi tren di tahun depan, ya? Nah, berikut Jaka akan membahas tren smartphone apa saja yang akan booming di tahun 2018. Simak, yuk!

BACA JUGA

    5 Trend Smartphone yang Akan Booming di Tahun 2018

    1. Earphone Bluetooth

    Sebenarnya, tren ini sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu. Sejak Apple menghilangkan headphone jack di iPhone 7 dan Google Pixel 2 yang juga hadir tanpa headphone jack di tahun 2017. Kedua smartphone canggih ini menggunakan lubang charger-nya untuk mengakses audio.

    Menurut Google, pembuangan headphone jack diperlukan untuk menciptakan smartphone full display dengan bodi tipis. Bahkan, Google berencana akan meminta para pembuat smartphone Android lainnya untuk turut menghilangkan headphone jack dari smartphone mereka. Hal ini tentu bertujuan agar para pengguna smartphone menggunakan Earphone Bluetooth untuk mendengarkan audio.

    2. Fingerprint Scanner Dalam Layar

    Fingerprint scanner dalam layar dikembangkan oleh Qualcomm yang merupakan pembuat chipset smartphone Android. Dikenal dengan nama Snapdragon Sense ID, teknologi yang menggunakan 3D Ultrasonic Imaging untuk menangkap sidik jari sampai ke pori-pori. Pada Juni 2017, teknologi ini sudah dipamerkan pada prototype smartphone Vivo dan menurut Qualcomm, kesulitan terbesar perkembangan teknologi ini adalah perubahan tren smartphone di pasaran. Fitur ini sebelumnya digadang-gadang akan hadir di produk teranyar Apple, iPhone X. Namun, ternyata Fingerprint Scanner dalam layar ini baru akan mulai digunakan pada tahun 2018.

    3. Desain Foldable

    ZTE adalah brand smartphone yang sudah memperkenalkan tren ini ke pasaran. Lewat ZTE Axon M, pengguna dapat menikmati smartphone canggih dengan dua layar yang bisa dilipat. Tahun depan, diprediksi tren smartphone desain foldable akan semakin berkembang.

    Bahkan, presiden raksasa teknologi Samsung sudah menyatakan bahwa Samsung akan merilis smartphone foldable di tahun 2018 dengan nama Samsung Galaxy X. Jika Samsung sudah meluncurkan smartphone dengan dua layar yang bisa dilipat ini, tentu saja brand smartphone lain akan melakukan hal yang sama.

    4. Scanner Mata dan Wajah

    Fitur scanner mata dan wajah yang lebih dikenal dengan facial recognation dan iris scanner sekarang mulai jadi tren di industri smartphone. Tahun depan akan lebih banyak smartphone yang menggunakan fitur ini. Teknologi ini dipasarkan sebagai alternatif yang lebih aman dan praktis dari fingerprint scanner karena bekerja dengan cara menangkap pola di wajah dan mata. Tapi sayangnya teknologi ini masih bisa ditipu oleh foto atau wajah keluarga. Karena itu, di tahun 2018 tren ini akan lebih disempurnakan.

    ADVERTISEMENT

    5. Augmented Reality

    Teknologi Augment Reality (AR) menggabungkan grafik dengan lokasi sesungguhnya. Tahun depan, untuk menggunakan teknologi ini yang kamu perlukan hanya kamera smartphone saja karena tahun 2018 kamera smartphone akan dilengkapi dengan teknologi depth camera yang akan membuat Augmented Reality semakin canggih.

    Teknologi depth camera ini tahun ini muncul di iPhone 10 yang membuat emoji bisa bergerak. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk menerjemahkan tulisan asing, belanja perabotan, dan berbagai hal canggih lainnya.

    Biar lebih jelas, yuk nonton video berikut ini. Jangan lupa subcribe channel YouTube JalanTikus agar kamu nggak ketinggalan informasi dan video-video menarik lainnya.

    Nah, itulah 5 tren smartphone yang akan booming di tahun 2018. Kira-kira trend apalagi ya yang menurut kamu akan menjadi tren smartphone tahun depan? Silakan bagikan di kolom komentar di bawah ini ya!

    ARTIKEL TERKAIT

    20 HP Kamera Terbaik dan Terbaru 2023, Murah & Keren untuk Hasil Setara DSLR!

    APPS TERKAIT
    DU Battery Saver
    Apps DU APPS Studio
    Battery Doctor (Battery Saver) 5.17
    Apps Cheetah Mobile Inc
    GO Battery Saver & Power Widget 4.31.1
    Apps GO Launcher EX
    Power Battery - Battery Life Saver & Health Test 1.9.8.1
    Apps LIONMOBI
    Kembali Keatas