6 Cara Mudah Untuk Mengenali Gadget Palsu, Awas Jangan Ketipu!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Thursday, 13 April 2017, 18:30
kesulitan membedakan produk yang asli dan yang palsu? Jaka akan bagikan bagaimana cara mengenali gadget palsu dengan mudah Simak selengkapnya ya!

Kini telah banyak gadget-gadget baru yang bermunculan. Kita bisa memilih sesuka hati, baik itu yang sesuai kebutuhan ataupun yang pas dengan isi kantong kita.

Tetapi banyaknya gadget baru bermunculan tak lantas membuat produk tersebut aman. Sering kali kita sebagai konsumen mendapatkan barang yang bukan original alias palsu. Kita sendiri pun masih kesulitan membedakan produk yang asli dan yang palsu. Maka karena itu, kali ini Jaka akan bagikan bagaimana cara mengenali gadget palsu dengan mudah. Simak selengkapnya ya!

BACA JUGA
  • 10 Cara Membedakan iPhone 7 Asli dan Palsu, Awas Kena Tipu!
  • 5 Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Asli dan Palsu
  • 2 Cara Mudah Membedakan SD Card Asli atau Palsu

6 Cara Mengenali Gadget Palsu Dengan Mudah

1. Cek Bungkus

Sumber foto: Foto: Brightside

Produk yang palsu sering kali mengabaikan kondisi kemasan luar. Produsen yang asli pasti sangat memperhatikan kondisi bungkus pada kemasan. Contoh fisiknya bisa kita lihat pada bagian jahitan plastik yang lurus sempurna dan kualitas cetak huruf yang bagus dan mudah dibaca.

2. Cek Buku Panduan

Sumber foto: Foto: Brightside

Pada produk gadget asli pasti terdapat buku panduan yang dijelaskan dengan berbagai bahasa sesuai dengan target penjualannya. Minimal terdapat bahasa Inggris juga di dalamnya. Sedangkan pada produk palsu, terkesan memburamkan buku panduan dengan isi bahasa yang tidak banyak orang paham.

3. Lihat Kondisi Material

Sumber foto: Foto: YouTube

Setiap material yang terdapat di dalam dus kemasan pasti berkualitas baik. Biasanya untuk membedakan kualitas bahan material pada barang tidaklah sulit. Bahan yang berkualitas rendah biasanya berbahan dasar plastik murah dengan kondisi permukaan yang tidak teratur. Hal ini bisa kita lihat dengan jelas jika kita teliti.

4. Lihat Font dan Logo Pada Barang

Sumber foto: Foto: YouTube

Pada produk yang palsu biasanya akan terlihat logo yang tidak jelas dan sangat berbeda dengan aslinya. Font yang tertera juga tidak sehalus pada produk asli. Pada produk yang asli, semua font, logo, dan simbol-simbol yang tertera memiliki tekstur yang halus, mudah dibaca, dan terkesan tahan lama.

5. Cek Bagian Charger

Sumber foto: Foto: Brightside

Pada charger yang asli akan jelas terlihat bagian yang menjadi pembatas antara bagian plastik dan colokan. Bahan isolasi tersebut digunakan untuk menjamin keselataman para pengguna. Sedangkan pada charger yang palsu tidak memiliki bagian tersebut.

6. Cek Kabel Charger

Sumber foto: Foto: Techzac

Hal ini yang paling sering ditemui yaitu charger yang palsu memiliki ujung port yang lebih panjang. Warna dan bahan material kabel antara produk yang asli atau palsu juga biasanya mudah dikenali jika teliti. Kabel charger yang asli berbahan material yang baik dan logo USB pada port juga dapat dijadikan patokan. Apabila yang asli, logo tersebut tampak lebih tenggelam dan tidak akan mudah terhapus.

ADVERTISEMENT

Nah, itu dia 6 cara mudah untuk mengenali gadget palsu. Bagaimana menurutmu? Efektifkah caranya? Kamu pernah punya pengalaman tertpipu membeli gadget palsu? Share pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Kembali Keatas