7 Kode Rahasia iPhone yang Punya Fungsi Keren dan Wajib Kamu Ketahui!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Wednesday, 10 June 2020, 15:00
Mau cek layar iPhone sendiri tanpa ke service center? Nah, kamu bisa pakai kumpulan kode rahasia iPhone seperti ini yang mungkin jarang kamu ketahui, geng!

Nggak bisa dipungkiri, kalau iPhone menjadi salah satu merk HP terbaik di dunia yang memiliki banyak fitur canggih dan bisa kamu dapatkan saat ini, geng.

Walaupun dikenal akan kecanggihannya, Apple ternyata tetap memberikan berbagai opsi untuk menggunakan kode rahasia iPhone untuk mengakses beberapa opsi tersembunyi.

Misalnya untuk mengecek kode IMEI hingga melakukan cara cek LCD iPhone tanpa perlu pergi ke service center resmi, lho.

Penasaran ada apa saja kode rahasia iPhone dan fungsinya? Nah, semuanya sudah Jaka ulas lengkap pada artikel berikut ini.

Kumpulan Kode Rahasia iPhone dan Fungsinya, Bisa Cek Kondisi iPhone!

Dari sekian banyak kode iPhone yang tersedia, kali ini Jaka hanya akan membahas beberapa saja yang bisa kamu gunakan untuk pengguna di Indonesia.

Untuk mengaksesnya pun kamu nggak memerlukan aplikasi tambahan, cukup menggunakan menu Dial atau Phone pada ponsel kamu untuk memasukkan kode-kode sebagai berikut, geng.

1. *#0000#* - Cek iPhone Asli atau Palsu

Jika kamu ingin mengetahui kondisi iPhone asli maupun palsu, kamu bisa mengetikkan kode rahasia *#0000#* pada Dial di iPhone.

ADVERTISEMENT

Jika setelah memasukkan kode ini pada layar muncul pop-up, maka bisa dipastikan kalau iPhone yang kamu gunakan merupakan barang replika alias KW, geng.

Karena sejatinya kode ini berfungsi pada smartphone dengan basis sistem Android, seperti Samsung.

2. #31# - Lakukan Panggilan Tanpa Diketahui

Kalau kamu mau menyembunyikan nomor telepon saat hendak melakukan panggilan dengan iPhone, kamu bisa menggunakan kode #31#.

Caranya kamu cukup tambahkan kode #31# di bagian depan kontak yang hendak kamu hubungi, geng.

Hasilnya nomor kamu nggak akan ketahuan atau terlacak, di mana bakal ada tampilan "No Caller ID" pada ponsel penerima. Cocok buat kamu yang menelpon mantan atau orang lain.

Namun sejatinya, untuk menonaktifkan opsi Caller ID ini tergantung dengan provider telekomunikasi yang kamu gunakan, apakah memperbolehkan fitur ini atau tidak.

3. *3001#12345#* - Uji Kekuatan Jaringan iPhone

Jika kamu hendak menguji kekuatan sinyal, kamu dapat menggunakan kode rahasia iPhone *3001#12345#* melalui menu Dial dan tekan Call.

Selanjutnya kamu tinggal tahan tombol Power dan tunggu hingga muncul pesan Slide to Power Off muncul, geng.

Kemudian kamu dapat menekan tombol Home sampai kamu kembali ke homescreen dan kamu dapat melihat kekuatan jaringan sinyal kamu.

Kalau sinyal terasa lemah, kamu pun bisa juga lakukan berbagai tips memperkuat sinyal jaringan WiFi atau selular di iPhone, deh!

Kode Rahasia iPhone Lainnya...

4. *#*#2664#*#* - Cek Layar LCD iPhone

Kalau kamu mau tau cara cek touchscreen iPhone sendiri, kamu bisa menggunakan kode rahasia *#*#2664#*#* pada perangkat kamu.

Kode iPhone ini sendiri memiliki fungsi untuk mengetahui apakah kualitas layar iPhone kamu masih bagus ataupun tidak, geng.

Namun apabila langkah ini nggak berhasil, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti TestM yang bisa kamu dapatkan di App Store.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan kalau berniat beli iPhone bekas berkualitas biar nggak kena tipu, lho.

5. *#06# - Cek Nomor IMEI iPhone

Untuk mengetahui iPhone kamu sudah terdaftar dan biar nggak kena blokir, kamu juga bisa mengecek IMEI iPhone dengan memasukkan kode *#06# pada opsi Phone.

IMEI atau International Mobile Equpment Identity sendiri merupakan nomor resmi yang tertera pada perangkat dan paket penjualan sebagai identitasnya, geng.

Selanjutnya kamu tinggal mencocoknya kode IMEI pada iPhone dengan boks, apakah sesuai atau tidak?

6. *#21# - Nonaktifkan Panggilan Masuk di iPhone

Kalau kamu jomblo mungkin nggak bakal relate dengan kode rahasia di iPhone yang satu ini, deh.

Namun buat kamu yang lagi cuti tapi nggak mau diganggu kerjaan sama bos, tentu bakal bermanfaat banget. Soalnya kode ini berfungsi untuk menonaktifkan panggilan masuk di perangkatmu.

Di sini kamu cukup memasukkan kode *#21# dan bisa membuat semua panggilan masuk ke iPhone kamu otomatis akan diarahkan ke _voicemail_, geng.

Jadi lain kali kamu nggak perlu sampai mengaktifkan mode pesawat atau bergonta-ganti nomor untuk bisa melakukannya, ya!

7. *43# - Aktifkan Fitur Call Waiting iPhone

Sering menerima banyak panggilan sekaligus dan nggak mau terlewat hal penting? Nah, kamu bisa mengaktifkan fitur Call Waiting di iPhone kamu.

Caranya kamu cukup masukkan *43# dan Call, maka secara otomatis fitur ini akan diaktifkan, geng.

Setelah aktif, maka ketika kamu sedang melakukan panggilan ada ada telepon orang lain masuk maka bakal ada notifikasi yang muncul.

Sehingga kamu nggak bakal terlewat dengan panggilan yang bisa saja penting untuk kamu terima, lho.

Video: Awas Ketipu Barang KW! Begini Cara Membedakan HP iPhone Asli dan Palsu

Akhir Kata

Nah, itulah dia kumpulan kode rahasia iPhone dan fungsinya yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, geng.

Jika kamu memiliki kode lainnya, jangan ragu untuk tuliskan pada kolom komentar di bawah. Dan jangan lupa juga, bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar iPhone atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menyembunyikan Nomor Telepon di HP Android & iPhone

3 Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone Terbaru 2022, Dijamin Berhasil!

Kembali Keatas