10 Cara Membedakan iPhone 7 Asli dan Palsu, Awas Kena Tipu!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 14 June 2020, 09:00
Nggak tahu cara membedakan iPhone 7 asli dan palsu? Sini, Jaka bagiin tips cara cek iPhone 7 asli atau palsu juga iPhone 7 Plus seperti apa (Update 2020).

Apple telah resmi meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada tahun 2016 lalu, dan peminat gadget ini masih tinggi sekalai, bahkan hingga saat ini.

Meskitergolong produk lama, ternyata banyak tiruan dari iPhone 7 sengaja dipasarkan. Tentu hal ini membuat kita merasa was-was ketika akan membeli iPhone 7 yang bukan dari Apple Authorised Reseller.

Alih-alih dapat iPhone 7 dengan harga murah, takutnya malah dapat iPhone 7 replika. Nah sekarang Jaka akan membagikan sedikit informasi nih, bagaimana sih cara membedakan iPhone 7 asli dan palsu.

Cara Membedakan iPhone 7 Asli atau Palsu

Untuk mengahadapi masalah ini, kamu memerlukan pengetahuan yang lebih untuk memilah mana iPhone 7 asli dan mana yang palsu.

Untuk kamu yang ingin membeli iPhone 7 bukan dari Apple Authorised Reseller atau beli iPhone 7 second, pengetahuan mengenai cara membedakan iPhone 7 plus asli dan palsu sangat penting.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu teliti dan perhatikan untuk mengetahui cara membedakan iPhone 7 asli dan palsu.

iPhone replika, KW, atau super copy adalah sebuah smartphone yang dirakit sedemikian rupa supaya mirip dengan iPhone aslinya namun dengan material, sistem operasi, dan kualitas spesifikasi yang jauh berbeda dengan iPhone sebenarnya.

ADVERTISEMENT

1. Tidak Ada Jack Audio 3.5mm dan Bentuk Kamera Lebih Besar dan Menonjol

Apple menghilangkan jack audio 3.5mm pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Sebagai gantinya, Apple membekali earpods dengan konektor lightning yang ada dalam paket penjualan.

Selain itu, kamu akan melihat sedikit perubahan pada antena dan terlihat lebih menyatu. Oh iya, modul kamera iPhone 7 juga lebih besar dan menonjol.

Sementara untuk iPhone 7 Plus punya dual camera. Ciri-ciri ini wajib kamu perhatikan untuk mengetahui iPhone 7 original.

2. Tombol Home Kapasitif

Apple melakukan sentuhan baru pada tombol home dengan teknologi yang disebut Solid-state Home Button atau kapasitif.

Memang bentuk tombol dan penempatannya tidak berubah, namun di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus kamu nggak perlu takut lagi tombol Home jadi cepat rusak.

Apple menggunakan teknologi yang lebih kuat, responsif, dan sensitif terhadap tekanan di produk mereka ini. Tombol Home ini juga bisa menjadi perbedaan iPhone HDC dan ori.

Nah, pastikan tekan tombol Home pada iPhone 7. Jika ternyata masih berupa tombol fisik, kemungkinan besar itu palsu. Oh iya, jangan lupa cobain fitur fingerprint-nya.

3. Memori yang Digunakan

Langkah berikutnya untuk membedakan iPhone 7 asli dan palsu adalah dengan mengecek memori yang digunakan. Penyimpanan basic di iPhone 7 mulai dari 32GB, 128GB, dan 256GB.

Jadi, sudah tidak ada lagi memori internal 16GB dan 64GB. Pastikan kamu cek di menu pengaturan kapasitas memori dari iPhone 7 yang ditawarkan.

Jika kapasitas memorinya tidak termasuk kedalam salah satu kategori yang Jaka sebutkan, maka kemungkinan besar bukan iPhone 7 original.

Cara Membedakan iPhone 7 Asli dan Palsu Lainnya...

4. Coba Fitur Kamera

Selain memperhatikan bentuk kamera fisik, kamu juga wajib mencoba fitur kamera iPhone secara langsung. Jika gambar yang dihasilkan kurang tajam dan jelek, hampir dipastikan kalau itu iPhone 7 palsu.

Dukungan chipset pengolah gambar baru dan Quad-LED (dual tone) Flash, diklaim bisa menghasilkan cahaya 50% lebih banyak. Kamera depannya juga mempunyai resolusi lebih besar, yaitu 7 megapikel.

Sementara, kamera iPhone 7 Plus Apple membawa perubahan besar dengan menyematkan dual camera yakni kamera Tele dan Wide.

