Cara Daftar, Cek Saldo, dan Transfer lewat SMS Banking BCA, Transaksi Makin Praktis!

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Friday, 22 December 2023, 22:30
Bagi pengguna BCA, Jaka punya cara menggunakan SMS Banking BCA nih. Dari daftar, cek saldo, hingga transaksi pake SMS Banking BCA lengkap! (Update 2023)

Kini, berbagai aktivitas keuangan seperti cek saldo hingga transfer bisa dilakukan dengan mudah melalui SMS Banking BCA. Nggak perlu khawatir tentang koneksi internet yang buruk, karena layanan ini hanya membutuhkan sinyal GSM pada ponsel kamu.

Dengan SMS Banking, kamu bisa lebih efisien dalam mengatur keuangan. Tanpa harus datang ke bank atau mengakses internet banking, cukup dengan HP dan sinyal GSM, kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.

Jadi, untuk kamu yang ingin menggunakan layanan SMS Banking BCA tapi bingung cara aktivasinya, simak informasi penting seputar cara daftar, cek saldo, dan transfer uang melalui SMS dalam artikel ini. Dijamin bakal memudahkan kamu dalam mengatur keuangan tanpa harus repot.

Keunggulan SMS Banking BCA dibanding Layanan lainnya

Bank Central Asia (BCA) telah menyediakan banyak layanan perbankan untuk memenuhi kebutuhan para nasabahnya. Salah satu layanan yang disediakan adalah SMS Banking yang dapat memudahkan akses perbankan di mana pun dan kapan pun.

Kamu bisa mengakses informasi saldo, transaksi pembayaran, mutasi rekening, hingga berbagai informasi kartu kredit.

Meskipun saat ini penggunaan SMS sudah semakin berkurang, namun SMS Banking memiliki kelebihan utama yaitu tidak memerlukan koneksi internet atau kuota. Dibandingkan dengan layanan Mobile Banking, berikut beberapa keunggulan SMS Banking BCA

Oleh karena itu, SMS Banking BCA dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang tinggal di daerah dengan sulitnya jaringan internet dan tentu saja solusi tepat kalau kamu mengalami masalah m-Banking BCA error yang menyebalkan banget.

Cara Daftar SMS Banking BCA

Untuk mendaftar SMS Banking BCA, kamu bisa melakukannya melalui ATM BCA terdekat. Pastikan kamu memiliki Paspor BCA aktif dan merupakan pengguna GSM atau CDMA. Berikut cara daftar SMS Banking BCA selengkapnya:

  1. Masukkan kartu ATM BCA dan PIN.

  2. Pilih menu Daftar E-Banking/Autodebet. Jika tidak ada, pilih menu Penarikan Tunai/Transaksi Lainnya (untuk mesin ATM BCA setor tarik).

  1. Pilih SMS BCA > masukkan nomor HP aktif. Kamu akan diberikan syarat dan ketentuan SMS Banking BCA > masukkan nomor HP aktif yang digunakan untuk kebutuhan SMS Banking.
  1. Masukkan kode akses SMS banking BCA > Benar sebanyak dua kali.
  1. Pilih YA untuk konfirmasi nomor HP dan struk akan keluar sebagai bukti pendaftaran.

Selesai! Jika struk tanda pendaftaran telah dicetak oleh mesin ATM BCA, kamu bisa langsung menggunakan layanan SMS Banking BCA, geng.

Cara Daftar SMS Banking Lewat HP Untuk Bank Mandiri, BRI, BNI, Dan BCA + Format SMS
Layanan SMS banking cocok untuk kamu yang sulit mendapat sinyal internet buat mengakses aplikasi perbankan. Cara daftar SMS banking lewat HP juga mudah, loh.
LIHAT ARTIKEL

Cara Cek Saldo SMS Banking BCA

Layanan yang paling sering digunakan oleh pengguna SMS Banking BCA adalah cek saldo rekening melalui HP tanpa harus pergi ke ATM. Layanan ini dikenakan biaya tergantung dengan operator yang kamu gunakan. Biaya SMS banking BCA akan ditanggung sendiri melalui pemotongan pulsa.

