J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Cara Ampuh untuk Membuat Smartphone Kamu Awet!

6 Cara Ampuh untuk Membuat Smartphone Kamu Awet!

Kamis, 12 Des 2019, 12:15 WIB
Seperti menjaga kesehatan tubuh dari luar dan dari dalam, merawat smartphone juga demikian adanya. Perhatikan bagian luar dan dalamnya dengan baik. Berikut tips-tips dan kebiasaan sederhana yang bisa Kamu coba terapkan untuk menjaga keawetan smartphone Kamu!

Sebagai perangkat elektronik yang sangat sensitif, smartphone tidak hanya dapat Kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Namun, Kamu juga perlu merawatnya supaya senantiasa awet. Kita semua juga tahu kalau harga smartphone itu memerlukan bujet untuk membelinya.

Memang benar, kalau soal harga, Kamu bisa mendapatkan smartphone yang paling terjangkau sampai flagship seperti Samsung Galaxy Fold sesuai kebutuhan.

Tapi, terlepas dari apapun tipe HP-nya, Kamu perlu menjaganya dengan baik supaya tidak mudah rusak. Terutama, kalau HP Kamu tersebut masih baru Kamu beli.

Cara Merawat Smartphone Supaya Selalu Awet dan Kuat

Hal yang penting untuk Kamu catat yakni merawat smartphone itu tidak hanya perlu Kamu lakukan terhadap hardware-nya saja. Kamu juga perlu memperhatikan software atau bagian internalnya dengan seksama. Sebab, jika bagian dalam hp tersebut rusak atau mengalami gangguan, yang berarti sistem atau programnya, maka HP Kamu juga tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Cara Menjaga Smartphone Be4bd

Makanya, sama seperti menjaga kesehatan tubuh dari luar dan dari dalam, merawat smartphone juga demikian adanya. Perhatikan bagian luar dan dalamnya dengan baik. Berikut tips-tips dan kebiasaan sederhana yang bisa Kamu coba terapkan untuk menjaga keawetan smartphone Kamu!

1. Menghapus Aplikasi dan Foto yang Tidak Diperlukan

Hampir semua pengguna smartphone pasti pernah mengalami lagging ketika sedang menggunakan HP. Kamu pun pasti juga pernah mengalaminya dan ini terasa amat sangat tidak nyaman. Biasanya, ini disebabkan karena kapasitas ruang penyimpanan dan RAM di dalam smartphone Kamu tersebut kepenuhan. Akhirnya, hal tersebut membuat hp Kamu jadi tidak responsif, lemot dan bahkan macet.

Cara Menjaga Smartphone 2 8a7a1

Belum lagi, adanya pemberitahuan yang meminta agar aplikasi Kamu terus diperbarui. Padahal, aplikasi yang sudah diperbarui tersebut justru akan semakin besar ukurannya, sehingga menghabiskan banyak kapasitas dalam ruang penyimpanan. Kalau sudah begini, harus bagaimana?

Caranya sebenarnya sederhana saja, Kamu bisa memastikan lagi jika ada aplikasi yang tidak pernah atau sangat jarang Kamu gunakan. Selain menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, Kamu juga perlu melakukannya untuk foto-foto. Segera backup foto Kamu tersebut dan hapus semuanya yang sudah tidak Kamu perlukan.

2. Memakai Pelindung Layar dengan Tempered Glass

Bisa dibilang layar merupakan elemen terpenting dari smartphone yang memang hanya bisa dioperasikan melalui layar sentuhnya tersebut. Bisa Kamu bayangkan jika layar HP Kamu tahu-tahu mengalami retak, atau bahkan pecah karena terbentur atau terjatuh; Kamu jadi harus melakukan servis yang biayanya benar-benar tidak sedikit? Bahkan, Kamu bisa jadi harus mengganti HP Kamu dengan yang baru.

Maka dari itu, pelindung layar seperti tempered glass itu sebenarnya sangat penting untuk HP. Pelindung layar ini juga berfungsi sebagai investasi yang akan melindungi smartphone Kamu untuk jangka waktu yang lama.

3. Gunakan Case yang Bahannya Solid dan Kuat

Melindungi seluruh komponen hardware smartphone juga tidak kalah penting. Kamu pasti akan merasa kesal dan kecewa ketika melihat ada goresan atau retak pada smartphone Kamu. Sementara, hal ini biasanya memang tidak bisa dihindari karena bagaimanapun juga.

Cara Menjaga Smartphone 3 7fd02

Maka dari itu, lindungi HP Kamu tersebut dengan phone case yang sesuai tipe HP-nya. Pilih bahan case yang sekiranya terbaik dan kuat untuk smartphone Kamu, namun pastikan Kamu juga nyaman memegangnya di tangan.

