Pundi Kas Legal atau Ilegal? Cek Faktanya di Sini!

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Friday, 22 March 2024, 14:30
Pundi Kas legal atau ilegal, ya? Cek fakta terbaru layanan pinjol Pundi Kas selengkapnya di sini sebelum pinjam uang!

Pinjaman online semakin diminati masyarakat karena kemudahan dan kecepatan pencairannya. Salah satu platform pinjol yang populer adalah Pundi Kas.

Meskipun memiliki rating yang cukup bagus di Play Store, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi pinjol yang terdaftar di sana legal. Banyak pula pinjol ilegal yang lolos terdaftar di Playstore maupun App Store

Jika kamu masih mempertanyakan legalitas Pundi Kas legal atau ilegal, berikut rangkuman fakta Pundi Kas yang telah Jaka Rangkum. Simak sampai selesai, ya!

Apa Itu Pundi Kas?

Pundi Kas adalah platform peer-to-peer (P2P) lending yang mempertemukan peminjam dengan pemberi pinjaman (investor). Di sini, kamu dapat memilih mau meminjam uang atau justru menjadi investor dan mendapatkan keuntungan dari pinjaman.

Aplikasi Pundi Kas juga diklaim memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan aplikasi pinjol lainnya, seperti:

Pundi Kas Legal atau Ilegal? Ini Faktanya

Setelah melakukan penelusuran, Jaka mendapatkan banyak info menarik seputar Pundi Kas. Namun terkait dengan status legalitasnya sendiri, Pundi Kas ternyata masih ilegal atau tidak terdaftar di OJK.

Pundi Kas juga masih tergolong aplikasi pinjol baru di Indonesia. Layanan ini baru saja diresmikan pada November 2022, jadi sebaiknya kamu berhati-hati.

Lebih lanjut, inilah fakta-fakta dari Pundi Kas yang wajib kamu waspadai:

Selain fakta-fakta di atas, aplikasi pinjol ilegal ini juga diketahui meminta terlalu banyak akses pada perangkat pengguna. Tindakan ini juga menyalahi aturan OJK yang hanya mengizinkan APK pinjol legal untuk mengakses mikrofon, lokasi dan kamera HP nasabah saja. Sementara aplikasi PundiKas memerlukan akses pada:

Berapa Bunga, Tenor, dan Limit Pinjol Pundi Kas?

Banyak yang bertanya-tanya mengenai bunga, tenor, dan limit di Pundi Kas. Berikut penjelasannya:

Detail Pinjaman Online PundiKas
Bunga 1% perhari
Biaya admin Maksimal 10% dari total pinjaman
Tenor 7 hari hingga 30 hari
Limit Rp 8.000.000

Namun perlu diingat, informasi ini mungkin saja berubah. Untuk mengetahui limit pinjol yang ditawarkan khusus untuk kamu, kamu perlu mengunduh aplikasi Pundi Kas dan lakukan simulasi pengajuan pinjaman. Umumnya, setelah mengisi data diri dan kebutuhan pinjaman, aplikasi akan menampilkan limit yang bisa diajukan.

Hubungi juga layanan pelanggan Pundi Kas melalui website atau nomor telepon yang tertera. Mereka dapat memberikan informasi detail mengenai limit sesuai dengan profil finansialmu.

Review Pengguna PundiKas

Meski ilegal, nyatanya rating dari pengguna di aplikasi pinjaman online satu ini masih sangat bagus. Pundi kas mendapatkan score 4,6 di google play store.

IMG 6799 B407e
IMG 6801 B94f8
Sumber foto: Review Pundi Kas - Playstore

Namun tak sedikit juga yang memberikan review jelek dan komplain mengenai kebijakan yang Pundi Kas berikan.

IMG 6800 C6012
Sumber foto: Review Pundi Kas - Playstore

Akhir Kata

Hingga saat ini, Pundi Kas belum terdaftar dan belum diakui oleh OJK sebagai penyelenggara fintech lending. Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dalam menggunakan layanan Pundi Kas.

Hindari terjebak iming-iming menarik dari pinjaman online ilegal. Pinjaman ilegal dapat menyebabkan kerugian jangka panjang, seperti bunga tinggi, penagihan tidak etis, dan penyalahgunaan data pribadi.

Sebelum menggunakan layanan pinjol, pastikan pinjol tersebut terdaftar di OJK. KAMU dapat mengecek daftar pinjol terdaftar di website OJK: https://www.ojk.go.id/

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel tentang Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal, Pinjaman Online Legal OJK, atau artikel menarik lainnya dari Kiki

Kembali Keatas