Kamu bisa mengakses layanan cek saldo SMS Banking BCA melalui perintah atau isi SMS sebagai berikut:

Jenis Transaksi Perintah atau Isi SMS
Info saldo Saldo(SPASI)(KODE akses) kirim ke 69888

Contoh: SALDO 1234

Berikut langkah yang dapat kamu ikuti untuk cara cek saldo SMS Banking BCA:

  1. Buka aplikasi SMS/Message > buat pesan baru
  1. Masukkan nomor tujuan > isi pesan sesuai petunjuk > Kirim ke 69888 dan isi pesan Saldo(SPASI)(KODE akses).
  1. BCA akan membalas pesan berisi info saldo. Semua proses dalam layanan kurang lebih sama dengan cek informasi saldo di atas. Perbedaannya hanya pada perintah atau isi SMS yang dikirimkan.

Pastikan SMS kamu tidak dilihat orang lain, karena terdapat kode akses di setiap isi SMS yang kamu kirimkan. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan aplikasi kunci aplikasi gratis atau berbayar di HP.

Cara Transfer SMS Banking BCA

Bagaimana cara transaksi pembayaran atau transfer SMS Banking BCA. Layanan ini hanya bisa kamu gunakan untuk pembayaran institusi tertentu saja seperti LPG.

Sementara layanan transfer dari satu rekening ke rekening lainnya tidak dapat menggunakan layanan SMS Banking. Hal ini bisa kamu lakukan menggunakan ATM ataupun m-Banking BCA.

Untuk menggunakan layanan ini kamu harus registrasi terlebih dahulu. Cara transfer melalui SMS Banking BCA dan registrasi dapat dilakukan dengan format SMS berikut:

Jenis Transaksi Perintah atau Isi SMS
Registrasi Fitur Pembayaran REGBAYAR(spasi)(INSTITUSI)(spasi)(ID PENERIMA PEMBAYARAN)(spasi)(ID PEMBAYAR)(spasi)(NAMA PEMBAYAR)(spasi)(KODE AKSES)

Contoh: REGBAYAR LPG 123456 123456789012345 Jalan Tikus 1234
Transaksi Pembayaran BAYAR(spasi)(INSTITUSI)(spasi)(JUMLAH BAYAR)(spasi)(JUMLAH BARANG)(spasi)(TANGGAL KIRIM BARANG)(spasi)(ID PENERIMA PEMBAYARAN)(spasi)(KODE AKSES)

Contoh: BAYAR LPG 100000 8 30122018 123456 1234
Penutupan Fitur Pembayaran UNREGBAYAR(spasi)(INSTITUSI)(spasi)(KODE AKSES)

Contoh: UNREGBAYAR LPG 1234

Berikut langkah yang bisa kamu ikuti untuk transaksi pembayaran melalui SMS Banking:

  1. Buka aplikasi SMS/Message > buat pesan baru.

  2. Masukkan nomor tujuan > isi pesan sesuai petunjuk > Kirim. Nomor tujuan diisi 69888 dan isi pesan sesui jenis transaksi SMS Banking BCA yang dikehendaki.

  1. BCA akan membalas pesan berisi bukti transfer SMS Banking BCA

Pastikan kamu menyimpan bukti transfer dengan benar. Jika takut kehilangan, kamu bisa melakukan screenshot tampilan layar di halaman SMS notifikasi BCA.

Cara Menggunakan Fitur SMS Banking BCA Lainnya

Masih ada banyak layanan SMS Banking BCA lainnya yang bisa kamu akses selain cek saldo dan transaksi pembayaran. Berikut ini format daftar cara menggunakan fitur SMS Banking BCA lainnya. Seluruh pesan dikirimkan ke satu nomor, yakni 69888.