Ingat bahwa case ini sangat penting, terutama bagi Kamu yang sering ceroboh dengan smartphone Kamu. Misalnya seperti sering menjatuhkannya secara tidak sengaja, atau biasa memasukkan HP ke dalam tas yang berisi barang-barang lainnya sehingga membuatnya saling bergesekan.

4. Sesekali Matikan HP Kamu

Perlu Kamu ingat bahwa HP merupakan perangkat elektronik yang memiliki sistem mirip seperti laptop. Maka dari itu, sebenarnya Kamu juga perlu sesekali mematikannya. Kamu perlu mematikannya secara total, sehingga HP Kamu bisa beristirahat.

Untuk smartphone, Kamu tidak harus mematikannya seharian penuh seperti laptop. Bahkan meskipun hanya satu atau dua jam saja, dalam sehari misalnya, ini sudah bisa membuat HP Kamu beristirahat sejenak dan akhirnya ketika menyala, dapat berfungsi dengan lebih efisien lagi. Tidak hanya itu, cara ini juga dapat membantu memperpanjang umur smartphone.

5. Lakukan Proses Charging yang Tepat

Banyak pengguna smartphone yang terbiasa mengisi daya baterai HP-nya hingga semalaman, baru saat paginya kabel charger-nya dilepaskan. Padahal ini bisa membuat baterai dan HP Kamu jadi panas serta mudah rusak. Jadi, cabut kabel charger-nya begitu persentase dayanya sudah penuh.

Cara Menjaga Smartphone 4 Fd082

Hal yang juga penting untuk Kamu lakukan adalah mengisi ulang daya baterai Kamu ketika dayanya sudah menurun sampai 75%. Jadi, disarankan agar Kamu men-charge HP dengan frekuensi yang sering namun sebentar-sebentar. Jika Kamu menunggu sampai daya baterai mencapai 25%, maka ini akan mengurangi kemampuan baterainya untuk menerima daya dan mempertahankannya.

Bahkan, jika Kamu terbiasa mengisi ulang daya hp saat persentasenya sudah mencapai 25%, baterainya hanya akan mencapai kekuatan maksimum untuk charging 500 kali. Setelah itu, bisa jadi daya baterainya akan semakin drop. Namun, jika Kamu biasa mengisi ulang dayanya saat persentasenya baru menurun hingga 75%, ini membuat hp Kamu bisa di-charge hingga 2.500 kali untuk mencapai daya maksimalnya.

Jangan pula Kamu membiarkan daya baterai hp Kamu habis hingga mencapai nol persen, yang artinya smartphone Kamu tersebut mati. Kalau sudah begini lalu Kamu ingin mengisi ulang daya baterainya agar mencapai 100%, maka hal tersebut bisa berbahaya.

6. Hindari Berolahraga dengan Menyimpan Smartphone di Saku

Saat ini kebiasaan olahraga sambil membawa smartphone sebagai tracker semakin menjadi tren. Biasanya, smartphone digunakan untuk mengukur denyut jantung, lalu jumlah langkah Kamu saat berlari, kemudian berapa jauh jarak yang sudah Kamu tempuh saat jogging.

Namun, yang perlu Kamu garis bawahi yakni saat berolahraga, Kamu pasti berkeringat. Jika HP Kamu diletakkan di saku, baik pada celana atau baju, maka ada risiko smartphone Kamu tersebut jadi rusak, karena terkena air dari keringat tersebut. Sebagai alternatif, Kamu bisa menggunakan smartwatch yang memang dirancang dengan desain jam tangan, sehingga aman dan nyaman Kamu pakai berolahraga.

Kesimpulannya, apapun tipe smartphone Kamu, dengan perawatan yang baik maka HP tersebut bisa awet. Fungsinya pun bekerja dengan baik dan tidak mengalami perubahan berarti seiring usianya yang bertambah. Kamu pasti senang jika smartphone kesayangan Kamu awet sampai nanti, kan?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
12 Cara Merawat Baterai HP Agar Tahan Lama, Main PUBG Bisa Seharian?

12 Cara Merawat Baterai HP Agar Tahan Lama, Main PUBG Bisa Seharian?

9 HP Terbaik yang Akan Dirilis Hingga Akhir Tahun 2019, Layak Ditunggu!

9 HP Terbaik yang Akan Dirilis Hingga Akhir Tahun 2019, Layak Ditunggu!

12 Ciri-Ciri Kamu Sudah Harus Ganti HP Baru

12 Ciri-Ciri Kamu Sudah Harus Ganti HP Baru

5 Alasan Untuk Ganti HP Tahun 2019, Banyak HP Flagship Harga Kaki Lima!

5 Alasan Untuk Ganti HP Tahun 2019, Banyak HP Flagship Harga Kaki Lima!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal