7 Aplikasi Penyebab Baterai Boros dan Solusinya

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 01 June 2018, 07:00
Penyebab terjadinya baterai boros pada smartphone nggak melulu soal kapasitas yang dimilikinya. Hal tersebut juga bisa datang dari aplikasi loh guys. Yuk, dibaca.

Kamu sebagai anak muda yang kece dan juga trendi, pasti ingin memiliki sebuah smartphone yang mampu bertahan hingga berjam-jam, untuk tetap menjaga aktivitasmu sehari-hari. Bahkan sebagian dari kamu tidak memerdulikan spesifikasi, asalkan baterainya bisa awet.

Nah, kadang sering kali kita melewatkan informasi seputar baterai. Sebenarnya, kapasitas baterai saja pun tidak cukup untuk menjaga keaktifan kamu di luar sana. Beberapa aplikasi yang mungkin kamu install juga bisa menjadi salah satu penyebab smartphone kamu boros loh guys.

BACA JUGA
  • 5 Browser Paling Hemat Baterai Untuk Android

7 Aplikasi Penyebab Baterai Boros 2016

Yup, beberapa aplikasi bisa menjadi satu faktor utama kenapa smartphone kamu sangat boros soal urusan baterai. Di sini, JalanTikus akan memberikan informasi mengenai beberapa aplikasi penyebab terjadinya smartphone kamu sangat boros dalam penggunaan baterai. Apa saja itu?

1. Snapchat

Aplikasi Snapchat memang sedang booming saat ini. Baik pemuda tampan maupun cantik juga menggunakan Snapchat untuk berinteraksi agar semakin eksis di kalangan anak muda. Jelas, menggunakan aplikasi ini sangatlah menyenangkan. Tetapi, apa kamu tahu, aplikasi ini merupakan faktor utama smartphone kamu nggak bisa bertahan lama. Beberapa faktor seperti penggunaan kamera yang aktif, penggunaan koneksi internet yang tidak putus-putus, fitur GPS yang selalu on, dan juga beragam efek yang tersedia secara berlimpah menjadi penyebab utama borosnya baterai pada ponsel pintar kamu.

Untuk mengatasinya, sederhana. Kamu hanya perlu untuk tidak sering-sering menggunakan aplikasi ini. Jika tidak, mungkin smartphone kamu harus di root terlebih dahulu, khusus untuk Android ya guys. Kenapa? Karena, kamu bisa menggunakan Greenify untuk dapat mematikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang, sehingga bisa menghemat baterai milik kamu.

Snapchat 10.2.1.0
Apps Social & Messaging Snapchat
DOWNLOAD

2. Netflix

Aplikasi Netflix untuk menonton acara TV maupun film ini memang mengkonsumsi sebagian besar tenaga pada perangkat kamu. Memang sih, nonton film itu seru banget, apalagi ketika kamu berbagi sama teman-teman kamu saat menontonnya. Tetapi, perlu diingat, kamu juga harus bisa mengatur penggunaannya.

Jika tidak, ya resikonya adalah smartphone kamu paling tidak bisa bertahan hingga lebih dari enam jam. Sayang kan, mengganggu aktivitas kamu banget? Kalau pun kamu harus sekali untuk menonton film biar nggak ketinggalan update, kamu bisa menggunakan WiFi. Setidaknya, ini bisa menghemat penggunaan baterai kamu guys.

Netflix 7.48.0
Apps Entertainment Netflix, Inc.
DOWNLOAD

3. BBM

Sudah terbukti jika BBM memang membuat baterai smartphone kamu boros. Memang kenapa sih dengan BBM? Begini, dilihat dari pemakaian RAM-nya, BBM jelas sudah menggunakan RAM yang sangat besar. Prosesnya dari aplikasi perpesanan ini pun terus berjalan mulai dari menerima invite, chat, broadcast message, update status pada timeline, itu menjadi beberapa faktor membuat borosnya baterai. Nah, solusi yang baik, sama seperti Snapchat, kamu bisa menggunakan Greenify sebagai jalan keluar terbaik.

ADVERTISEMENT
BlackBerry Messenger
Apps Social & Messaging BlackBerry
DOWNLOAD

4. Facebook

Selanjutnya, aplikasi penyebab borosnya baterai pada smartphone adalah Facebook. Aplikasi ini memakan baterai yang cukup besar, karena prosesnya yang cukup banyak. Seperti yang kita tahu, notifikasi pesan, friend request, notifikasi umum, dan lain sebagainya. Lalu, apa solousi terbaiknya?