Jenis Transaksi Perintah atau Isi SMS
INFO SALDO Saldo(SPASI)(KODE akses)
MUTASI REKENING Mutasi(SPASI)(KODE akses)
MUTASI REKENING Mutasi(SPASI)(KODE akses)(SPASI)(NO.REK)
Registrasi Informasi Kartu Kredit Reg(spasi)KK(spasi)(KODE AKSES)(spasi)(nomor kartu kredit/nomor customer)
Penghapusan Registrasi Informasi Kartu Kredit Unreg(spasi)KK(spasi)(KODE AKSES)(spasi)(nomor kartu kredit/nomor customer)
Informasi Limit Kartu Kredit Limit(spasi)(kode akses)
Informasi Tagihan Kartu Kredit Tagihan(spasi)(kode akses)
Informasi Transaksi Kartu Kredit Transaksi(spasi)(KODE AKSES)
Pembelian Pulsa Isi Ulang Pulsa(spasi)(nominal dalam ribuan)(spasi)(KODE AKSES)
Informasi format SMS HELP
Registrasi fitur pembayaran REGBAYAR(spasi)(INSTITUSI)(spasi)(ID PENERIMA PEMBAYARAN)(spasi)(ID PEMBAYAR)(spasi)(NAMA PEMBAYAR)(spasi)(KODE AKSES)
Transaksi Pembayaran BAYAR(spasi)(INSTITUSI)(spasi)(JUMLAH BAYAR)(spasi)(JUMLAH BARANG)(spasi)(TANGGAL KIRIM BARANG)(spasi)(ID PENERIMA PEMBAYARAN)(spasi)(KODE AKSES)
Penutupan Fitur Pembayaran UNREGBAYAR(spasi)(INSTITUSI)(spasi)(KODE AKSES)
INFORMASI BANTUAN HELP SMSBCA atau HELP SMS BCA
INFORMASI KETERANGAN SANDI TRANSAKSI HELP(spasi)(tiga digit sandi transaksi)

Selain menggunakan SMS, kamu yang menggunakan operator XL, Telkomsel, dan Indosat dapat melakukan panggilan ke *141#. Pengguna Operator Indosat juga dapat melakukan panggilan alternatif ke *222#.

Tarif Menggunakan SMS Banking BCA

Biaya layanan SMS Banking BCA cukup murah. Pelanggan prabayar akan dikenakan biaya pulsa sebesar Rp500,- sampai Rp1670,- per SMS (sudah termasuk PPN 10%).

Sementara, pelanggan pascabayar bakal dikenai tambahan pada tagihan bulanan sebesar Rp500,- sampai Rp1670,- per SMS (belum termasuk PPN 10%).

Bonus: Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking BCA

Informasi terbaru, ternyata layanan SMS BCA sudah berhenti beroperasi sejak Juli 2021, geng. Semua layanan SMS BCA, seperti cek saldo, cek mutasi, setor dan tarik tunai, top up pulsa hingga paket data dan lainnya dapat dinikmati melalui fitur m-BCA di aplikasi BCA mobile.

Tenang, kamu sudah bisa transfer antar rekening atau beda rekening di aplikasi ini. Bahkan kamu juga bisa setor dan tarik tunai tanpa kartu kapan pun dan di mana pun dengan fitur Cardless!

Buat yang belum tahu cara daftar dan aktivasi BCA Mobile, bisa simak panduan Jaka berikut ini, ya:

  1. Buka Aplikasi BCA Mobile > m-BCA
  2. Pilih menu m-Admin > OK/YES
  3. Pilih Aktivasi > OK/YES
  4. Setujui Klausulnya
  5. Masukkan Nomor Kartu ATM BCA
  6. Masukkan PIN m-BCA kamu dan tekan OK/YES

Kamu bisa lihat cara selengkapnya dalam artikel berikut ini:

Cara Daftar & Aktivasi M-Banking BCA Tanpa Ke ATM, Aman & Cepat!
Mau transfer uang tanpe perlu ke ATM? Pakai aplikasi BCA mobile, tapi sebelumnya ikuti dulu cara daftar dan aktivasi m-Banking BCA dengan mudah berikut ini.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itu tadi panduan lengkap tentang cara daftar dan penggunaan layanan SMS Banking BCA yang berlaku saat ini.

Seperti yang Jaka sebutkan, sayangnya layanan ini sudah tutup permanen, geng. Jadi, sudah tidak bisa digunakan dan semua aktivitas bisa kamu lakukan di mBanking BCA, Internet Banking BCA, atau KlikBCA sebagai gantinya. Lebih praktis dan gratis, loh.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

Kembali Keatas