Awas! 5 Hal Ini Paling Rawan Membuat Baterai Smartphone Meledak, No. 5 Paling Sering!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Thursday, 26 July 2018, 13:00
Banyak hal yang bisa membuat smartphone meledak. Nah, berikut ini Jaka ulas 5 Hal yang Bisa Membuat Baterai Smartphone Meledak.

Beberapa waktu lalu kamu pasti sering mendengar tentang smartphone meledak padahal penggunaannya masih belum lama. Jadi sebenarnya apa saja yang menyebabkan smartphone bisa meledak?

Kasus smartphone yang meledak memang tak asing didengar. Bahkan hingga vendor smartphone besar pernah mengalami hal tersebut pada salah satu produknya karena terjadi masalah pada baterainya.

Jadi, sebenarnya smartphone bisa meledak bukan hanya karena men-charger, namun banyak hal yang bisa membuat smartphone meledak. Nah, berikut ini Jaka ulas 5 Hal yang Bisa Membuat Baterai Smartphone Meledak.

BACA JUGA
  • Waspadai 5 Kerusakan Smartphone yang Bisa Terjadi Selama Bulan Puasa

Awas! 5 Hal Ini Paling Rawan Membuat Baterai Smartphone Meledak, No. 5 Paling Sering!

1. Human Error

Sumber foto: Sumber : upbeacon.com

Salah satu faktor yang menyebabkan baterai smartphone meledak adalah karena adanya Human Eror. Hal ini karena pada dasarnya baterai smartphone itu mudah meledak. Human Eror yang terjadi biasanya karena smartphone terlalu lama di bawah terik matahari secara langsung. Sehingga smartphone menjadi panas dan ada kemungkinan terjadi kerusakan pada baterai yang bisa menyebabkan smartphone meledak.

2. Cacat Produk

Sumber foto: Sumber : NetON.ID

Walaupun sudah melewati Quality Check bukan berarti baterai smartphone tidak bisa meledaknya. Contohnya saja salah satu produk smartphone asal produsen Korea yang ternyata baterainya mengalami cacat produk. Akhirnya terjadilah kasus smartphone meledak, padahal barang tersebut belum lama dipakai, dan kemudian semua produk tersebut ditarik kembali dari pasaran.

3. Menggunakan Baterai KW

Sumber foto: Sumber : kuronekoworks.blogspot.com

Penurunan kualitas baterai pada smartphone itu sudah pasti terjadi, terlebih untuk yang sudah berumur hingga 1 tahun pemakaian. Mengganti baterai smartphone memang cara terbaik untuk mengatasi permasalahan penurunan kualitas baterai. Namun, harga baterai original tidaklah murah, sehingga tak sedikit yang lebih memilih membeli barang KW.

Padahal menggunakan baterai yang bukan asli bawaan atau KW sangat tidak direkomendasikan. Karena sudah pasti bisa membuat smrtphone meledak karena tegangan yang tidak sesuai. Maka dari itu, menggunakan baterai KW membawa risiko besar.

4. Menggunakan Charger KW

Sumber foto: Sumber : mantapps.co.id

Pada dasarnya saat smartphone dibuat semua komponennya sudah disesuaikan satu sama lain. Misalnya saja pada tegangan dan arus listriknya yang pasti sudah disesuaikan. Tidak semua charger mempunyai tegangan yang sama, dan jika misal tegangan terlalu besar, bisa menyebabkan kerusakan pada baterai. Bahkan yang lebih ekstrem bisa meledak juga lho, jadi selalu gunakan aksesori original ya.

ADVERTISEMENT

5. Terlalu Lama Men-Charger

Sumber foto: Sumber : theeast.co.id

Mungkin untuk smartphone keluaran terbaru hal ini tidak terlalu menjadi masalah karena sudah ada fitur auto cut ketika baterai sudah terisi penuh. Walaupun sebenarnya hal tersebut membuat kesehatan baterai menjadi menurun dan untuk smartphone yang belum memiliki fitur tersebut jelas sangat berisiko. Smartphone akan menjadi panas dan besar kemungkinan terjadi kerusakan pada baterai atau bahkan bisa meledak.

Itulah 5 hal yang bisa membuat baterai smartphone meledak. Jadi pada dasarnya baterai bisa meledak kapan saja layaknya bom waktu jika salah penanganan. Semoga ulasan Jaka bermanfaat ya!

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Kembali Keatas