Begini guys, karena Facebook masih ada fitur menonaktifkan pemberitahuan, kamu masih bisa menghemat penggunaan baterai dengan menggunakan fitur ini. Selain itu, solusi terbaik adalah kamu bisa meng-uninstall aplikasi Facebook, dan menggunakan Facebook pada browser pilihanmu sebagai alternatif terbaik.

BlackBerry Messenger
Apps Social & Messaging BlackBerry
DOWNLOAD

5. Segala Aplikasi Berbentuk Maping

Salah satu aplikasi pemetaan yang membuat boros baterai smartphone adalah Google Maps. Kamu tahu, kenapa Google Maps didaulat sebagai aplikasi yang memakan baterai hingga menjadi boros? OK, JalanTikus akan menjelaskannya. Pertama, karena Google Maps menggunakan fitur GPS, dimana fitur ini paling haus akan sumber daya. Kedua, Google Maps melakukan tracking ke setiap daerah yang kamu gunakan untuk mencapai tujuan kamu. Maka dari itu, secara tidak langsung pengguna akan melakukan download pada setiap peta yang ingin dilihat.

Apakah hanya Google Maps saja aplikasi pemetaan yang bikin boros? Tentu saja tidak. Aplikasi pemetaan apapun seperti Waze juga merupakan aplikasi yang membuat smartphone kamu sangat boros. Cara terbaik adalah jangan sering menggunakan aplikasi pemetaan. Gunakan seperlunya saja, atau ketika kamu ingin menggunakannya, cari patokan lokasi yang kamu tahu, dan matikan aplikasi tersebut agar tidak terlalu lama menyerap penggunaan bateraimu.

Google Maps for Android 10.35.2
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD
Waze Social GPS Maps & Traffic 4.60.0.5
Apps Productivity Waze
DOWNLOAD

6. Email

Aplikasi email seperti Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook, menjadi salah satu pemakan baterai terganas pada smartphone. Karena, jika fitur sinkronisasi diaktifkan, maka aplikasi tersebut akan secara berkala memeriksa email yang masuk. Tentu saja hal tersebut sangat amat memakan sumber daya baterai pada ponsel, sebab setiap saat aplikasi ini terus menerus mengecek email.

Apa solusinya? Faktor utama yang mempengaruhi adalah fitur auto-sinkronisasinya. Dengan mematikan fitur ini, kamu bisa memeriksa email secara manual. Sehingga, kamu tidak mendapatkan notifikasi secara real-time. Jelas, hal ini bisa membuat kamu jauh lebih hemat dalam menggunakan baterai pada smartphone.

Gmail 2020.02.16.297705979
Apps Social & Messaging Google
DOWNLOAD
Microsoft Outlook 2.1.14
Apps Social & Messaging Microsoft Corporation
DOWNLOAD
Yahoo Mail 5.12.4
Apps Social & Messaging Yahoo
DOWNLOAD

7. Game Online

Kayaknya, sudah nggak perlu ditanya lagi kenapa ini menjadi salah satu faktor kenapa baterai smartphone habis. Ya, sudah jelas, karena pemakaian baterai pada game online, apalagi game yang memiliki grafik 3D, lebih besar memakan sumber daya baterai dibanding game yang tidak online. Masih tanya kenapa? Ya karena dengan menggunakan internet yang selalu aktif serta penggunaan grafik 3D yang memakan RAM berlebihan, sehingga baterai terkuras dengan cepat.

Solusinya, ya seperti dua aplikasi sebelumnya. Kamu tetap bisa menggunakan Greenify untuk solusi paling baik. Sebab, aplikasi ini berguna untuk mematikan atau biasa disebut menghibernasikan aplikasi lainnya yang berjalan pada background. Jika kamu nggak mau root smartphone kamu dengan beragam alasan, dan kamu nggak mau baterai smartphone boros, jangan main game online! Hehehe.

Clash Royale 1.7.0
Games Strategi Supercell
DOWNLOAD
Vainglory 2.0.2 (46378)
Games Strategi Super Evil Megacorp
DOWNLOAD

Itulah beberapa aplikasi dan solusi yang bisa menjawab pertanyaan kamu akan masalah penyebab terjadinya baterai smartphone boros. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mendapatkan jalan keluar terbaik untuk kamu yang aktif di luar ruangan. Share pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT

6 Alasan Kenapa Kamu WAJIB Pakai Smartphone Flagship

11 Aplikasi Karaoke Gratis Terbaik untuk PC & Laptop, Bisa Nyanyi Bareng di Rumah!

APPS TERKAIT
Battery Calibration 1.2
Apps NéMa
CurrentWidget: Battery Monitor 0.4
Apps RmDroider
MoboClean 3.0.1
Apps UUsafe Inc.
Easy Battery Saver for Android 3.4.1
Apps 2Easy Team
Kembali Keatas