Konfigurasi kamera berikut kualitasnya ini bisa menjadi indikator cara membedakan iPhone 7 asli dan palsu. Kamu bisa melihat hasil dari kamera iPhone 7 dan 7 Plus di situs review sebagai pembanding.

5. Harga yang Wajar

Hal yang satu ini sangat berpengaruh dalam bagaimana cara membedakan iPhone 7 asli dan palsu. Kamungkinana besar, akan ada permainan harga saat menjual iPhone 7 replika untuk menarik peminat.

Harga yang terlampau murah patut kamu waspadai, bandingkan harga yang ditawarkan dengan harga yang tertera di iBox saat ini.

Jangan tergiur dengan harga yang super murah, karena cara membedakan iPhone 7 asli dan palsu paling mendasar adalah menilik harganya.

6. Tersedia App Store, Bukan Google Play

iPhone adalah salah satu produk keluaran Apple. Nah, tentu saja semua produk Apple memiliki aplikasi App Store di dalamnya. Hal ini merupakan perbedaan iPhone 7 plus HDC dan ori yang paling kentara.

Biasanya, iPhone tiruan tidak memiliki aplikasi App Store melainkan Google Play yang dimiliki perangkat Android. Nah loh?

Meskipun logo aplikasi bisa disamarkan, ketika dibuka tampilan dari Play Store dan App Store akan sangat berbeda satu sama lain.

7. Perhatikan OS yang Digunakan

iPhone asli tentu saja menggunakan iOS sebagai sistem operasinya. Sedangkan iPhone tiruan rata-rata menggunakan Android karena memang sangat mudah dikustomisasi sehingga bisa mirip dengan iOS.

Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke menu pengaturan dan periksa sistem operasi yang digunakannya.

Pastikan untuk selalu memeriksa versi iOS yang terpasang di dalam handphone tersebut. Hal ini merupakan salah satu cara cek iPhone 7 asli paling mudah.

8. Pergunakan iTunes

Perangkat iPhone asli dapat terhubung dan saling mengenali satu sama lain dengan iTunes. Sebaiknya kamu sudah persiapkan laptop yang sudah terinstal iTunes untuk memastikannya.

iPhone 7 asli ketika terhubung akan dibaca dengan mudah oleh aplikasi iTunes. Sedangkan iPhone palsu tidak akan terbaca.

Sistem sinkronisasi antar perangkat iPhone ini tidak akan bisa ditiru oleh HP Android. Meskipun akhirnya bisa terhubung, akan ada informasi yang mengatakan kalau iTunes kamu dipasang di Android.

9. Cek Garansi iPhone Melalui Website

Sebelum kamu membeli iPhone 7, sebaiknya lihat terlebih dahulu nomor IMEI yang tertera pada dus. Kemudian lakukan pengecekan melalui website resmi Apple dan masukkan nomor IMEI tersebut.

Jika muncul keterangan yang sesuai, dapat dipastikan iPhone tersebut asli. Jika tidak bisa, berarti iPhone itu palsu.

Nomor IMEI merupakan indikator paling kuat yang bisa digunakan sebagai cara membedakan ip 7 asli dan palsu.

10. Adanya Memori Eksternal

Sejak kapan iPhone punya slot memory card MicroSD? Jika iya ada, jelas itu adalah iPhone 7 palsu. Apple tidak pernah sekalipun membuat iPhone dengan slot MicroSD.

Untuk mengurangi lag dan hal-hal kurang menyenangkan seputar sistem, Apple tidak pernah menambahkan sistem memori eksternal ke dalam produk iPhone buatan mereka.

Hal ini bisa menjadi cara membedakan iPhone 7 asli dan palsu yang sangat mudah untuk diperhatikan.

Akhir Kata

Percaya atau tidak, banyak smartphone tiruan buatan China ini yang sulit dibedakan dengan aslinya. Dari segi desain, strip antena hingga dual camera yang disematkan dibuat sangat mirip.

10 indikator yang Jaka bagikan kali ini bisa menjadi acuan untuk kamu dalam membedakan mana produk asli dan mana produk tiruan agar kamu tidak mudah tertipu.

Bagaimana? Dengan artikel di atas, apakah sekarang kamu bisa tahu cara membedakan iPhone 7 asli dan palsu? Jangan lupa share info ini ke teman-teman kamu yang membutuhkan.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Harga HP iPhone Terbaru & Terlengkap September 2023, Banyak Diskon!

15 Aplikasi Edit Video di iPhone dan iPad Terbaik 2022, Hasil jadi Aesthetic!

Kembali Keatas