Meski Keren dan Canggih, 8 Inovasi Unik Smartphone Ini Gagal Sukses di Pasaran

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 09 October 2017, 14:00
Banyak kasus inovasi baru smartphone yang sudah terlihat begitu meyakinkan, namun sayangnya gagal sukses di pasaran, seperti beberapa inovasi smartphone gagal berikut ini!

Saat ini kehadiran smartphone tidak hanya terus berkembang pada segi software ataupun gamenya saja. Banyak juga inovasi menarik yang hadir pada smartphone Android ataupun non-Android.

Banyak inovasi atau hal baru yang menarik seperti sensor sidik jari dan masih banyak lagi. Tidak semuanya juga berhasil, karena banyak kasus inovasi baru smartphone yang sudah terlihat begitu meyakinkan, namun sayangnya gagal sukses di pasaran, seperti beberapa inovasi smartphone gagaberikut ini!

BACA JUGA

    8 Inovasi Unik Smartphone yang Sayangnya Gagal Di Pasaran!

    1. Face Unlock

    Kehadiran Face Unlock pada smartphone memang terkesan berbeda jika dibandingkan dengan fitur-fitur lain, di mana kamu bisa membuka kunci smartphone hanya mengandalkan sebuah foto saja dan tidak perlu mengetik password untuk mengakses smartphone.

    Namun, entah kenapa inovasi ini dianggap gagal oleh beberapa perusahaan, meskipun masih ada yang menggunakannya. Mungkin alasan inovasi ini dianggap gagal karena terlalu ribet dan tak berbeda jauh dengan layaknya mengetik password.

    2. Samsung Beam

    Samsung memang merupakan produsen smartphone terbesar yang ada di dunia yang kerap melakukan inovasi baru. Meskipun terkenal, nyatanya tidak sedikit juga yang mengalami kegagalan. Samsung Beam ini sebenarnya pada waktu awalnya ditujukan bagi para pebisnis yang nantinya akan mempermudah mereka dalam presentasi dengan memperbesar bagian layar yang memilki fungsi seperti layaknya sebuah proyektor.

    Namun sayangnya, inovasi ini gagal di pasaran karena melihat dari segi bentuk atau desainnya saja sudah terlihat cukup aneh menggelembung. Saat ini Samsung Beam sudah dilupakan dan tak dikembangkan lagi.

    3. HTC Trackball

    Bagaimana nantinya kalau trackball dipadu dengan touchscreen? tentu bakal sangat aneh kelihatannya. Ini merupakan salah satu kegagalan HTC bersaing dengan touchscreen. Karena melihat fungsi layar sentuh yang lebih baik dan juga lebih nyaman dioperasikan, tidak mungkin HTC Trackball ini akan mampu bersaing dan sukses di pasaran.

    Dan faktanya, setelah HTC memadukan Trackball ini pada produknya, memang produk smartphone itu lantas gagal di pasaran . Perusahaan tersebut mengatakan bahwa tidak akan mengulangi inovasi ini lagi dan ke depannya trackball sudah dapat dipastikan musnah.

    ADVERTISEMENT

    4. Facebook Phone

    Facebook Phone merupakan smartphone paling unik sejauh ini karena mengandalkan tampilan unik dan keren seperti Facebook. Namun, sayangnya inovasi Facebook Phone ini gagal di pasaran! Alasannya karena terlalu banyak kekurangan seperti baterai yang boros dan sebagainya hingga pada akhirnya smartphone ini kekurangan peminat dan dinyatakan gagal.

    5. Casing Bertekstur

    Salah satu kelemahan smartphone adalah rawan rusak saat terjatuh, yang bisa diawali dari lecet ringan, error, hingga mati total. Akibat hal yang cukup serius ini, banyak perusahaan yang sengaja mengeluarkan casing tahan banting, seperti casing bertekstur yang sebenarnya tujuannya sebagai pelindung smartphone. Namun, sangat disayangkan inovasi baru ini gagal karena desain smartphone menjadi tertutup dan terlihat jelek saat menggunakan casing yang begitu bongsor ini.

    6. 3D Display LG

    Siapa sih yang tidak mau punya smartphone dengan tampilan jernih? Di sini LG berusaha mengembangkan inovasi 3D semacam model parallax yang akan dapat dilihat dari berbagai sisinya. Terlihat unik, hanya saja 3D Display dari LG ini gagal di pasaran karena tidak menarik. Untuk saat ini, kebanyakan masyarakat lebih mempertimbangkan kepada perangkat VR daripada layar 3D tersebut.

    7. Gamepad Phone

    Gamepad iPhone adalah inovasi unik yang gagal di pasaran. Gadget ini merupakan smartphone dengan sematan gamepad. Ya, sudah menjadi hal yang sangat umum adanya game di smartphone. Beberapa perusahaaan smartphone juga tak ingin kalah, mereka pernah berusaha membuat smartphone yang mirip dengan N-Gage, PSP, begitu juga Sony Xperia. Inilah yang membuat Gamepad Phone menjadi tidak laku di pasaran.

    8. Curved Screen

    Saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba menciptakan hal baru pada LCD, seperti smartphone berlayar melengkung dan masih banyak lagi. Pada waktu itu perusahaan Samsung belum memiliki model edge yang saat ini menjadi salah satu andalannya.

    Tapi Samsung sempat memproduksi Samsung Galaxy Round. Smartphone ini tidak berhasil menarik peminat di pasaran. Desain layarnya menekuk secara vertikal, bisa dikatakan unik, tapi juga aneh! Hal ini yang membuatnya jarang diminati orang.

    Itulah ulasan Jaka tentang 7 inovasi unik smartphone yang gagal di pasaran. Beberapa hal di atas bisa dikatakan sangat unik, namun karena memiliki beberapa alasan tertentu, seperti persaingan ketat dan sebagainya, pada akhirnya kurang diminati pengguna smartphone. Mana menurutmu inovasi smartphone gagal yang paling nggak banget? Silakan bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya!

    ARTIKEL TERKAIT

    5 Smartphone dengan Kamera 13MP Harga Murah, Mulai 800 Ribuan Loh!

    APPS TERKAIT
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
    Games Moonton
    Capsa Royale 3.1.1
    Games 88 Entertaiment
    Kembali Keatas