Meski Banyak Kegagalan, 5 Inovasi Teknologi Smartphone Ini Sukses Dicintai Penggunanya

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Wednesday, 27 September 2017, 18:30
Meski secara teori inovasi tersebut menakjubkan, tapi pada kenyataan kehidupan sehari-hari belum tentu bekerja. Meski banyak mengalami kegagalan, namun ada juga sejumlah inovasi teknologi baru smartphone yang berhasil dan dicintai penggunan

Ketatnya persaingan smartphone, memang mengharuskan para produsen ponsel untuk terus berinovasi. Namun, mencoba sesuatu yang baru tentu butuh keberanian dan juga penuh resiko.

Meski secara teori inovasi tersebut menakjubkan, tapi pada kenyataan kehidupan sehari-hari belum tentu bekerja. Bisa saja, teknologi tersebut terlalu cepat muncul.

Sebut saja kegagalan Project Ara dari Google untuk membuat smartphone yang sangat modular. Meski begitu, saat ini masih terdapat smartphone semi modular seperti LG G5, Motorola seri Moto Z, dan Essential Phone. Sayangnya, harga aksesori-nya sangat mahal.

BACA JUGA
  • Inovasi Smartphone dari Zaman ke Zaman, Apakah Kamu Memperhatikannya?

Meski banyak mengalami kegagalan, namun ada juga sejumlah inovasi teknologi baru smartphone yang berhasil dan dicintai penggunanya. Ini dia!

Inovasi Teknologi Smartphone Ini Sukses Dicintai Penggunanya

1. Display Samsung Edge

Masih ingat Samsung Galaxy Note Edge yang punya layar melengkung hanya di satu sisi? Ya, aneh sekali bukan bentuknya dan itu adalah cikal bakal Infinity Display yang sekarang terdapat di Galaxy S8 dan Galaxy Note 8.

Selanjutnya, Samsung merilis Galaxy S6 Edge yang melengkapi di kedua sisi. Itu sangat keren, tapi Samsung juga tetap merilis versi layar datarnya bahkan sampai pada seri Galaxy S7.

Keberanian Samsung menyematkan teknologi layar sedikit melengkung memang memiliki resiko yang besar, sehingga Samsung tetap menyediakan versi layar datarnya. Untungnya, Samsung berhasil meningkatkan pengalaman dan utilitasnya.

2. Samsung S Pen

Inovasi teknologi pada smartphone berikutnya masih dari Samsung yakni stylus S Pen lewat seri Galaxy Note. Awalnya mungkin banyak orang berpikir, untuk apa sebuah stylus di smartphone layar sentuh?

ADVERTISEMENT

Namun sekarang? S Pen telah menjadi salah satu kisah sukses, karena selama bertahun-tahun Samsung berhasil meningkatkan kemampuan S Pen. Bahkan yang terbaru pena Galaxy Note 8 punya mata yang lebih kecil yakni 0.7 mm dan sensivitasnya juga meningkat hingga 4.096 tingkat tekanan.

Hal ini memungkinkan kamu untuk menggambar dan menulis dengan akurasi yang tepat serta terasa natural seperti di kertas. Terdapat juga fitur Screen off memo, yang memungkinkan kita untuk membuat catatan pada layar yang terkunci, bahkan tanpa membuka layar.

3. Dual Camera

Masih ingat smartphone pertama dengan teknologi dual camera? Ya, HTC One M8 yang dirilis tahun 2014. Mungkin terlalu 2-3 tahun lebih awal bagi HTC, tapi sekarang dual camera menjadi fitur wajib ada di smartphone flagship.

4. Kamera Selfie

Awalnya fungsi kamera depan adalah untuk mengakomodasi kebutuhan panggilan video. Tapi, sekarang justru disalahgunakan untuk selfie.

Ya, ada banyak pabrikan ponsel yang memaksimalkan tren selfie dengan meluncurkan smartphone dengan kamera depan dengan resolusi besar.

5. Iris scanner/Face ID

Sebelumnya di Android ada fitur Face Unlock untuk membuka kunci smartphone dengan wajah kamu. Sayangnya fitur tersebut kini hilang, karena memang memiliki banyak kelemahan.

Sekarang teknologi tersebut kembali muncul melalui fitur Iris Scanner pada Galaxy Note 7 dan Galaxy Note 8. Lalu, Apple dengan iPhone X yang disebut Face ID. Gilanya Apple adalah, bahkan berani menghilangkan Touch ID atau sensor fingerprint.

Akhir Kata

Itulah sejumlah inovasi teknologi pada smartphone yang berhasil, walaupun beberapa diantaranya pernah gagal tapi hadir kembali dengan lebih baik. Mana favorit kamu?

Baca juga artikel seputar Teknologi atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

3 Smartphone Canggih Masa Depan yang Akan Mengubah Segalanya!

Dari Xiaomi Mi A1, Ini 7 Smartphone Terbaru yang Dirilis di Indonesia (2017)

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Kembali Keatas