Ulasan Pinjol Bunga Rendah Beruang APK, Apakah Aman dan Legal?

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Friday, 21 July 2023, 09:15
Sebelum melakukan pinjaman online di Beruang APK dana cepat, simak dahulu penjelasan Jaka di sini. Ada fakta yang wajib kamu ketahui!

Aplikasi pinjaman online dinilai sebagai penyelamat masalah keuangan bagi banyak orang saat ini. Salah satu aplikasi pinjaman online yang banyak dicari adalah Beruang APK.

Aplikasi ini menawarkan limit pinjaman yang tinggi dengan bunga yang sangat rendah, kurang dari 1% per hari. Nggak heran, banyak orang yang tertarik dengan platform ini.

Tentu saja, kamu perlu memperhatikan aspek keamanan dari aplikasi pinjaman online ini. Biar kamu nggak bingung, silakan baca ulasan Jaka mengenai Beruang APK, mulai dari ulasan singkat, skema pinjaman, hingga legalitasnya.

Apa Itu Beruang APK?

Sumber foto: APKMonk - Aplikasi pinjaman online terbaru 2023

APK Beruang merupakan sebuah aplikasi pinjaman online yang dibuat oleh Taman Pusat Integrasi. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2018 dan sudah diunduh lebih dari 100.000 pengguna di APKCombo.

Dalam aplikasi ini, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp600.000 hingga Rp8.000.000.

Yang menarik perhatian adalah suku bunga yang ditawarkan sangat rendah, yaitu hanya 0,077% per hari dengan biaya admin hanya Rp8.000. Jangka waktu pinjamannya juga cukup fleksibel, mulai dari 91 hari hingga 180 hari.

Apakah Beruang APK Pinjol Aman?

Sumber foto: APKMonk - Aplikasi pinjaman online cepat cair 2023

Meskipun bunga dan biaya layanan yang ditawarkan oleh Beruang pinjol 2023 terlihat lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman online lainnya, namun banyak orang saat ini khawatir mengenai keamanan aplikasi ini.

ADVERTISEMENT

Kekhawatiran ini bisa dianggap wajar, karena ternyata aplikasi Beruang sudah dihapus dari Google Play Store dan juga tidak terdaftar di OJK. Hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan, terutama terkait dengan keamanannya.

Untuk memastikan apakah pinjol ini aman atau tidak, kita akan menggunakan prinsip 2L OJK, yaitu Logis dan Legal. Dari sisi logika, jika sebuah aplikasi pinjol tidak ada di platform unduhan resmi seperti Google Play Store, itu bisa menjadi pertanda bahwa APK tersebut mencurigakan.

Biasanya, jika sebuah aplikasi resmi, harusnya tersedia di platform resmi seperti Google Play Store atau memiliki website dan email resmi. Namun, Beruang APK masih menggunakan email gratisan (dev.beruang@gmail.com) serta nomor HP pribadi (+6282135445562).

Hal ini bisa menimbulkan kecurigaan bahwa aplikasi semacam ini mungkin justru berusaha mencuri data pribadi pengguna dan menyalahgunakannya.

Dari sisi legalitas, Jaka tidak menemukan informasi apakah Beruang APK terdaftar di OJK atau tidak. Jika memang aplikasi ini resmi, seharusnya sudah mendapatkan izin resmi dari OJK. Karena hal ini belum jelas, semakin membuat keamanan aplikasi ini menjadi pertanyaan besar.

Bahaya Meminjam Uang di Aplikasi Pinjol Ilegal

Banyak orang yang nekat meminjam dana dari pinjol ilegal dengan tujuan untuk "kabur" dari kewajiban membayar. Namun, yang perlu diingat adalah bahaya dari tindakan ini jauh lebih besar daripada yang terlihat. Berikut adalah risiko yang mungkin kamu hadapi jika meminjam uang dari pinjol ilegal:

1. Pencurian data pribadi: Saat kamu meminjam uang melalui aplikasi pinjol, biasanya kamu diminta untuk memberikan data pribadi yang penting. Bahkan, kamu mungkin harus melakukan selfie bersama KTP. Nah, karena kamu memberikan data ini, ada risiko bahwa data pribadi kamu bisa dicuri dan dijual ke pihak ketiga untuk berbagai keperluan.

2. Teror dari pinjol: Selain pencurian data, data pribadi kamu juga bisa menjadi target teror dari pinjol. Mereka dapat meneror kamu tanpa pandang bulu. Oleh karena itu, perlu berhati-hati.

3. Virus atau Malware: Belajar dari kasus aplikasi pinjol ilegal, kemungkinan ada virus atau malware yang bisa menyerang perangkatmu. Hal ini disebabkan karena kamu harus menginstal APK tersebut dari pihak ketiga yang rawan dengan virus.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan berpikir secara matang sebelum memutuskan untuk meminjam uang dari aplikasi pinjol. Pastikan untuk memilih pinjol yang terdaftar dan terpercaya agar keamanan dan privasi data kamu tetap terjaga.

Akhir Kata

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, kalau Beruang APK ternyata bukan pinjol legal yang terdaftar di OJK. Kamu mungkin bisa saja menggunakan layanannya, tapi akan ada risiko yang menghantuimu.

Daripada membahayakan diri sendiri, lebih baik cari saja pinjol legal berizin OJK yang sudah jelas-jelas aman untuk datamu dan perangkatmu. Kamu bisa mendapatkan informasinya di artikel Jaka berjudul Rekomendasi Pinjol Legal 2023 Cepat Cair, Proses Cuma Hitungan Menit! berikut ini!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel Pinjol Ilegal yang Masih Aktif atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Kembali Keatas