J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Cara Menghindari Pencurian Data Melalui Charger Palsu

              5 Cara Menghindari Pencurian Data Melalui Charger Palsu

              00
              Senin, 2 Jan 2017, 14:00 WIB
              Modus baru pencurian data melalui Charger palsu mampu menginstal virus malware dengan tujuan menelusuri lokasi target, mencuri kontak, gambar, pesan, catatan, dan rekaman, hingga mampu menyimpan cookies browser dan password.

              Para pencuri data yang tak bertanggung jawab mempunyai modus baru dalam melakukan pencurian data, yaitu menggunakan charger AC/DC palsu yang tanpa kita sadari bisa mencuri informasi dari perangkat kita secara diam-diam. Hal ini telah dibuktikan oleh tim pakar dari Kaspersky Lab yang menemukan ada banyak charging point palsu di kawasan Brasil di sepanjang tempat-tempat umum dan tempat wisata yang ramai.

              Diketahui charger palsu tersebut mampu meng-install virus malware dengan tujuan menelusuri lokasi target, mencuri kontak, gambar, pesan, catatan, dan rekaman, yang paling parah malware tersebut mampu menyimpan cookies browser dan password yang tersimpan di perangkat.

              Nah biasanya charging point AC/DC ini menjadi tempat yang pas untuk melakukan aksi pencurian tersebut. Maka dari itu kita harus waspada menggunakan charging point saat berada di tempat-tempat umum. Berikut 5 cara menghindari pencurian data melalui charger palsu di charging-charging point:

              BACA JUGA
              • Diam-Diam Ponsel Android Murah Mengirim Data Pribadi Penggunanya ke China?
              • AWAS! Teknologi ini Mampu Curi Data Smartphone Terkunci dalam Hitungan Detik
              • 5 Aplikasi Gratis untuk Menjaga Keamanan dan Privasi Android Kamu

              5 Cara Menghindari Pencurian Data Melalui Charger Palsu

              1. Jangan Menggunakan Charger Sembarangan

              masukkan deskripsi gambar disini

              Jangan pernah menggunakan sembarang charger. Cari tempat charging point yang benar-benar aman untuk mengisi baterai perangkat. Charging point yang aman seharusnya charger AC/DC nya terkunci, atau tidak menyediakan charger AC/DC yang artinya kita membawa sendiri.

              2. Membawa Baterai Cadangan

              masukkan deskripsi gambar disini

              Gunakanlah daya baterai secara bijak, atau bawalah baterai cadangan, atau jika baterai kalian non-removable maka tidak ada cara lain selain membeli power bank. Belilah power bank yang mampu mengisi daya melalui energi cahaya matahari karena sangat efektif untuk digunakan saat perjalanan panjang.

              3. Gunakan Airplane Mode

              masukkan deskripsi gambar disini

              Cara lain menghemat daya baterai adalah dengan menggunakan airplane mode saat tidak sedang menggunakan jaringan seluler. Hal ini juga dapat menghemat umur baterai. Hal seperti ini dapat menghindari kamu menggunakan charger sembarangan dan pencurian data dapat dihindari.

              4. Membeli Charger Original

              masukkan deskripsi gambar disini

              Belilah charger original hanya di toko-toko resmi. Khusus untuk charger iPhone yang asli terdapat bungkus kotak dengan cetakan terang, sedangkan untuk yang tidak asli cetakan lebih buram, dan yang yang produk KW biasanya hanya dibungkus dengan plastik dan bukan bungkus kotak.

              5. Hindari Pemborosan Baterai

              Jika dirasa perlu matikan juga suara ringtone, bunyi, getar, serta aplikasi aktif yang membuat boros daya baterai lainnya seperti wallpaper yang bergerak, dan sebagainya. Semakin hemat baterai maka kesempatan pencurian data juga akan semakin terhindari.

              Itulah 5 cara menghindari pencurian data melalui charger palsu yang ditempatkan di charging-charging point. Jika kamu punya cara lainnya, jangan lupa bagikan di kolom komentar ya!

              APPS TERKAIT
              Opera Max - Data savings 1.7.8
              Apps Opera Software
              Hack App Data 1.2.0
              Apps SteelWorks
              Data Transfer 1.10.0.169
              Apps FutureDial
              Database File Path 3.4.2.223
              Apps HANDSOME COMPANY (c)
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!